26 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Kampung jamur Payolinyam, New Area Pemberdayaan Perempuan
K

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kampung jamur Payolinyam Payakumbuh, New Zona Pemberdayaan Perempuan dalam menunjang penghasilan keluarga di Daerah Payakumbuh.

Baca Juga: Manfaat Jamur Tiram Bagi Tubuh

Payakumbuh yang dulu identik dengan nama sebagai kota batiah kini mulai bergerak sebagai daerah pemberdayaan perempuan. Sebagai salah satu daerah yang kini menjadi sorotan dunia sebagai daerah pemberdayaan adalah Payolinyam, karena dalam beberapa waktu lalu Warga Negara Australia datang langsung untuk melakukan riset di kampung jamur ini tentang budidaya jamur tiram.

Pemberdayaan perempuan dalam yang dilakukan dalam payung Kelompok Wanita Tani (KWT) Rosella kini sudah membuahkan hasil bagi kaum ibu di kelurahan Tigo Koto Dibaruah khususnya di Wilayah Payolinyam, sebab dari hasil budidaya ini keluarga di Payolinyam sudah mendapatkan penghasilan penunjang Keluarga bahkan menjadi penghasilan utama keluarga.
Noviantini atau yang lebih dikenal dengan Eti sebagai peringkat 3 wanita inspiratif Sumatera Barat dan juga sebagai ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Rosella menyampaikan bahwa ” dalam pemberdayaan ini sudah ada sekitar 110 Rumah yang menjadi sentra penghasil jamur Tiram di Payolinyam, dan Alhamdulillah dengan pembudidayaan ini, kaum ibu bisa menambah penghasilkan keluarga, bahkan ada yang bisa menghasilkan Rp.400.000 sehari dan itu membuat kami semua bahagia”.

Baca Juga: Dengan Budidaya Jamur Tingkatkan Pendapatan Keluarga

“Selain itu sekarang kita juga sudah mulai mendistribusikan media tanam ke berbagai daerah Se-Sumatera Barat bahkan sampai ke daerah Sumatera Utara itu juga sangat membahagiakan, bahkan beberapa waktu Lalu Baznas memesan 32.000 media tanam pada kami untuk bantuan pada masyarakat dalam penguatan ekonomi masyarakat dan Alhamdulillah bisa kami penuhi”.
“Sekarang ini kami sedang terus mengembangkan produk Olahan Dengan Brand Payopali (Payokumbuah payolinyam) yang sudah di distrubusikan ke banyak Wilayah Idonesia dan Luar Negeri serta dalam pesanan Besar Pecinta jamur bisa melakukan metode Preorder dahulu kata eti”.
“Tetapi dari sekian banyak keistimewaan yang kami miliki kami juga memiliki beberapa halangan dalam proses pembudidayaan ini khususnya dalam pengiriman hasil Budidaya dalam bentuk jamur segar ke Luar Provinsi, Sebab dalam pengiriman tidak bisa memakan waktu lama karena bisa membuat jamur Busuk, kami berharap ada metode baru yang lebih efektif dalam pengiriman ini dari pemerintah”.
Pungkasnya Eti menyampaikan bahwa “pintu kampung jamur Payolinyam selalu terbuka bagi semua orang yang mau tau tentang pembudidayaan Jamur tiram ini, karena kami selalu berharap kaum Ibu,makin produktif Di era sekarang”.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.
- Advertisement -

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -