27 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Harga Pakan Melambung Tinggi,Peternak Ayam Petelur Di Tanah Datar Di Ujung Kolaps.
H

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Harga pakan ayam petelur mengalami lonjakan tertinggi dalam tujuh bulan terakhir,Peternak di Kabupaten Tanah Datar mengalami kerugian yang cukup serius bahkan di ujung Kolaps.

Saat Pantauan Beritasumbar.com kebeberapa peternak yang ada di central peternakan ayam petelur kabupaten Tanah Datar yakni Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Rabu,25/08/2021,”sejumlah peternak mengaku tidak berdaya dan hampir pasrah dengan situasi yang mereka alami akibat lonjakan harga pakan cukup signifikan.

H.Darwan,Warga Koto Panjang,Jorong Gunung Seribu Nagari Tigo Jangko pemilik usaha peternakan ayam petelur mengatakan,”untuk saat ini kami sebagai peternak memang dibuat pusing dengan naiknya harga pakan.”seluruhnya mengalami kenaikan harga yang diluar prediksi,”bahkan kami mengalami kerugian bila dibandingkan dengan harga penjualan telur yang setiap hari mengalami penurunan.

“Pengeluaran untuk pakan tidak sebanding dengan pendapatan,sehingga apabila kondisi seperti ini berlangsung selama tiga bulan lagi,”pengusaha ternak ayam petelur banyak yang gulung tikar,”tambahnya.

Senada dengan H.Darwan,peternak lainnya Hardianto mengungkapkan,”sudah tujuh bulan harga untuk pembelian pakan naik,contohnya saja harga jagung dari Rp.3.800 per Kg kini sudah mencapai Rp.5.800 per Kg,makanan adukan untuk anak dari Rp.360.000 per Karung sekarang Rp.420.000 per karung,Dedak dari Rp.1.500 per Kg saat ini Rp.2.500 per Kg,begitu juga dengan makanan adukan untuk ayam induk dari Rp.362.000 hari ini Rp.425.000.

“Sementara biaya lain yang dikeluarkan guna kelangsungan usaha diantaranya,gaji karyawan Rp.400 satu ekor setiap bulannya,beban listrik yang dimana tarifnya untuk usaha menengah keatas,pajak pendapatan pertahun,cicilan kredit Bank dan biaya tidak terduga untuk pengobatan ayam bila ada yang sakit.”Katanya.

“Dengan keadaan kenaikan pakan tersebut,apabila berlangsung lama,bisa dipastikan banyak yang bangkrut.”sampainya.

Untuk diketahui nota penjualan telur perbutir, harga terendah Rp.1.050, harga tertinggi Rp.1.100 tergantung jenis dan kualitas telur.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img