28.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Arab Saudi Membantah ADa Operasi Darat di Yaman
A

Kategori -

Riyadh – Arab Saudi pada Ahad (3/5) membantah laporan media bahwa tentara dikerahkan ke Aden, Yaman, untuk memulai operasi darat di sana.

“Tak ada pasukan asing di Aden, tapi koalisi terus membantu memerangi anggota milisi Al-Houthi,” kata Juru Bicara Koalisi pimpinan Arab Saudi Ahmed Al-Asiri di dalam satu pernyataan, sebagaimana dilaporkan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Sebelumnya dilaporkan kelompok pertama tentara darat koalisi pimpinan Arab Saudi memasuki Aden dan pasukan lain sedang dalam perjalanan ke kota pelabuhan di Yaman Selatan itu, kata seorang pejabat Pemerintah Yaman.

Sementara itu, harian Aden Al-Ghad di Yaman melaporkan, “Kelompok pertama pasukan darat Arabn tiba pada Ahad pagi di Aden dan mulai ikut dalam pertempuran.”

Surat kabar tersebut memiliki hubungan dengan kaum separatis selatan, yang menuntut pemulihan Negara Yaman Selatan –yang bergabung dengan Yaman Utara pada 1990.

Koalisi pimpinan Arab Saudi telah melancarkan serangan udara terhadap posisi gerilyawan Syiah Yaman Al-Houthi dan sekutu mereka sejak 26 Maret.

Namun serangan udara dan pertempuran di Yaman Selatan telah menewaskan lebih dari 1.000 orang, melukai 3.000 orang lagi dan membuat ratusan ribuan meninggalkan tempat tinggal mereka.

“Pasukan pertama koalisi pimpinan Arab Saudi tiba di Aden dan telah terlibat dalam pertempuran bersama anggota milisi suku yang bersekutu dengan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi di Permukiman KhorMaksa di Aden,” kata seorang pejabat senior pemerintah yang tak ingin disebutkan jatidirinya di Aden.

“Mereka berperang dengan anggota milisi pro-Hadi melawan petempur Syiah Al-Houthi di dekat Bandar Udara Internasional Aden pada saat ini,” kata pejabat pemerintah tersebut.

Jumlah prajurit darat pimpinan Arab Saudi diperkirakan sebanyak 40 sampai 50, kata jurubicara milisi suku kepada Xinhua. Tentara itu mengenakan pakaian Yaman, bukan seragam militer, kata beberapa saksi mata.

Di Ibu Kota Yaman, Sana’a, serangan udara malam hari pimpinan Arab Saudi menghantam Pangkalan Udara Militer Ad-Dailamy dan pangkalan mantan Pengawal Republik serta pangkalan rudal Attan.

Serangan udara tersebut menghancurkan landasan pacu Bandar Udara Internasional Sana’a pekan lalu, sehingga menghentikan pengiriman bantuan asing buat Yaman. Negara Teluk itu telah menghadapi kekurangan kebutuhan dasar, termasuk makanan, air, obat dan bahan bakar selama sekitar satu bulan.

Serangan udara juga dilancarkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap pertemuan anggota Al-Houthi di Provinsi Marib di Yaman Tengah, dan menewaskan puluhan orang, kata beberapa pejabat keamanan provinsi.

Para pejabat provinsi mengatakan kelompok Al-Houthi terus mengirim bantuan ke Marib dan Provinsi Taiz di Yaman Selatan, serta ke Kota Aden.

Pada Ahad bentrokan baru antara petempur suku dan kelompok Al-Houthi menewaskan 12 anggota Al-Houthi di Kabupaten Az-Zahir di Provinsi Al-Bayda. (Antara/Xinhua-OANA)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...
- Advertisement -

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

Kankemenag Padang Panjang Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang,Senin (14/06/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Mesir Menemukan 27 Sarkofagus Berusia Lebih Dari 2.500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini.

Mesir kemarin mengumumkan telah menemukan harta karun kuno berupa 27 sarkofagus dalam keadaan utuh. Penemuan ini diklaim sebagai yang terbesar tahun ini. Sarkofagus yang sudah...

Gempa Magnitudo 7 Guncang Turki, BMKG Analisa Gempa Tektonik

Turki,  www.beritasumbar.com- Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 mengguncang Provinsi Izmir, Turki pada Jumat (30/10). Hanya saja badan bencana Pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang...

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9 poin dari...

Berdalih Karantina COVID-19, Migran Afrika Dibiarkan ‘Membusuk’ di Pusat Penahanan Arab Saudi

Salah satu negara terkaya di dunia, Arab Saudi, menahan ratusan bahkan ribuan Migran Afrika dalam kondisi mengenaskan. Penahanan ini berdalih sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Mirisnya, kondisinya...

New Normal, 71 Putra Terbaik dari Berbagai Negara Diwisuda di Yaman

Wisuda atau upacara pengukuhan bagi orang-orang yang menempuh pendidikan merupakan salah satu momentum terpenting yang dinanti-nanti mahasiswa, sebagai tanda resmi selesainya masa pendidikan di...

Bahas Potensi Laut, Universitas Terengganu Malaysia Undang Pakar Maritim Dan Kelautan IPB

Malaysia -Prof Rokhmin Dahuri Pakar Maritim dan Kelautan dari IPB diundang secara khusus oleh Universitas Terengganu Malaysia. Rokhimin Dahuri diundang untuk membahas secara detail...

Muhammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia CSITF dan WIIPA di Cina Berharap Bisa Bertemu Presiden

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Indonesia pantas berbangga dengan lahirnya ilmuwan muda yang berhasil menggoncangkan dunia lewat penemuannya yang spektakuler yakni, Obat Kulit Bagi Manusia dan Hewan Luar dan Dalam. Sang...

Catatan Professional Fellows on Demand: Religious Freedom & Interfaith Dialogue (1)

Dari sebuah sudut di kamar The Fairfax, sebuah hotel tua di Washington, DC yang berdiri sejak 1921, saya mendapatkan satu kalimat bagus, yang bunyinya...

5 Tokoh Muslim Muda Australia Kunjungi SMART

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Jumat (07/02) kemarin, SMART Ekselensia Indonesia (SMART) kedatangan tamu jauh dari seberang benua. Ya, lima orang tokoh muslim muda dari Australia berkunjung ke SMART....
- Advertisement -