23 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Kaum Muda Peduli Corona, JCI West Sumatera Bagikan Ratusan Paket Sembako
K

Bukittinggi,BeritaSumbar.com, — Sebagai bentuk kepedulian kaum muda terhadap dampak virus corona (Covid-19), Junior Chamber International (JCI) West Sumatera membagikan ratusan paket sembako di sejumlah daerah. Sasarannya beragam, mulai dari pekerja terdampak Covid-19, ibu rumah tangga, pegiat sosial hingga keluarga kurang mampu.
Hari ini Jumat 22 Mei 2020, pembagian bantuan tersebut sudah memasuki hari ketiga berturut-turut yang digelar secara maraton. Dimulai di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Bukittinggi dan berakhir di Kabupaten Padang Pariaman.
Local President JCI West Sumatera, Vioni Fauzia Guspardi menyebut pihaknya sebagai salah satu organisasi kepemudaan internasional mengaku tergerak melihat besarnya dampak virus corona di Sumbar. Sejumlah sektor perekonomian mulai lumpuh, ruang gerak warga menjadi sangat terbatas.
“Sebagai representasi kaum muda yang biasanya identik dengan pergerakan dan semangat, kami sangat merasakan betul dampak virus ini. Karenanya dengan keterbatasan kemampuan, kami ingin pula berbagi dengan sesama,” ujarnya.

JCI sebagai organisasi non politik, kata Vioni, memiliki empat pilar kegiatan. Meliputi pengembangan individual, komunitas sosial, peluang bisnis dan hubungan internasional. JCI juga diakui sebagai salah satu organisasi kepemudaan internasional yang berafiliasi dengan PBB dan telah tersebar di berbagai belahan dunia.
“Kami yakin seluruh pemuda di dunia hari ini merasakan dampak yang sama. Mereka juga menjadi ujung tombak dalam memutus rantai penularan virus ini dengan segala daya juangnya,” sebut Vioni.
Penyandang gelar Magister Ilmu Komunikasi Unand itu berharap kaum muda menjadi pelopor gerakan memakai masker, di rumah saja dan turut serta mengajak masyarakat untuk melawan Covid-19 dengan mematuhi imbauan pemerintah.
“Mudah-mudahan bantuan yang kami bagikan dapat meringankan beban warga Sumbar. Semoga ini menginspirasi kalangan pemuda untuk terus menebar kebaikan di bulan penuh berkah ini,” harapnya.
Secretary General (SG) JCI West Sumatera, Fitri Anisa menambahkan, beberapa waktu jelang Ramadan lalu pihaknya juga telah menggelar sejumlah bakti sosial. Diantaranya menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi sejumlah tenaga medis, serta membagikan paket makan siang gratis kepada beberapa warga terdampak Covid-19.
“Alhamdulillah proses penyalurannya berjalan lancar berkat dukungan anggota dan mitra JCI West Sumatera,” katanya.
Nisa menjelaskan, anggota JCI di seluruh dunia umumnya berumur kisaran 18 hingga 40 tahun. Salah satu semangatnya, setiap anggota wajib memiliki kepeduliaan terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan sosial masyarakat.
“Anggota JCI dituntut untuk kreatif dan peka terhadap fenomena sosial. Sehubungan dengan Covid-19 kali ini, anggota JCI sejatinya harus mampu membantu mencarikan solusi dan jalan keluar. Semoga wabah ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat kembali pulih,” tutupnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...
- Advertisement -