25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Inovasi Mahasiswa KKN-T IPB 2020 Menjadikan Bulakan Balai Kandi Sebagai Kelurahan Pertama yang Memiliki Aplikasi Pelayanan Masyarakat di Kota Payakumbuh
I

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,-15 Agusutus 2020, mahasiswa Kuliah kerja nyata Tematik atau akrab disebut KKN-T IPB 2020 telah menyelesaikan KKN-nya di kota Payakumbuh khususnya di Kelurahan Bulakan Balai Kandi selama 40 hari.
Inovasi yang dibuat mahasiswa KKN-T berupa aplikasi pelayanan masyarakat untuk Kelurahan. Pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan layanan kepada masyarakat. Pada masa pandemi COVID-19 diharapkan tidak terjadi kerumunan di tempat umum, dengan adanya aplikasi ini masyarakat Kelurahan Bulakan Balai Kandi bisa mendapatkan pelayanan dari kelurahan tanpa terjadinya kerumunan masa.
Pada Lokakarya II KKN-T IPB 2020 yang bertempat di kantor Kelurahan Bulakan Balai Kandi, telah dilakukan launching aplikasi BULBA ONLINE. Launching aplikasi pelayanan masyarakat tersebut didampingi oleh Indra, S.Sos selaku lurah Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Ade Chandra SKm., M.Kes selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan BPBD Kota Payakumbuh sebagai mitra KKN-T IPB 2020, Robby Setyadi Hardana selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Payakumbuh Barat dan tamu undangan lainnya. Pada acara launching aplikasi pelayanan masyarakat tersebut mendapat sambutan baik dari perangkat kelurahan.
Pada kesempatan yang sama, Indra, S.Sos selaku lurah Kelurahan Bulakan Balai Kandi mengatakan sangat berterimakasih dengan adanya aplikasi pelayanan masyarakat ini, “ Pemerintah Kelurahan Bulakan Balai Kandi mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN-T IPB 2020, mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini masyarakat Kelurahan Bulakan Balai Kandi dapat terbantu dalam pengurusan surat dan hal lainnya yang berhubungan dengan kelurahan.
Diharapkan juga KKN-T IPB dapat berlanjut untuk kedepannya sehingga inovasi baru bisa tercipta lagi untuk membangun Kota Payakumbuh menjadi lebih baik”, tuturnya.
Aplikasi pelayanan masyarakat yang dibuat oleh Mahasiswa KKN-T IPB 2020 berisi tentang pengurusan online berkas yang akan di urus di kelurahan, info terbaru dari kelurahan untuk Masyarakat, lokasi dan biodata kelurahan.
Ilham Kurniawan salah satu mahasiswa KKN-T IPB 2020 di Kota Payakumbuh mengatakan, “Dengan adanya aplikasi ini masyarakat kelurahan Bulakan Balai Kandi bisa terbantu dalam pengursan berkas, keluruhan bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui aplikasi ini dan dengan adanya aplikasi ini bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah daerah dan kelurahan-kelurahan lain untuk menciptakan inovasi terbaru sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara maksimal, tuturnya.
KKN-T INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2020
Dr. Dewi Sukma, SP, M.Si
Mahasiswa
1. Retno Khairani
2. Hasnah Niaty
3. Rahmi Hidayanti Syaiful
4. Oktobi Yuda
5. Andini Syafira Ariesa
6. Nadia Oktaviana
7. Diah Nawang Wulan
8. Mega Aprilia
9. Ilham Kurniawan
10. Nabilla Suhasfi Winarno

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Sekda : Jangan Biarkan Warga Menunggu Di Jam Istirahat, Berikan Servis Optimal Kapanpun

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- "Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis bahkan disaat jam istirahat, jangan biarkan meja pelayanan kosong".
- Advertisement -

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -