25 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Pesel Upayakan Pembebasan Lahan Bangun Jembatan Layang Bukit Langkisau
P

Kategori -

Pemkab Pesisir Selatan sedang mengupayakan pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan layang penghubung Bukit Putus – Bukit Langkisau dan pembangunan jalan lintas objek wisata Carocok-Puncak Langkisau ke Air Terjun Timbulun Painan Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pessel Gunawan Senin (1/9) di Painan menyebutkan, tahun 2014 ini ditargetkan jalan utama atau jalan lintas objek wisata dari Carocok, Puncak Langkisau ke Air Terjun Timbulun hendaknya rampung. Termasuk merampungkan pembangunan jalan penunjang disisi barat Bukit Langkisau yang sudah dikerjakan dari Jembatan Salido ke pantai Salido dan penyelesaian diteruskan ke Pantai Carocok Carocok.

“Sementara jalan utama dari Carocok ke Puncak Langkisau telah selesai, sekarang yang sedang diusahakan adalah jalan dari Puncak Langkisau ke pinggir Jalan Nasional yang merupakan ujung terdekat dengan Bukit Putus. Jadi jembatan layang dibangun antara Bukit Langkisau dan Bukit Putus. Dari Bukit Putus disambung dengan jalan menuju Bukit PDAM dan terus menuju Bukit Baling Baling,” katanya.

Dari Bukit PDAM sudah ada jalan evakuasi tsunami menuju kearah Painan Timur. Jadi dari Bukit Putus ke Bukit PDAM pembangunan jalan tidak terlalu panjang, hanya sekitar 1 Km. Penambahan jalan kemudian juga dilakukan di ujung jalan evakuasi tsunami. “Jadi pembebasan lahan yang sedang diusahakan tersebut adalah dititik titik yang masih belum ada jalannya saja,” katanya.

Selanjutnya Bupati Pessel Nasrul Abit menyebutkan, pembangunan jalan lintas wisata Painan ini merupakan perencanaan besar pengembangan objek wisata di daerah itu oleh Pemkab Pessel. Pembangunannya berlangsung secara bertahap dan sebagiannya telah terlaksana.

Nasrul Abit meyakini, jalur lingkar itu dapat membuat betah pengunjung bila datang ke Painan. Hanya dengan satu kali kunjungan, maka tiga objek wisata dapat disambangi.

“Nanti ke tiga objek wisata itu akan menjadi satu kesatuan. Artinya dengan ada jalan lingkar yang dihubungkan jembatan layang, ketika orang ke Painan yang diingatnya tidak hanya Carocok akan tetapi ada objek lain yakni Puncak Langkisau dan Air Terjun Timbulun yang terdapat di sisi timur Kota Painan,” ungkapnya.

Dikatakannya, Pariwisata diharapkan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah dan masyarakat setempat. Potensi itu perlu dieksploitasi dan dikelola sebaik mungkin dan mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat. “Wisata adalah potensi besar Pessel yang masih dalam proses pengembangan dan penggarapan,” katanya.

Terkait pembebasan lahan Nasrul Abit meminta dukungan ninik mamak dan tokoh masyarakat di Painan. “Tanpa dukungan dari ninik mamak dan tokoh masyarakat tentu akan sulit merealisasikan program dan perencanaan pembangunan yang dibuat,” katanya.

Disebutkannya, bila pembebasan lahan berjalan dengan lancar insya allah paling lambat pembangunan jembatan layang bisa terlaksana. “Kami akan cari dukungan dana ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” pungkasnya. (humas pesel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -