25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Minang Diaspora Beri Beasiswa 13 Mahasiswa Korban Galodo Agam
M

Kategori -
- Advertisement -

Agam, beritasumbar.com — Minang Diaspora Network Global (MDNG) beri beasiswa bagi 13 mahasiswa terdampak bencana galodo bandang dan lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Agam pada Sabtu malam (11/5/2024).

Pemberian beasiswa ini langsung oleh Presiden Direktur MDNG, Prof Fasli Jalal. Penyerahan beasiswa dilakukan di Kantor Camat Sungai Pua, Rabu (29/5/2024).

Penyerahan beasiswa ke Bupati Agam, Andri Warman (AWR), disaksikan Wakil Bendahara MDNG, Yeni Halim, Camat Sungai Pua dan orangtua penerima beasiswa.

Mereka penerima beasiswa antara lain, Hafis Hardi (Bukik Batabuh mahasiswa UIN Bukittinggi), Faeza Ryaz (Bukik Batabuh mahasiswa Poltekes Padang), Nur Aisah Zamil (Bukik Batabuh mahasiswa Unand), Yoga Risha Fajri (Bukik Batabuh mahasiswa UNP).

Selanjutnya, Abdul Halim Al Muzakir (Bukik Batabuh mahasiswa PNP), Alfi Rahmat (Bukik Batabuh mahasiswa Unand), Mutiara Adzkia (Bukik Batabuh mahasiswa UNP), Nazir Akbar (Bukik Batabuh mahasiswa UIN Bukittinggi).

Selain itu, Muhammad Irvanda Ananda (Bukik Batabuh mahasiswa POLMAN Bandung), Resti Amelia (Kapalo Koto mahasiswa UIN Jakarta), Aditya Y (Kapalo Koto mahasiswa UNP), Julia Rahmi (Galuang mahasiswa Brawijaya) dan Rahma Afifah (Koto Baru mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang).

Fasli mengatakan, beasiswa serta bantuan-bantuan sosial selama ini telah diberikan MDNG, merupakan sumbangan dari dana pribadi dan kelompok ikatan masyarakat Minang yang ada di berbagai negara, seperti di Sydney, Australia, Belanda, Jepang dan lainnya.

“Dana tersebut kombinasi bantuan, termasuk juga bantuan dari pendukung-pendukung MDNG dari dalam negeri yang pernah sekolah di luar negeri, misalnya di bawah Yayasan Yarsi,” ujarnya.

Disampaikan Fasli, sumbangan dari Yayasan Yarsi ini dengan nilai sebesar Rp60 juta, dan sumbangan bencana sebelumnya ada sebesar Rp50 juta, Rp60 juta dan ada Rp70 juta.

“Sumbangan dana juga ada dari Ibuk Wardah, Ibuk Santi Sudarko dan sumbangan pribadi lainya,” ungkapnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Agam, Andri Warman, mengucapkan terimakasih kepada MDNG yang telah memberikan bantuan beasiswa untuk mahasiswa terdampak bencana galodo di Kabupaten Agam.

“Untuk diketahui, saya perantau. Saya dulu gabung dengan MDNG. Kebetulan ketua sebelum Bapak Fasli Jalal adalah Dino Fasli Jalal dusanak (famili, red) saya. Saya juga lama di rantau, tentunya sangat banga dengan banyaknya bantuan dari MDNG kepada korban bencana, khususnya yang terjadi di Sumatera Barat (Sumbar),” tuturnya.

Bupati AWR berharap mudah-mudahan kedepannya anak-anak dan orang tua korban bencana galodo ikhlas menerima cobaan yang dialami.

“Kita di Kabupaten Agam ini bagaimana SDM masyarakat meningkat, tentunya bantuan beasiswa dari MDNG sesuai dengan visi misi saya sebagai Bupati Agam. Sekali lagi terimakasih batuan dari MDNG yang sangat peduli kepada korban-korban bencana,” paparnya. (mta)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img