32 C
Padang
Senin, April 15, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Inflasi Agam Kembali Turun Menjadi 0,09 Persen
I

Kategori -
- Advertisement -

Agam, BeritaSumbar.com–Pemerintah Kabupaten Agam selama 2018 kembali pertahankan tren inflasi rendah pada Juli sebesar 0,09 persen, atau lebih rendah dibanding Juni sebesar 0,20 persen.
Tren inflasi rendah juga pernah terjadi pada bulan April sebesar 0,12 persen. Namun, Mei mengalami deflasi sebesar -0,39 persen.
Hal itu dibenarkan Kabag Perekonomian dan SDA Setda Agam, Rozetta, di ruang kerjanya, Kamis (23/8) Lubuk Basung.
“Turunnya inflasi disebabkan harga sembako dipasaran mengalami penurunan harga,” jelasnya.
Lebih lanjut Rozetta mengatakan, Pengendalian inflasi di Kabupaten Agam, dapat dilakukan dengan kebijakan pemerintah daerah melalui peningkatan standar pelayanan minimum (SPM). Seperti salah satunya, kebijakan penanggulangan kemiskinan juga kebijakan pengendalian harga bahan pokok.
Rozetta menjelaskan, periode Juli-Agustus 2018, ada dua jenis komoditi yang mengalami penurunan harga, yaitu cabe merah dan minyak tanah. Kemudian ditambah dengan sembilan jenis komoditi yang ikut menahan laju inflasi diperiode yang sama, yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, bawang merah, jagung, gas elpiji, jengkol dan petei.
“Ke-sembilan komoditi itu saat ini mengalami harga stabil,” ujarnya.
Disebutkan, kelompok yang mengalami inflasi yaitu, kelompok bahan makanan sebesar 0.85 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,20 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,20 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0.14 persen.
Sedangkan kelompok yang mengalami deflasi adalah, kelompok sandang sebesar 0.04 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,72 persen, dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0.25 persen.
“Inflasi Juli 2018 jauh lebih rendah. Ini menggembirakan dan diharapkan kita kembali deflasi seperti bulan Mei 2018,” tambahnya.(fadil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img