24 C
Padang
Senin, November 29, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hasil Panen Kelompok Tani Hidup Baru Rp.486 Juta
H

Kategori -
- Advertisement -

Dari 15 hektare sawah yang digarap kelompok tani (Keltan) Hidup Baru Nagari Buluh Kasok, Kecamatan Lubuak Tarok, Kabupaten Sijunjung melalui program Sistem of Rice Intrnsification (SRI), dalam seatu hektare hasilnya lebih kurang 7,2 ton.

Hasil itu diketahui pada panen perdana yang dilakukan Asisten II Setdakab Sijunjung, Yusrizal bersama kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Nizam Ul Muluk, kepala BP4K2P Ronal, kepala BPS Joni Suryadi, Camat Lubuak Tarok Veri Satria, Walinagari Buluh Kasok Janwar Rizel Hendra serta pengurus dan anggota Keltan Hidup Baru, Senin (1/9).

Panen perdana yang sekaligus dijadikan ajang pertemuan oleh pelaku pertanian, dihadiri sejumlah pejabat Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Sijunjung, penyuluh pertanian serta walinagari dan ketua Keltan se-Kecamatan Lubuak Tarok.

Menurut kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Nizam Ul Muluk, setelah dipanen dan dihitung, hasil sawah yang digarap Keltan Hidup Baru mencapai 7,2 ton/hektare. Karena luas sawah yang digarap 15 hektare, hasil keseluruhan 108 ton.

Dengan harga padi Rp4.500/Kg (Rp4,5 juta/ton), hasil yang diperoleh oleh Keltan Hidup Baru dalam menggarap sawah seluas 15 hektare, adalah Rp486 juta (108xRp4,5 juta).

“Satu hasil yang cukup besar tentunya, karena biaya yang dikeluarkan untuk mengelola sawah yang luasnya 15 hektare, hanya Rp127,5 juta (Rp8,5 juta/hektare), kata Nizam Ul Muluk.

Dengan cukup besar hasil panen, Asisten II Yusrizal berharap dan mengimbau pengurus dan anggota Keltan Hidup Baru supaya mensyukuri nikmat yang diterima.

Tapi mensyukuri hasil panen, tidak cukup hanya dengan berdoa, makan bersama dan mengucapkan terima kasih, tapi harus diiringi dengan pembayaran zakat bila hitungan padi sudah sampai.

Sebagainama Firman Allah SWT dalam Al Quran, “Waiz taazzana rabbukum lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna ‘azabi lasyadid. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

“Karena itu, syukurilah setiap nikmat yang diterima, baik itu nikmat umur, kesehatan dan kesempatan maupun nikmat rezki. Tunaikan kewajiban sesuai perintah Allah dan bayar zakat bila hitungan padi sudah sampai, supaya kita tidak termasuk orang yang ingkar dan tidak menerima azab seperti yang dijanjikan Allah SWT,” pesan Yusrizal kepada pengurus dan anggota Keltan Hidup Baru Nagari Buluh Kasok. (humas sijunjung)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img