21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah
H

Kategori -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh Camat V Koto Kampung Dalam Vemi Tulalo S.Sos, Ketua Bamus Drs.Rosman Roal, Sekretaris Nagari, Walikorong, Perangkat dan Staf, serta PKK Nagari Sikucua Tengah.

Semangat masyarakat Nagari Sikucua Tengah,dalam memajukan nagari mereka tak usah diragukan. Hal tersebut secara swadaya mereka telah mengupayakan mempunyai Objek Wisata Pemandian Alam Lubuak Jambu.

Walinagari Sikucua Tengah H.Edwarman ST.MT mengatakan semangat masyarakat kami jangan diragukan untuk membangun nagarinya. Tanah dan tanaman mereka serahkan secara sukarela asal untuk kemajuan nagari.

Pemandian Lubuak Jambu ini diupayakan secara swadaya. Nagari memanfaatkan bendungan lubuak jambu dialiran Batang Naras genangan air di bendungan itulah yang disulap menjadi tempat pemandian. ucap Edwarman

Pemandian dengan sarana dan prasarana yang sederhana itu pun banyak dikunjungi masyarakat dari daerah lain. Walinagari optimis,tingkat kunjungan akan makin tinggi apabila sarana dan prasarana di objek wisata itu makin baik dan ditingkatkan,apalagi jika di jalur Batang Naras sesudah Lubuak Jambu bisa dikembangkan jalur olahraga air arung jeram.

Untuk itu Edwarman berharap kedatangan Leonardy Harmainy ke Nagari Sikucua Tengah dapat memberikan fasilitasi terhadap peningkatan sarana dan prasarana di Objek Wisata Pemandian Lubuak Jambu. Harapan itu diungkapkan Edwarman bahwa bendungan Lubuak Jambu yang dianggarkan saat itu Leonardy Harmainy menjabat Ketua DPRD Sumbar dulunya.
Kini bendungan tersebut sudah dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu sumber perekonomian mereka dan tempat wisata pemandian.

Masyarakat di nagari kami berharap sekali Objek Wisata Pemandian Lubuak Jambu makin mampu mendatangkan kunjungan yang lebih banyak sehingga perekonomian mereka makin baik. Masukan serta dukungan dan fasilitasi Leonardy Harmainy sangat diharapkan untuk itu.
ujarnya

Lebih jauh Edwarman menuturkan soal pengorbanan masyarakatnya yang dipujikan walinagari adalah pembangunan jalan selebar 8 meter dari Sikucua Tengah ke Kudu Gantiang Barat. Serta penyerahan tanah untuk Kantor Nagari seukuran 30 x 30 meter dan Kantor KUA pun diberikan tanah 640 meter persegi. Sekitar 60-an batang kelapa masyarakat yang ditebang untuk kebutuhan jalan dan mereka juga ikut dalam pembukaan jalan tersebut.
Demi melihat semangat itu,Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman meminjamkan loader dan alat berat untuk pengerukan tanah terutama untuk mengeruk tebing dan meratakan tanah di perbukitan.

Edwarman berharap jalan yang telah dibuka hendaknya segera dikeraskan. Bahkan kalau perlu diaspal,walinagari khawatir jika dibiarkan akan merimba lagi atau masyarakat melaksanakan ancamannya dengan menanam kelapa lagi disana. tuturnya

Walinagari Edwarman juga mengungkapkan harapannya agar jembatan di Lubuak Lansek dibangun lagi,rehab jembatan Lubuak Jambu,dan perbaikan irigasi Olo Mambang,serta pengendalian air bah Pulau Mambang diteruskan sambungannya sepanjang 150 meter lagi ke Batang Naras.

Begitu pula dengan rabat beton dari Kampung Tangah Padang ke Baliak Aur. Paling mendesak adalah perbaikan irigasi Lubuak Jambu dan pembangunan Kantor Nagari untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. imbuhnya

Sementara itu Camat V Koto Kampung Dalam Vemi Tulalo S.Sos menambahkan potensi wisata di Nagari Sikucua Tengah cukup tinggi. Ini bagian dari spot-spot wisata yang bagus untuk dikembangkan di jalur aliran Batang Naras jika bisa dinormalisasi. Masyarakat disini ingin mengembangkan agrowisata. Bahkan disekitar Lubuak Jambu ditanami durian dan buah-buahan lainnya. Buah-buahan itu nantinya bebas dipetik oleh pengunjung. Hanya saja masih terkendala. ujar Vemi

Kendala terhadap keinginan masyarakat itu adalah pembatasan aturan oleh kebijakan pemerintah daerah. Jadi dia sangat mengharapkan agar pemerintah daerah hanya perlu melakukan pengawasan penggunaan anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Nagari terkait transparansi dan akuntabilitas anggaran.

Vemi pun membenarkan telah dibangun jalan tembus ke Kecamatan V Koto Timur.
Namun jalan itu belum bisa dilalui karena masih jalan tanah dan ada beberapa ruas yang sulit dilalui. Ada juga beberapa bagian yang rawan terjadi longsor kembali. pungkas Vemi.

Menanggapi hal itu Anggota DPD RI H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH menyambut baik pengembangan kawasan bendungan Lubuak Jambu di Nagari Sikucua Tengah sebagai objek wisata pemandian dan arung jeram.

Pemanfaatan bendungan sebagai lokasi wisata pemandian cukup bagus dilakukan untuk menambah pemasukan bagi nagari dan masyarakat sekitar. Sebaiknya pengelolaannya dibawah Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag).
ujarnya

Dituturkan oleh Leonardy Harmainy pengelolaan objek wisata bisa disejalankan dengan pengembangan produk unggulan nagari. Produk unggulan ini jika dikelola dan dipasarkan dengan baik maka akan menambah pemasukan bagi Bumnag. Keuntungan Bumnag bisa digunakan untuk membiayai kegiatan dan program yang tidak bisa didanai oleh Dana Desa.
terang Leonardy

Senator Leonardy ini juga memotivasi Nagari Sikucua Tengah untuk mempersiapkan kemampuan perangkat nagari guna menyambut program Digitalisasi Desa oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Program kerjasama Kemendes PDTT dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi itu ditujukan untuk membuka akses komunikasi dan internet di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh penyedia layanan telepon dan internet.

Nagari Sikucua Tengah yang saat ini kesulitan dalam akses telepon dan internet dapat memanfaatkan program ini. Syaratnya nagari harus menyediakan lahan minimal seluas 300 meter persegi. Diatas tanah tanah itu nantinya Kemendes PDTT akan membangun tower dan fasilitas pendukungnya. Sementara Kementerian Kominfo akan mempersiapkan koneksinya.
ujar Leonardy

Dijelaskan Leonardy bahwa biasanya penyedia layanan telepon dan internet yang membeli lahan dan membuat tower hingga koneksinya. Namun mereka membangun tower jika menguntungkan secara bisnis. Jika tidak,masyarakat akan disuruh menunggu. Makanya Kemendes PDTT dan Kementerian Kominfo berupaya melakukan percepatan lewat digitalisasi desa.
terangnya

Menanggapi hal tersebut Walinagari Sikucua Tengah Edwarman menyatakan siap menyambut program Digitalisasi Desa oleh Kemendes PDTT. Walinagari pun menyatakan siap untuk menyediakan tanahnya. Edwarman menyatakan kegembiraannya jika program ini segera dapat direalisasikan.

Menurutnya anak-anak sekolah didaerahnya sangat kesulitan mengikuti pembelajaran jarak jauh dari sekolah mereka. Untung saja ada Wifi Nagari, pada waktu yang telah ditentukan anak-anak sekolah itu bisa memanfaatkan wifi nagari untuk pembelajaran mereka.

Menurutnya akan lebih baik lagi jika komunikasi telepon dan internet lancar di nagari nya setelah mendapat program Digitalisasi Desa. Dia berharap fasilitasi dan dorongan Leonardy Harmainy agar program tersebut segera hadir terealisasi di Nagari Sikucua Tengah ini.
pungkas Edwarman. (Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Camat Ultap Apresiasi Nagari Sungai Gimba Ulakan, Berhasil Salurkan BLT DD Tepat Waktu.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, dan Kabupaten Padang Pariaman belum keluar dari zona merah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah berhasil salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 selama enam bulan terakhir tepat waktu.

Setelah Buron, Pelaku Pengeroyokan Berhasil Diringkus Polisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Setelah sempat buron alias melarikan diri selama hampir empat bulan, akhirnya salah satu pelaku pengeroyokan korban tewas akibat teriakan maling...

Tim Terpadu Lakukan Pengawasan Perizinan Tambak di Pesisir Pantai Padang Pariaman.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Untuk meningkatkan investasi dan kemudahan berusaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, serta mendorong peran serta masyarakat dan sektor swasta dalam pembangunan di daerah. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha tambak udang, yang semakin banyak bermunculan di pesisir pantai daerah itu.

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...
- Advertisement -