29.4 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Inovasi Sistem Informasi Penanggulangan Bencana, Padang Pariaman Luncurkan SIMUNA
I

Padang Pariaman, beritasumbar.com – Upaya pengembangan inovasi Sistem Informasi Penanggulangan Bencana (SIMUNA) pascabencana, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan Rapat Koordinasi dan Teknis yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Seulayat Ulakan pada Rabu (17/3).

Pertemuan tersebut, membahas rencana pembuatan database rehabilitasi dan rekonstruksi terkait Data Rawan Bencana berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara real time (data terkini) di Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman.

Terlihat hadir dalam pertemuan, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly, Wali Nagari Seulayat Ulakan M. Idris beserta perangkat dan seluruh Wali Korong, juga bersama pemangku kepentingan di Pemerintahan Nagari Seulayat Ulakan.

Program ini, merupakan Inovasi kolaborasi antara BPBD Kabupaten Padang Pariaman bersama Dinas Dukcapil Padang Pariaman. Dalam rangka pengembangan Inovasi aplikasi, kawasan peta rawan bencana berbasis NIK dan didukung dengan data geospasial berbasis titik koordinat.

Menurut Kalaksa BPBD Budi Mulya, Kabupaten Padang Pariaman merupakan supermarket bencana di Provinsi Sumatera Barat. Ada 10 jenis ancaman bencana, sebagaimana tertuang dalam Undang Undang No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Keseluruhan dari 10 ancaman bencana tersebut, ada pontensinya di seluruh wilayah kabupaten Padang Pariaman.

“Jadi, seluruh Wilayah di kabupaten Padang Pariaman paling lengkap memiliki ancaman bencana. Yaitu, sebanyak 10 ancaman bencana.

Potensi Ancaman Bencana yang masih selalu mengintai adalah, ancaman bencana tsunami yang bersumber dari gempa bumi Megathrust Mentawai. Makanya, sebanyak 14 Nagari di sepanjang pesisir pantai Kabupaten Padang Pariaman, menjadi fokus kita untuk kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana,” jelas Budi.

Diketahui, bahwa selain dijadikan lokasi pilot projects pengembangan Inovasi tersebut diatas, Nagari Seulayat Ulakan merupakan salah satu dari tiga Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang ditunjuk oleh Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat sebagai pilot projects Nagari Statistik di Sumatera Barat. (Rel/Bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...
- Advertisement -