Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika membuka Festival di Bancah Laweh Padang Panjang

Padang panjang – Kota Padang panjang merupakan kota transit bagi daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, Kota ini punya ke khasan dan menarik orang untuk datang kemudian berbelanja. Apalagi ada even yang bertarafkan nasional atau tingkat provinsi seperti Festival Serambi Mekah yang menampilkan kreasi budaya kreatif. Hal ini di sampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika membuka Festival di Bancah Laweh Padang Panjang, Rabu siang (3/9).

“ Dengan banyaknya festival atau kegiatan yang di lakukan oleh Pemda Padang Panjang kota ini akan tumbuh dan berkembang, sehingga nanti akan muncul potensi-potensi diri, inovasi kreatif mereka, hingga kegiatan itu akan mendatangkan orang akan mampir di daerah ini” ujar Irwan Prayitno

Sementara itu, Gubernur Sumatara Barat juga mengingatkan pemda Padang Panjang untuk menjadikan Festival Serambi Mekah sebagai even yang bertaraf Nasional dan memasukan sebagai kalender Pariwisata.

“ buatlah kegiatan Festival Serambi Mekah lebih heboh, yang akhirnya bisa membangkitkan perekonomian masyarakat serta menumbuhkan kerajinan masyarakat” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, kita dari provinsi sumatera barat terus mendorong untuk menambah tujuan destinasi wisata baru seperti yang di samnpaikan Walikota Hendri Arnis adanya Air Terjun Tujuh Tingkat. Provinsi Sumnatera barat siap membantu, menindak lanjuti dan sharing dana dalam pembiayaan pembangunan wisata ini.

Hadirnya destinasi wisata baru kita memberikan apresiasi dan bangga kepada Pemda Padang Panjang. Dengan tujuan wisata pasti imbas pada kuliner yang kita kenal Padang Panjang bermacam ragam kuliner bahkan presiden pun mampir di salah satu pusat kuliner di kota ini.

Sementara, di bidang pendidikan juga terus berkembang dan di tingkatkan, kita kenal Padang panjang yang relegius semoga akan lebih di kenal di Sumatera Barat maupun Nasional serta Internasional. Ujar Irwan Prayitno.

Hadir pada kesempatan itu, Walikota Padang Panjang Hendri Arnis beserta ibuk, Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi, Forum Komunikasi Pimpinan daerah Padang Panjang, Kadinas Pariwisata Sumatera Barat Burhasman, Kabiro Humas Setda Prov Sumbar Irwan, Kadinas Porbudpar Kota Padang Panjang Erizal.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis menyampaikan festival serambi mekah merupakan kegiatan rutin yang di adakan tiap tahun, ini merupakan yang ke VIII. Kegiatan ini juga dapat mempromosikan Padang panjang melalui seni budaya sosial dan Agama.

Festival ini merupakan perwujudan Padang Panjang sebagai serambi mekah serta kerajinan rumah tangga, ujarnya.

Dikatakan, kerajinan rumah tangga senantiasa selalu kita kembangkan baik kerajinan kulit, kerajinan songket, kerajinan kayu serta berbagai macam kuliner.

Semua itu, tujuannya bagaimana orang datang ke kota serambi mekah ini sehinga meningkatkan destinasi wisata baik itu wisata keluarga maupun mancanegara. Kita juga berupaya mengembangkan destinnasi wisata baru seperti Air Terjun tujuh tingkat kita juga melakukan Mou dengan provinsi.

Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan air mancur yang belum di kelola dengan baik, ini tepat kita jadikan tujuan wisata baru, ungkap Wako.

Sebelum pembukaan Festival Gubernur dan rombongan berbendi bendi yang di mulai dari kediaman Walikota menuju tempat acara di bancah Laweh. Usai pembukaan Irwan Prayitno melakukan kunjangan stand pameran di masing-masing SKPD di Lingkungan Pemda Padang Panjang. (humas sumbar)

loading...