30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Inovasi Mahasiswa KKN-T IPB 2020 Menjadikan Bulakan Balai Kandi Sebagai Kelurahan Pertama yang Memiliki Aplikasi Pelayanan Masyarakat di Kota Payakumbuh
I

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,-15 Agusutus 2020, mahasiswa Kuliah kerja nyata Tematik atau akrab disebut KKN-T IPB 2020 telah menyelesaikan KKN-nya di kota Payakumbuh khususnya di Kelurahan Bulakan Balai Kandi selama 40 hari.
Inovasi yang dibuat mahasiswa KKN-T berupa aplikasi pelayanan masyarakat untuk Kelurahan. Pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan layanan kepada masyarakat. Pada masa pandemi COVID-19 diharapkan tidak terjadi kerumunan di tempat umum, dengan adanya aplikasi ini masyarakat Kelurahan Bulakan Balai Kandi bisa mendapatkan pelayanan dari kelurahan tanpa terjadinya kerumunan masa.
Pada Lokakarya II KKN-T IPB 2020 yang bertempat di kantor Kelurahan Bulakan Balai Kandi, telah dilakukan launching aplikasi BULBA ONLINE. Launching aplikasi pelayanan masyarakat tersebut didampingi oleh Indra, S.Sos selaku lurah Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Ade Chandra SKm., M.Kes selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan BPBD Kota Payakumbuh sebagai mitra KKN-T IPB 2020, Robby Setyadi Hardana selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Payakumbuh Barat dan tamu undangan lainnya. Pada acara launching aplikasi pelayanan masyarakat tersebut mendapat sambutan baik dari perangkat kelurahan.
Pada kesempatan yang sama, Indra, S.Sos selaku lurah Kelurahan Bulakan Balai Kandi mengatakan sangat berterimakasih dengan adanya aplikasi pelayanan masyarakat ini, “ Pemerintah Kelurahan Bulakan Balai Kandi mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN-T IPB 2020, mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini masyarakat Kelurahan Bulakan Balai Kandi dapat terbantu dalam pengurusan surat dan hal lainnya yang berhubungan dengan kelurahan.
Diharapkan juga KKN-T IPB dapat berlanjut untuk kedepannya sehingga inovasi baru bisa tercipta lagi untuk membangun Kota Payakumbuh menjadi lebih baik”, tuturnya.
Aplikasi pelayanan masyarakat yang dibuat oleh Mahasiswa KKN-T IPB 2020 berisi tentang pengurusan online berkas yang akan di urus di kelurahan, info terbaru dari kelurahan untuk Masyarakat, lokasi dan biodata kelurahan.
Ilham Kurniawan salah satu mahasiswa KKN-T IPB 2020 di Kota Payakumbuh mengatakan, “Dengan adanya aplikasi ini masyarakat kelurahan Bulakan Balai Kandi bisa terbantu dalam pengursan berkas, keluruhan bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui aplikasi ini dan dengan adanya aplikasi ini bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah daerah dan kelurahan-kelurahan lain untuk menciptakan inovasi terbaru sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara maksimal, tuturnya.
KKN-T INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2020
Dr. Dewi Sukma, SP, M.Si
Mahasiswa
1. Retno Khairani
2. Hasnah Niaty
3. Rahmi Hidayanti Syaiful
4. Oktobi Yuda
5. Andini Syafira Ariesa
6. Nadia Oktaviana
7. Diah Nawang Wulan
8. Mega Aprilia
9. Ilham Kurniawan
10. Nabilla Suhasfi Winarno

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...
- Advertisement -

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.
- Advertisement -

Aprisal PB, Dewan Wajib Jalin Hubungan Yang Harmonis Dengan Segala Lapisan Masyarakat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ranah Lansek perlu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat. Untuk itu diperlu figur-figur pejabat yang memiliki hubungan emosional yang baik dengan semua stackholder di daerah ini, kata Aprisal PB, ketua fraksi Amanat Nasional di gedung DPRD Sijunjung, Selasa (26/1).

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -