Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) harus dijadikan moment untuk bangkit bersatu membangun Limapuluh Kota yang sejahtera dan dinamis Yang Mantap (amanah, berpendidikan dan bermartabat) berlandaskan iman dan taqwa. Tak kalah pentingnya, menjadi moment untuk terus mendulang berbagai prestasi seperti yang telah diraih selama ini.

Selain itu, Harkitnas ini juga mesti menjadi waktu untuk menjalin kembali perbedaan pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Jangan sampai perbedaan pilihan dalam pesta demokrasi itu mengoyak persatuan dan kesatuan yang terbina baik selama ini.

“Harkitnas harus menjadi moment bersatu membangun Kabupaten Limapuluh Kota sesuai visi dan misi kita dan terus mengukir prestasi seperti yang telah kita raih selama ini. Tak kalah pentingnya, menjadi moment menjalin kembali persatuan pasca perbedaan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) lalu,” ungkap Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi  kepada wartawan usai upacara peringatan Harkitnas ke 111 tahun 2019 di halaman kantor bupati setempat, Senin (20/5).

Menurut Irfendi Arbi, Limapuluh Kota bertekat dan berusaha keras untuk terus berbenah dan menciptakan inovasi-inovasi di berbagai bidang dan serta selalu berusaha menjadi lebih baik lagi dalam pengabdian di tengah masyarakat.

Harapan bupati itu tentu sangat beralasan. Sebab, selama ini  ia terbilang cukup suskes mengoleksi berbagai prestasi terutama di tingkat nasional. Berbagai kebolehan yang sudah diraih sebelumnya itu antara lain  Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) dari Presiden Republik Indonesia. Berikutnya penghargaan sebagai Bupati Pembina Terbaik dalam Penggunaan Dana Desa dari Menteri Dalam Negeri, serta puluhan prestasi lainnya baik tingkat nasional maupun tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, kondisi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota juga senantiasa aman, nyaman dan tidak pernah diwarnai perpecahan. Semua pihak di daerah ini diketahui senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menciptakan kondisi yang kondusif. Ini tentunya juga sebuah prestasi bagi daerah ini.

“Berbagai prestasi yang sudah diraih itu harus menjadi motivasi kita untuk berusaha menjadi lebih baik lagi, termasuk dalam meningkatkan pengabdian kepada masyaralat,” tutur Irfendi Arbi.

Terkait dengan bulan Ramadhan, Bupati Irfendi Arbi mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat di daerahnya untuk ikut berlomba-lomba berbuat kebaikan, termasuk kebaikan dalam pelaksanaan tugas dan peran sesuai bidang masing-masing.

Sebelumnya dalam upacara peringatan Harkitnas itu Bupati Irfendi Arbi selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara. Dibacakan, sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Telah lebih satu abad menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan ditingkah bentang geografis yang merupakan salahsatu yang paling ekstrem di dunia, Indonesia membuktikan mampu menjaga persatuan dan kesatuan sampai detik ini.

‘Tak diragukan lagi, kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” papar Irfendi Arbi.

Ikut hadir dalam upacara itu unsur Forkopimda, Ketua DPRD Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo, kepala OPD dan ratusan ASN, personil TNI, Polri, mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat lainnya.(rel)

loading...