Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam beberapa hari belakang data warga positif covid-19 di Kota Payakumbuh tidak ada penambahan. Dimalam Takbiran Idul Fitri 1441H/2020M tepatnya Sabtu 23/5 beredar informasi ada 6 orang penambahan positif Corona.

Salah seorang dalam informasi yang didapat awak media Luak Limopuluah adalah pejabat eselon II (Kalaksa BPBD Kota Payakumbuh). Pejabat ini ber KTP Kabupaten Limapuluh Kota. Sementara itu 4 orang warga Payakumbuh Timur dan 1 Warga Payakumbuh Utara.

Berdasarkan informasi yang didapat, penambahan 6 kasus tersebut merupakan warga yang di swap di RSUD Adnan Wd Payakumbuh bersamaan Walikota, Wakil Walikota, Wakil Bupati dan pejabat eselon II Pemko lainnya beberapa hari lalu.

Sehari sebelumnya pada Jumat (22/5) sore, Kepala BPBD Kota Payakumbuh yang diinfokan positif Corona itu, sempat melakukan berbagai aktifitas di Balaikota Payakumbuh. Salah satunya mengikuti Video Conference bersama wartawan, camat dan lurah dan bertemu pejabat dilingkungan pemko.

Saat Vidcom tersebut, Kepala BPBD sempat kontak langsung dengan Walikota Payakumbuh dan duduk bersebelahan. Terkait adanya penambahan tersebut, belum ada informasi resmi dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Payakumbuh.

Sedangkan, Kepala Bidang Humas Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Hermanto di Grup WA Media Mitra 2020 membenarkan informasi adanya penambahan kasus positif di Payakumbuh. ” Betul. Info lebih jelas, kita tunggu besok ya. Mohon bersabar,” tulis Hermanto.

Informasi tambahan Kasus positif di Payakumbuh yang didapat awak media dari lapangan pada Sabtu (23/5) dengan sumber jelas. Bahkan ada dari pengakuan yang dinyatakan positif itu sendiri

1.YA Kalaksa BPBD Kota Payakumbuh, domisili di Perumahan Pulutan Tanjung Pati.

2. S, warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Payakumbuh Timur.

3. RG, warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Payakumbuh Timur.

4. AQ (6Tahun), warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Payakumbuh Timur.

5. SK (8Tahun), warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Payakumbuh Timur.

6. EM warga Ikua Koto Dibalai Payakumbuh Utara.

kabar Kalaksa BPBD Payakumbuh YA terkonfirmasi positif Covid-19, langsung direspons BPBD Limapuluh Kota dengan menyemprot disinfektan di kediaman YA di Perumahan Pulutan, Tanjungpati, Harau pada Sabtu malam (23/5/2020).

“Selain wujud solidaritas sesama korps salam tangguh, aksi ini juga dilakukan BPBD sebagai langkah antisipatif atau pencegahan. Melalui Gugus Tugas Covid-19 Limapuluh Kota, kami juga coba telusuri riwayat kontak erat dan kontak dekat beliau di Tanjungpati, Harau. Mana tahu, kalau ada kontak. Meski kita tahu,  sehari-hari beliau sedang bertugas di Payakumbuh. Saat ini, informasi yang kami dapat, beliau sudah menjalani isolasi di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh,” kata Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir.

Sementara itu, Tim Reaksi Cepat BPBD Payakumbuh yang memakai Alat Pelindung Diri (APD) pada Sabtu malam (23/5/2020) atau dalam suasana malam takbiran, terpantau melakukan penyemprotan disinfektan di Balai Kota eks lapangan Poliko, tempat Kalaksa BPBD sempat beraktivitas sehari sebelumnya.

Selain di Balai Kota, penyemprotan disinfektan itu juga dilakukan BPBD Payakumbuh di kawasan Padang Tangah Payobada.(*)

loading...