31 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Jadikan Peringatan Maulid Nabi SAW Sebagai Moment Merekat Persatuan Umat
J

Kategori -

PAYAKUMBUH- Silang pendapat tentang boleh tidaknya peringatan maulid Nabi SAW kembali hangat dibicarakan di masyarakat. Sebahagian berpendapat, hal ini adalah bid’ah atau perkara mengada-ada yang tidak pernah dibuat oleh orang-orang terdahulu. Namun sebahagian masyarakat malah menjadikan peringatan Maulid Nabi SAW sebagai agenda tahunan yang ditunggu-tunggu. Biasanya diadakan wirid pengajian untuk mengupas perjalanan hidup Nabi SAW.

Ketua MUI Payakumbuh Selatan, Ustadz H Hannan Putra Lc MA memesankan, jangan sampai perbedaan pendapat tersebut merusak ukhuwah Islamiyah antar umat Islam. “Intinya jangan saling menyalahkan. Mari kita belajar untuk menghormati pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. Bagi yang tidak memperingati maulid Nabi, silahkan. Namun jangan pula menyalahkan orang yang memperingatinya. Begitu juga sebaliknya,” papar beliau ketika berdiskusi bersama OPD dan unsur pimpinan di lingkungan Kantor Balai Kota Payakumbuh, Kamis (5/11/2020). Kedatangan beliau dalam rangka mengisi acara Peringatan Maulid Nabi SAW.

Sang Ustadz yang merupakan pimpinan Pesantren ICBS Payakumbuh tersebut juga memesankan, bahwa agenda besar umat Islam saat ini yakni bagaimana merajut persatuan umat. Jangan sampai isu-isu khilafiyah menjadi duri yang melukai satu sama lain sehingga memecah-belah umat Islam.

Beliau mengutip nasehat salah seorang ulama besar bergelar Syaikhul Islam, Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Iqtidha Ila Shiratul Mustaqim,

فتعظيم المولد واتخاذه موسما قد يفعله بعض الناس ويكون له فيه أجر عظيم لحسن قصده وتعيظمه لرسول الله صلى الله عليه وآله وسلم

“Adapun mengagungkan maulid dan menjadikannya acara tahunan, hal ini sungguh dilakukan oleh sebagian orang. Mereka pun bisa mendapatkan pahala yang besar karena tujuan baik dan pengagungannya kepada Rasulullah SAW.” (Iqtidho’ Ash Shirothil Mustaqim, 2/123-124).

“Lihat bagaimana indahnya toleransi yang diperlihatkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Beliau dan murid-muridnya tidak memperingati maulid. Tetapi beliau menghormati orang-orang yang melakukannya. Mental itulah yang kita butuhkan saat ini,” tambah beliau.

Ustadz Hannan juga menekankan, peringatan maulid Nabi SAW yang dilakukan di Indonesia hanyalah berupa tabligh akbar, pengajian, dan ceramah agama. “Tidak ada seremonial apapun, hanya berupa ceramah agama saja. Jadi berbesar hatilah, masa ceramah juga dilarang,” pungkas beliau.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan HPI, Lisda Hendrajoni momen penting meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari Senin (8/3) mendapat tanggapan dari Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Nasional Demokrat Lisda Hendrajoni.
- Advertisement -

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...
- Advertisement -

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Menyatu Bersama Petani Bagi Semangat Bertani

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz melakukan aksi turun ke lapangan menyatu bersama para petani sekaligus meninjau lokasi rencana penanaman bawang di Lingkungan Payolinyam, Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Selasa (9/3).

BNN Harapkan Awak Media Berperan Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,-Berada dijalur perlintasan Sumatera yang juga menjadi gerbang utama di Timur Sumatera Barat, Payakumbuh dan Limapuluh Kota, bisa saja jadi target pusat peredaran di Sumbar. Sehingga, selain penindakan ekstra, butuh benteng kokoh pertahanan lewat pencegahan.

DPRD Payakumbuh Akan Perjuangkan Kesejahteraan Guru Honorer Paud

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Permasalahan kesejahteraan khususnya kesejahteraan untuk guru honorer masih menjadi harapan bagi Himpunan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) se-Kota Payakumbuh untuk dapat diperjuangkan oleh DPRD setempat.

Dinas Koperasi Dan UKM Gelar Rapat Kerja Dengan Komisi B

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Komisi B bidang ekonomi dan pembangunan DPRD kota Payakumbuh gelar rapat kerja (Raker) terkait pelaku koperasi serta usaha mikro dan UMKM kota Payakumbuh. Raker yang berlangsung di ruang komisi B lantai 1 kantor DPRD, Selasa (9/3/2021) mengundang dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh.

Komisi A DPRD Bakal Dorong Peningkatan Kinerja Pelayanan Petugas Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh turun lapangan ke Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh yang terletak di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (9/3).

Arif Berbahagia, Usai Direhab Kunci Rumahnya Diserahkan Oleh Langsung Wawako

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rifdi Yosanmanta atau Arif (38 tahun) dan istrinya Delfarita (36), warga Padang Palasan Kelurahan Sicincin tak kuasa menahan haru bahagia saat Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyerahkan kunci secara simbolis pertanda rumahnya telah selesai di rehab, Senin (8/3).

P2TP2A Kota Payakumbuh kunjungi SMPN 4 Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Saat sekarang ini bahaya yang kerap menyerang anak-anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak semakin meningkat. Tingginya kekerasan dan eksploitasi terhadap anak dapat mengancam generasi masa depan bangsa indonesia.

Personil TNI Batalyon 131 Tiba Di Papua

Jayapura,BeritaSumbar.com,- Setelah mengikuti perjalanan panjang selama 21 hari dimulai dari pelabuhan Sri Junjungan Dumai, Riau menuju pelabuhan Jayapura, Papua, Satuan Petugas (Satgas) Pengaman Batas (Pamtas) RI-Papua Nugini Yonif 131/Brs akhirnya tiba di Pelabuhan umum Jayapura, Senin (08/03) dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani 971 milik TNI-AL.

Pemko Payakumbuh Kembali Seleksi 159 Calon Paskibraka

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menyeleksi sebanyak 159 orang siswa-siswa SLTA se Kota Payakumbuh sebagai calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2021, di Sekretariat Paskibraka, tepatnya Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang, Senin (8/3).

Hadiri Musda XIV Pemuda Muhammadiyah, Ini Pesan Wawako Erwin Yunaz

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Payakumbuh menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) XIV Pemuda Muhammadiyah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang digelar di Gedung Dakwah PDM Kota Payakumbuh, Sabtu (7/3).
- Advertisement -