32 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Pesel Upayakan Pembebasan Lahan Bangun Jembatan Layang Bukit Langkisau
P

Kategori -

Pemkab Pesisir Selatan sedang mengupayakan pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan layang penghubung Bukit Putus – Bukit Langkisau dan pembangunan jalan lintas objek wisata Carocok-Puncak Langkisau ke Air Terjun Timbulun Painan Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pessel Gunawan Senin (1/9) di Painan menyebutkan, tahun 2014 ini ditargetkan jalan utama atau jalan lintas objek wisata dari Carocok, Puncak Langkisau ke Air Terjun Timbulun hendaknya rampung. Termasuk merampungkan pembangunan jalan penunjang disisi barat Bukit Langkisau yang sudah dikerjakan dari Jembatan Salido ke pantai Salido dan penyelesaian diteruskan ke Pantai Carocok Carocok.

“Sementara jalan utama dari Carocok ke Puncak Langkisau telah selesai, sekarang yang sedang diusahakan adalah jalan dari Puncak Langkisau ke pinggir Jalan Nasional yang merupakan ujung terdekat dengan Bukit Putus. Jadi jembatan layang dibangun antara Bukit Langkisau dan Bukit Putus. Dari Bukit Putus disambung dengan jalan menuju Bukit PDAM dan terus menuju Bukit Baling Baling,” katanya.

Dari Bukit PDAM sudah ada jalan evakuasi tsunami menuju kearah Painan Timur. Jadi dari Bukit Putus ke Bukit PDAM pembangunan jalan tidak terlalu panjang, hanya sekitar 1 Km. Penambahan jalan kemudian juga dilakukan di ujung jalan evakuasi tsunami. “Jadi pembebasan lahan yang sedang diusahakan tersebut adalah dititik titik yang masih belum ada jalannya saja,” katanya.

Selanjutnya Bupati Pessel Nasrul Abit menyebutkan, pembangunan jalan lintas wisata Painan ini merupakan perencanaan besar pengembangan objek wisata di daerah itu oleh Pemkab Pessel. Pembangunannya berlangsung secara bertahap dan sebagiannya telah terlaksana.

Nasrul Abit meyakini, jalur lingkar itu dapat membuat betah pengunjung bila datang ke Painan. Hanya dengan satu kali kunjungan, maka tiga objek wisata dapat disambangi.

“Nanti ke tiga objek wisata itu akan menjadi satu kesatuan. Artinya dengan ada jalan lingkar yang dihubungkan jembatan layang, ketika orang ke Painan yang diingatnya tidak hanya Carocok akan tetapi ada objek lain yakni Puncak Langkisau dan Air Terjun Timbulun yang terdapat di sisi timur Kota Painan,” ungkapnya.

Dikatakannya, Pariwisata diharapkan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah dan masyarakat setempat. Potensi itu perlu dieksploitasi dan dikelola sebaik mungkin dan mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat. “Wisata adalah potensi besar Pessel yang masih dalam proses pengembangan dan penggarapan,” katanya.

Terkait pembebasan lahan Nasrul Abit meminta dukungan ninik mamak dan tokoh masyarakat di Painan. “Tanpa dukungan dari ninik mamak dan tokoh masyarakat tentu akan sulit merealisasikan program dan perencanaan pembangunan yang dibuat,” katanya.

Disebutkannya, bila pembebasan lahan berjalan dengan lancar insya allah paling lambat pembangunan jembatan layang bisa terlaksana. “Kami akan cari dukungan dana ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” pungkasnya. (humas pesel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -