25.3 C
Padang
Rabu, Juli 28, 2021
Beritasumbar.com

Keberadaan Terminal Pasa Kabau Dipertanyakan Jamaah
K

Kategori -

Terminal Pasa Kabau di Kelurahan Labuh Baru, Kecamatan Payakumbuh Utara, diperuntukkan oleh pemko untuk menaikkan dan menurunkan penumpang  buat angkutan pedesaan. Di tahun-tahun 80 sampai 90-an, dan awal tahun 2000-an, fungsi terminal ini sangat membantu denyut ekonomi warga. Puluhan angkutan pedesaan ngetem di terminal ini.

Hanya saja, sejak sepuluh tahun terakhir, terminal ini hanya tinggal nama. Kegiatan menaikan dan menurunkan penumpang tak ada lagi. Puluhan kios, menjual berbagai makanan spesifik dan warung kopi juga tutup. Seiring dengan itu, warga tak dapat berharap lagi menambah pendapatan mereka di kawasan terminal.

Ketika Tim Safari Ramadhan (TSR) Kelompok VIII dipimpin Sekdako H. Benni Warlis diwakili Kepala BPS H. Ajri Fanzain,    berkunjung ke Masjid Baitul Mukmin Labuh Baru,  Kamis (25/6), keberadaan terminal tersebut dipertanyakan  warga setempat. “Jika memang tidak akan dimanfaatkan  lagi, seyogianya kawasan terminal itu dirobah menjadi RTH (ruang terbuka hijau) atau fasilitas umum lainnya yang lebih representatif. Alih-alih, juga dapat dibangun prasarana olahraga seperti lapangan futsal, yang memberikan tambahan pendapatan bagi daerah.

Demikian disampaikan seorang tokoh masyarakat setempat, H.Irwandi, agar aspirasinya itu menjadi pertimbangan bagi pemko ke depan. Di bagian lain, jemaah juga  menyampaikan, kenapa pemko gagal membangun jembatan kerangka beton di lingkungan Labuh Baru, dari pinggir Sungai Batang Agam menuju SDN 04 Labuh Baru.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Adrian, M.Si, yang ada dalam rombongan TSR, menyambut baik keinginan warga setempat untuk mengalih fungsikan keberadaan terminal Pasa Kabau itu. Adrian membenarkan, akibat pertumbuhan kendaraan pribadi dan ojek sebagai sarana transportasi, membuat peran angkutan pedesaan makin terpinggirkan. Sehingga, jumlah angpedes yang akan ngetem di terminal makin berkurang jumlahnya.

“Kita menyambut baik keinginan warga Labuh Baru, untuk mengalih fungsikan keberadaan terminal. Asprasi ini akan disampaikan kepada pimpinan daerah dan DPRD. Mudah-mudahan menjadi kenyataan,” sebut Adrian.

Terhadap jembatan, katanya, Pemko Payakumbuh tengah membuat program pembangunan  jalan alteri di kedua sisi Sungai Batang Agam dari Kelurahan Balai Panjang di Payakumbuh Selatan sampai ke batas kota lanjutdi Kotopanjang Payobasung. Program ini sudah disetujui pemerintah pusat. “Bersamaan dengan program itu, tentu akan berlanjut dengan jembatan yang diinginkan warga,” tegas Adrian.

Selain dialog, TSR juga memaba penceramah agama untuk menyampaikan  tausyiah yang disampaikan Buya  Yahya.  Diakhir acara TSR menyerahkan  bantuan Pemko kepada pengurus Masjid Baitul Mukmin berupa 3 gulung tikar dan uang sejumlah Rp.500 ribu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -