26 C
Padang
Minggu, Agustus 1, 2021
Beritasumbar.com

Jordania Kembangkan Strategi Untuk Perangi ISIS
J

Kategori -

Amman – Jordania pada Ahad (3/5) menyatakan negara itu mengembangkan strategi guna memerangi aksi teror dan ekstremisme di berbagai tingkat, demikian laporan kantor berita resmi negeri tersebut, Petra.

Menteri Dalam Negeri Jordania Hussein Majali mengatakan dalam satu pertemuan dengan satu delegasi AS bahwa pemerintah saat ini melakukan koordinasi dengan semua pemegang saham guna melaksanakan strategis itu.

“Strategi tersebut berlandaskan atas memerangi ideologi ekstrem melalui dialog dan kesadaran. Diperlukan kerja sama dengan beberapa negara untuk memerangi kelompok pelaku teror dengan menggunakan bermacam cara,” kata Majali, sebagaimana dikutip Xinhua yang dilansir BeritaSumbar dari Antara di Jakarta, Senin siang.

Saat menekankan bahwa aksi teror tak memiliki sangkut-paut dengan Islam, menteri itu menyatakan penanganan tantangan politik dan ekonomi di wilayah tersebut memainkan peran penting dalam penghapusan aksi teror.

Menteri itu juga menyatakan semua lembaga keamanan di Jordania disiagakan untuk melindungi perbatasan dari ancaman, terutama penyelundupan senjata dan narkotika ke dalam Jordania.

Jordania, sekutu penting AS, adalah bagian dari koalisi internasional yang memerangi anggota ISIS, dan telah berikrar akan membantu menghapuskan aksi teror di wilayah tersebut.

Pada Februari, satu video disiarkan di Internet, yang memperlihatkan seorang pilot Jordania yang ditangkap dibakar hingga tewas oleh kelompok fanatik ISIS.

Pada Rabu (29/4) Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, menjanjikan 122,8 juta dolar Kanada untuk membantu Jordania mengatasi ledakan pengungsi Suriah dan meningkatkan kemampuan kontra-terorismenya.

Kanada dan Jordania merupakan bagian dari misi militer pimpinan Amerika Serikat yang membidik kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah dengan serangan udara.

Jordania juga telah menampung 1,5 juta pengungsi yang melarikan diri dari pertempuran di Suriah, jumlah yang sama dengan 20-25 persen dari penduduknya.

“Saya terus mendesak Amerika dengan mengatakan bahwa itu seperti memiliki 65 juta warga Kanada melintasi perbatasan dalam dua tahun,” kata Raja Abdullah II –yang tengah berkunjung ke Kanada dalam acara makan siang kenegaraan di Ottawa.

Menurut PBB, konflik di Suriah telah mengakibatkan 7,6 juta orang mengungsi selama empat tahun terakhir dan menciptakan 3,9 juta pengungsi.

Pendanaan Kanada, yang totalnya mencapai 102,2 juta dolar AS, akan digunakan untuk membantu masyarakat Jordania mengatasi “tantangan sosial-ekonomi” yang mendorong sekelompok besar pengungsi serta meningkatkan kemampuan kontra-terorisme Jordania, dan meningkatkan keamanan perbatasan.

Upaya peningkatan keamanan akan mencakup penyediaan peralatan pemantau radiasi untuk mengurangi perdagangan bahan nuklir, meningkatkan pemeriksaan kendaraan di perbatasan, dan memberikan pelatihan dalam mendeteksi alat peledak.

Kanada juga akan mengirim peralatan, pelatihan dan peningkatan infrastruktur untuk meningkatkan kapasitas kontra-terorisme maritim Jordania dan membantu menciptakan perlindungan keuangan untuk mencegah kelompok IS mengakses sistem perbankan internasional. (Antara-Xinhua-OANA)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Mesir Menemukan 27 Sarkofagus Berusia Lebih Dari 2.500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini.

Mesir kemarin mengumumkan telah menemukan harta karun kuno berupa 27 sarkofagus dalam keadaan utuh. Penemuan ini diklaim sebagai yang terbesar tahun ini. Sarkofagus yang sudah...

Gempa Magnitudo 7 Guncang Turki, BMKG Analisa Gempa Tektonik

Turki,  www.beritasumbar.com- Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 mengguncang Provinsi Izmir, Turki pada Jumat (30/10). Hanya saja badan bencana Pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang...

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9 poin dari...

Berdalih Karantina COVID-19, Migran Afrika Dibiarkan ‘Membusuk’ di Pusat Penahanan Arab Saudi

Salah satu negara terkaya di dunia, Arab Saudi, menahan ratusan bahkan ribuan Migran Afrika dalam kondisi mengenaskan. Penahanan ini berdalih sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Mirisnya, kondisinya...

New Normal, 71 Putra Terbaik dari Berbagai Negara Diwisuda di Yaman

Wisuda atau upacara pengukuhan bagi orang-orang yang menempuh pendidikan merupakan salah satu momentum terpenting yang dinanti-nanti mahasiswa, sebagai tanda resmi selesainya masa pendidikan di...

Bahas Potensi Laut, Universitas Terengganu Malaysia Undang Pakar Maritim Dan Kelautan IPB

Malaysia -Prof Rokhmin Dahuri Pakar Maritim dan Kelautan dari IPB diundang secara khusus oleh Universitas Terengganu Malaysia. Rokhimin Dahuri diundang untuk membahas secara detail...

Muhammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia CSITF dan WIIPA di Cina Berharap Bisa Bertemu Presiden

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Indonesia pantas berbangga dengan lahirnya ilmuwan muda yang berhasil menggoncangkan dunia lewat penemuannya yang spektakuler yakni, Obat Kulit Bagi Manusia dan Hewan Luar dan Dalam. Sang...

Catatan Professional Fellows on Demand: Religious Freedom & Interfaith Dialogue (1)

Dari sebuah sudut di kamar The Fairfax, sebuah hotel tua di Washington, DC yang berdiri sejak 1921, saya mendapatkan satu kalimat bagus, yang bunyinya...

5 Tokoh Muslim Muda Australia Kunjungi SMART

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Jumat (07/02) kemarin, SMART Ekselensia Indonesia (SMART) kedatangan tamu jauh dari seberang benua. Ya, lima orang tokoh muslim muda dari Australia berkunjung ke SMART....
- Advertisement -