31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Irwan Prayitno: Peringatan Kemerdekaan Tak Sekedar Kibarkan Bendera
I

Kategori -

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, menegaskan bahwa memperingati kemerdekaan tidak cukup dengan sekedar mengkibarkan bendera merah putih, namun harus ada perbuatan dalam memaknai dan mengisi kemerdekaan.

Hal itu dikatakannya usai melakukan apel kehormatan dan renungan suci, di Taman Makam Pahalawan (TMP) Bangsa, Lolong, Padang, Sabtu (16/7) pukul 00.00 WIB.

“Menaikkan (mengkibarkan) bendera adalah simbol pengungkapan dari kecintaan terhadap negara. Tapi tidak cukup hanya dengan itu untuk memaknai dan mengisi kemerdekaan ini,” katanya.

Yang penting dilakukan, lanjutnya, adalah melakukan setiap pekerjaan dan perbuatan yang dilalui secara berkelanjutan, dengan satu dasar yaitu nasionalisme.

“Ini bukan berartikan jika yang menaikkan bendera dicap kurang, tapi ini tentang bagaimana mengisi kemerdekaan pasca perayaan di tanggal 17 Agustus,” katanya.

Irwan berharap, jika rasa nasionalisme yang muncul pada 17 Agustus, tidak hanya muncul dan menjadi-jadi pada momen itu saja.

“Kemerdekaan telah direbut oleh para pendahulu dengan berbagai pengorbanan. Untuk mengisi apa yang telah berhasil direbut adalah tanggung jawab bersama, demi menjawab setiap pengorbanan yang telah dilakukan,” katanya.

Apel kehormatan dan renungan suci yang dipimpin oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S, sebagai inspektur upacara, berjalan dengan hikmad hingga akhir. Kegiatan diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Sumbar.

Rangkaian kegiatan diawali dengan mematikan lampu disekitar makam, kemudian menyalakan obor api. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dan pembacaan doa.

Pada Taman Makam Pahlawan Lolong, Padang, telah disemayakan sebanyak 1.294 jasad para pahlawan yang gugur di medan juang.

Dengan rincian sebanyak dari TNI AD sebanyak 781 makam, TNI AL 42 makam, TNI AU 38 makam, Polri/Brimob 99 makam, Badan Perjuangan Sipil 284 makam, Pahlawan Daerah 1 makam, dan Pahlawan Tidak dikenal sebanyak 49 makam. (*/hul/antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -