24 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

Kaum Muda Peduli Corona, JCI West Sumatera Bagikan Ratusan Paket Sembako
K

Bukittinggi,BeritaSumbar.com, — Sebagai bentuk kepedulian kaum muda terhadap dampak virus corona (Covid-19), Junior Chamber International (JCI) West Sumatera membagikan ratusan paket sembako di sejumlah daerah. Sasarannya beragam, mulai dari pekerja terdampak Covid-19, ibu rumah tangga, pegiat sosial hingga keluarga kurang mampu.
Hari ini Jumat 22 Mei 2020, pembagian bantuan tersebut sudah memasuki hari ketiga berturut-turut yang digelar secara maraton. Dimulai di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Bukittinggi dan berakhir di Kabupaten Padang Pariaman.
Local President JCI West Sumatera, Vioni Fauzia Guspardi menyebut pihaknya sebagai salah satu organisasi kepemudaan internasional mengaku tergerak melihat besarnya dampak virus corona di Sumbar. Sejumlah sektor perekonomian mulai lumpuh, ruang gerak warga menjadi sangat terbatas.
“Sebagai representasi kaum muda yang biasanya identik dengan pergerakan dan semangat, kami sangat merasakan betul dampak virus ini. Karenanya dengan keterbatasan kemampuan, kami ingin pula berbagi dengan sesama,” ujarnya.

JCI sebagai organisasi non politik, kata Vioni, memiliki empat pilar kegiatan. Meliputi pengembangan individual, komunitas sosial, peluang bisnis dan hubungan internasional. JCI juga diakui sebagai salah satu organisasi kepemudaan internasional yang berafiliasi dengan PBB dan telah tersebar di berbagai belahan dunia.
“Kami yakin seluruh pemuda di dunia hari ini merasakan dampak yang sama. Mereka juga menjadi ujung tombak dalam memutus rantai penularan virus ini dengan segala daya juangnya,” sebut Vioni.
Penyandang gelar Magister Ilmu Komunikasi Unand itu berharap kaum muda menjadi pelopor gerakan memakai masker, di rumah saja dan turut serta mengajak masyarakat untuk melawan Covid-19 dengan mematuhi imbauan pemerintah.
“Mudah-mudahan bantuan yang kami bagikan dapat meringankan beban warga Sumbar. Semoga ini menginspirasi kalangan pemuda untuk terus menebar kebaikan di bulan penuh berkah ini,” harapnya.
Secretary General (SG) JCI West Sumatera, Fitri Anisa menambahkan, beberapa waktu jelang Ramadan lalu pihaknya juga telah menggelar sejumlah bakti sosial. Diantaranya menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi sejumlah tenaga medis, serta membagikan paket makan siang gratis kepada beberapa warga terdampak Covid-19.
“Alhamdulillah proses penyalurannya berjalan lancar berkat dukungan anggota dan mitra JCI West Sumatera,” katanya.
Nisa menjelaskan, anggota JCI di seluruh dunia umumnya berumur kisaran 18 hingga 40 tahun. Salah satu semangatnya, setiap anggota wajib memiliki kepeduliaan terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan sosial masyarakat.
“Anggota JCI dituntut untuk kreatif dan peka terhadap fenomena sosial. Sehubungan dengan Covid-19 kali ini, anggota JCI sejatinya harus mampu membantu mencarikan solusi dan jalan keluar. Semoga wabah ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat kembali pulih,” tutupnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.
- Advertisement -

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
- Advertisement -

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...
- Advertisement -