29 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

Henny Riza Falepi Minta Dinas Kawal Pelaksanaan Rehab Sampai Tuntas
H

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Damunar (75 tahun), warga Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara tak kuasa menahan haru isak tangisnya saat mendapatkan bantuan dana stimulan untuk merehab rumahnya sebesar 25 juta rupiah dari Indo Jalito Peduli, Jumat (12/2).

Indo Jalito Peduli Jakarta atau ibu-ibu perantau Minangkabau di ibu kota “pulang kampuang” ke Ranah Minang dalam rangka melakukan bakti sosial bedah rumah di 4 kota seperti Padang, Pariaman, Payakumbuh, dan Padang Panjang. Dengan dipimpin Ketua Astri Asgani.

Kedatangan ibu-ibu Indo Jalito Peduli ini di Payakumbuh sebelumnya dijamu langsung oleh Wali Kota Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Henny Yusnita di pendopo rumah dinas wali kota, Jumat (12/2) pagi. Dari pantauan media, Ketua TP-PKK Payakumbuh Henny Riza sudah kenal akrab oleh ibu-ibu di Indo Jalito Peduli.

Saat Indo Jalito Peduli datang ke rumah Ibu Damunar, kondisi rumah semi permanen wanita lansia yang tinggal bersama 3 cucunya sangat memprihatinkan. Kondisi dindingnya menyatu dengan rumah sebelah, sanitasinya bisa dikatakan tidak layak. Dindingnya pun pakai bambu yang dibelah delapan tanpa pengikat, di pakukan saja.

Hal itu diperkuat dengan keterangan Kadis Perkim Marta Minanda didampingi Kabid Perumahan Tegra Sianita kepada media saat dihubungi via telepon seluler Jumat (12/2) malam, yang mengatakan sulit menjelaskan kondisi rumah itu kepada orang yang tidak paham konstruksi. Bisa disebut rumah, bisajadi tidak, karena tak ada pondasi sama sekali.

“Bahkan pengakuan Ibu Damunar saat kami melakukan verifikasi rumah tidak layak huni ke lapangan sering dirinya was-was saat hujan disertai angin kencang datang, takut dinding rumahnya roboh,” kata Marta.

Marta juga menerangkan, rumah Damunar termasuk dalam data rumah yang tidak layak huni di Payakumbuh. Damunar sebelumnya telah diusulkan untuk menerima bantuan rehab rumah, saat ini proses verifikasi dinas masih berjalan. Beruntungnya, di tengah jalan ada Indo Jalito Peduli datang memberi bantuan stimulan setelah menggunakan data rumah tidak layak huni dinas.

“Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi berpesan kepada kami di dinas agar mengawal proses pelaksanaan rehab rumah Ibu Damunar sampai selesai. Kalau nanti terkendala masalah dana buat tukangnya, maka dicarikan jalan “badoncek” untuk dananya,” kata Marta.

Ditambahkan Marta, Ibu Damunar termasuk warga yang beruntung, karena bantuan stimulan untuk merehab rumah dari Indo Jalito Paduli lebih besar dari bantuan pemerintah tahun ini yang hanya 20 juta rupiah saja.

“Rumahnya akan direhab menjadi layak huni dengan ukuran 6 x 6. Ibu Damunar kabarnya saat ini tinggal dengan cucunya bertiga, karena anak Bu Damunar tinggal mengontrak di tempat lain. Dengan adanya bantuan stimulan rehab rumah tidak layak huni dari Indo Jalito Peduli, maka jumlah rumah di Payakumbuh Utara yang direhab pada tahun ini dari 8 menjadi 9 unit, total di Payakumbuh menjadi 150,” pungkasnya.

Camat Desfitawarni yang mendampingi proses penyerahan bantuan secara simbolis itu mengaku bersyukur dan menyampaikan apresiasi kepada Indo Jalito Peduli yang datang memberi bantuan kepada warganya itu.

“Warga kami ini kondisi rumahnya memang sangat memprihatinkan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian Indo Jalito Peduli, kami dapat sinyal kalau ibu-ibu Indo Jalito Peduli bakal balik lagi memberi bantuan bagi Ibu Damunar, syukur sekali,” ujarnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -