31 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Pelepasan Prajurit Batalyon 131/Brs Ke Papua Oleh Pangdam 1/BB
W

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz mengadiri Pelepasan Yonif 131/Brs dalam rangka Satgas Perbatasan RI-PNG di Lapangan Batalion Yonif 131/Brs, Jumat (12/2) kemaren.

Kegiatan pelepasan ini juga dihadiri Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, Danyon Letkol Inf Muhammad Erfani, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, dan Lurah Tiakar.

Wawako Erwin Yunaz menyampaikan sebagai bentuk dukungan kepada prajurit, Pemko juga telah menyerahkan bantuan Randang sebanyak 18 Dus berisi 15 pouch ukuran 250 gram kepada Danyon Muhammad Erfani di Balai Kota Payakumbuh, Rabu (3/2) lalu.

Wawako saat itu mengatakan sangat bangga, Payakumbuh yang dapat menjadi bagian dari daerah yang prajurit TNInya berangkat tugas pengamanan di perbatasan negara.

“Prajurit TNI Batalyon 131/ Brs bertugas mengamankan negara. Karena Payakumbuh memproduksi Randang, maka penyerahan Randang ini sebagai bentuk keikut sertaan kita memberi dukungan kepada prajurit, dan Randang menjadi bagian kehadiran kita di Papua, selamat bertugas,” ungkapnya.

Dalam amanatnya, Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin mengatakan dirinya meminta agar tim satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini di sektor utara dari Yonif 131/BRS dapat mengambil simpati dan hati rakyat setempat saat menjalankan tugas.

“Dengan mendapatkan simpati dan hati rakyat kita akan dapat menjalin kemanunggalan TNI-rakyat sehingga kehadiran kita dapat masyarakat di perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan,” kata Mayjen TNI Hassanudin saat upacara pemberangkatan tim Satgas Pamtas Yonif 131/BRS di Payakumbuh, Jumat.

Prajurit juga harus memahami dan tetap menghormati kultur budaya dan adat istiadat dari masyarakat setempat. Meski begitu, prajurit tidak boleh dan harus tetap waspada serta tidak boleh terpengaruh dengan segala bentuk provokasi. Prajurit juga harus mengendalikan diri dalam bentuk situasi apapun di medan tugas.

“Terus jalin komunikasi yang harmonis dengan aparat pemerintah setempat, sehingga kendala yang didapati di daerah operasi dapat teratasi dan laksanakan petunjuk serta perintah dari pimpinan di lapangan,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa wilayah perbatasan merupakan daerah rawan baik aksi kelompok bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyelundupan maupun pergeseran batas wilayah.

“Dikaitkan dengan perkembangan situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya perbatasan masih sering terjadi dari kelompok bersenjata. Oleh sebab itu, dibutuhkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari seluruh prajurit Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 131/BRS,” ujarnya tegas.

Pangdam memerintahkan agar seluruh prajurit jangan pernah memiliki keraguan dalam bertugas guna menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI yang pastinya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kepercayaan bangsa dan negara ini merupakan kehormatan dan kebanggan. Prajurit diharapkan mampu mengemban tugas ini demi keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sementara itu, Komandan Yonif 131/BRS Letkol. Inf. Muhammad Erfani mengatakan jumlah prajurit yang akan berangkat untuk Satgas Pamtas RI-PNG berjumlah 450 orang.

“Prajurit kita telah melewati tahap latihan dan peninjauan dari komando atas dan dinyatakan siap untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan ini,” katanya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.
- Advertisement -