24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Harga Ikan di Padang Naik
H

Kategori -
- Advertisement -

PADANG – Harga jual ikan tingkat pedagang di kawasan Muaro, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kenaikan akibat kurangnya pasokan, karena nelayan tidak berani melaut akibat cuaca buruk sepekan terakhir.

“Setiap jenis ikan masing-masing naik mulai Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per kilogram,” kata seorang pedagang di Simpang Muaro, Suardi di Padang, Selasa (14/4).

Ia menyebutkan saat ini harga ikan kerapu dan cucut mencapai Rp 60.000 per kilogram, ikan tongkol Rp 35.000 per kilogram, dan ikan kakap merah dijual Rp 45.000 per kilogram.

Menurut Suardi, kurangnya pasokan ikan dari nelayan juga berdampak terhadap pendapatan pedagang, di mana dalam kondisi normal omzet bisa mencapai Rp 300.000 -Rp 400.000 per hari sedangkan saat ini hanya Rp 100.000-Rp 200.000.

“Terjual Rp 100.000 saja sudah lumayan daripada tidak sama sekali,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan perkiraan cuaca buruk masih akan terjadi beberapa waktu ke depan dan ini akan menyulitkan nelayan dan pedagang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ia mengatakan jika ikan yang dijual tidak habis hingga sore akan dijual keesokan hari, namun biaya menjadi bertambah untuk membeli es batu agar ikan tidak busuk.

“Ini membuat pedagang merugi , meski dijual dengan harga yang sama belum mendapat untung karena biaya operasional bertambah,” ucap dia.

Sementara, Adnil salah seorang nelayan di Pantai Air Manis Padang juga memilih tidak melaut akibat cuaca yang kurang bersahabat.

Biasanya sejak pagi sudah bertolak meninggalkan pantai menggunakan sampan untuk mencari ikan, namun karena cuaca belum begitu baik memilih berdiam diri di rumah.

Sedangkan, Ruri salah seorang ibu rumah tangga di Padang mengeluhkan naiknya harga ikan tersebut sehingga pengeluaran rumah tangga meningkat.

“Biasanya untuk beli ikan cukup dengan Rp 20.000, sekarang naik jadi Rp 30.000,” kata dia.

 

Sumber: Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img