26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jelang Ramadhan Kolam Renang Ngalau Diserbu Pengunjung
J

Kategori -
- Advertisement -

Kolam renang dan water boom Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, tiga hari jelang masuknya Ramadhan, diserbu pengunjung dari berbagai daerah. Selama tiga hari itu, 26-28 Juni 2014,  terjadi lonjakan pemasukan retribusi, total lebih kurang 35  juta.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi,  menginformasikan, Minggu (29/6), meningkatnya jumlah kunjungan ke kolam renang, sehubungan dengan budaya balimau yang masih mengental di kalangan masyarakat menjelang Ramadhan.  Seiring dengan  itu, pihak DPPKA Payakumbuh juga melakukan uji petik pemasukan selama sepekan sebelumnya di kolam renang. Uji petik dilakukan, untuk membuat target PAD dari kolam renang yang realistis ke depan, ucap Kepala DPPKA Drs. Syafwal.

Menurut Kepala Disparpora Syahnadel,  tiga hari menjelang masuknya Ramadhan,  diakuinya lonjakan pengunjung cukup signifikan.  Dua kolam permainan anak-anak yang dilengkapi dengan water boom cukup padat sekali. Begitu juga kolam renang prestasi yang juga mengalami kepadatan pengunjung.

Hanya saja, Syahnadel belum dapat memastikan, apakah target PAD tahunan dari kolam renang akan tercapai. “Kami belum dapat memastikan, apakah pemasukan tiga hari jelang Ramadhan  ini akan mampu menutup target PAD yang masih terpaut 5 bulan lagi,” sebutnya.

Target retribusi dari kolam renang tahun ini cukup tinggi, lebih kurang Rp700 juta. Hingga akhir Mei target itu baru terealisir 20%. Mudah-mudahan hingga berakhirnya tahun anggaran Desember nanti, beban target itu dapat tercapai. Karena, biasanya pada lebaran dan liburan akhir tahun, jumlah pengunjung juga akan meningkat, katanya.

Selama tiga hari jelang Ramadhan itu, total pemasukan retribusi dari kolam renang mencapai sekitar Rp35 juta. Angka tersebut meningkat dibanding kegiatan balimau tahun lalu,  yang hanya berjumlah sekitar Rp20 juta.  Peningkatan terjadi, karena saat balimau itu bertepatan dengan libur sekolah, katanya.

Sementara itu, momentum balimau di kolam renang Ngalau Indah itu, dimanfaatkan oleh anggota Koperasi Industri Kerajinan Payakumbuh, dengan menggelar pameran hasil produksi di halaman luar kolam renang. Berbagai produksi makanan dan fashion ditampilkan anggota koperasi, dengan omset puluhan juta rupiah. “Momentum ini ke depan, akan kita manfaatkan tiap tahun menjelang puasa Ramadhan,” sebut ketua koperasi Joni Syaputra dan bendahara koperasi Haris Budiman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img