27 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Gunung Marapi Sumbar Berstatus Siaga, Berbahaya untuk Didaki
G

Kategori -

Padangpanjang – Gunung Marapi di Sumatera Barat berstatus Siaga. Itu artinya berbahaya untuk dijejaki apalagi didaki. Para pendaki khususnya para pecinta alam diminta agar mengurungkan niatnya untuk menikmati pergantian tahun di atas puncak Marapi.

Pendaki dilarang untuk melakukan pendakian hingga puncak. Petugas keamanan setempat hanya memperbolehkan hingga jarak 3 km dari puncak atau sekitar Pasanggerahan. Namun, peringatan ini ternyata tak membuat sebagian pecandu surut untuk mendaki.

Pada masa-masa libur panjang ini, masih banyak masyarakat melakukan pendakian. Diperkirakan, ini akibat banyaknya pintu menuju puncak Gunung Merapi tersebut, sehingga sulit terawasi. Perlu pengawasan lebih ketat agar peristiwa-peristiwa yang bisa merenggut nyawa bisa diminimalisir.

Dilansir haluan, Kapolsek X Koto AKP Yuhendri mengatakan, pihaknya sudah mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pendakian hingga ke puncak kawah Gunung lantaran sesuai data Badan Meteorologi, status gunung Merapi sejak 3 Desember 2015 dalam status siaga.

“Sewaktu waktu bisa saja menyemburkan abu bercampur batu. Dan sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa,” kata perwira menengah Polres Padang Panjang itu.

Untuk pengamanan dan pengawasan, kata Yuhendri, Polres Padangpanjang menurunkan 24 personil bersama aparat dari Dinas BPBD dan Satpol PP Tanahdatar dan Bekerja sama dengan pemuda Koto Baru.

Kepolisian dari Polsek Koto Baru menurunkan 3 shift petugas untuk mengawasi pendakian Gunung termasuk di Pasanggerahan Koto Baru bersama sama dengan aparat Dinas BPBD dan Satpol PP Tanah Datar beserta kalangan pemuda Koto Baru.

Pihaknya, kata Yuhendri, juga telah memasang spanduk larangan di beberapa tempat agar masyarakat tidak mengalami musibah akibat status Gunung Merapi berada pada status siaga. Bahkan beberapa bulan yang lalu sejumlah pendaki gunung sempat terjebak oleh abu yang menyembur dari kawah Gunung Merapi bersamaan dengan gempa tektonik yang terjadi.

“Aktifitas masyarakat hanya diperbolehkan 3 km dari puncak Gunung,” kata Yuhendri pada Jumat (25/12).

Selain itu, ada juga masyarakat yang melakukan pendakian ke puncak Gunung Singgalang. Meski Singgalang bukan gunung aktif, akan tetapi tetap saja berbahaya karena jalan nya sulit dan menyebabkan pendaki sering tersesat. “Apalagi Gunung Singgalang juga telah banyak menelan korban,” ujar Yuhendri lagi.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Padang Panjang yang melintas di wilayah hukum Polsek X Koto menuju Bukittinggi sejak beberapa hari belakangan padat akibat tingginya arus kendaraan dimasa libur sekolah ini, ungkap Yuhendri menjelaskan.

Salah seorang aktifis pecinta alam di Padang, Welly menyebutkan, tempat itu, Gunung Marapi memang merupakan tempat primadona yang jadi sasaran warga umum dan pecinta alam menghabiskan malam pergantian tahun, setiap tahun. Biasanya, jika memang para pecinta alam yang mendaki, mereka akan memperhatikan kondisi dengan pengetahuan yang mereka miliki untuk menjajal lereng hingga ke puncak.

“Ndak Mungkin mereka (pecinta alam) akan mengabaikan himbauan seperti itu, apalagi ini untuk keselamatan,” katanya. (hln)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -