28 C
Padang
Minggu, Oktober 24, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gubernur Sumbar Hadiri Acara Halal Bihalal di SMA 1 Bukittinggi
G

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Setelah serapan pagi di rumah wakil wali kota Bukittinggi Marfendi, Jumat (21/5/2021), Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, SP berkunjung ke SMA Negeri 1 Bukittinggi.

Di sekolah tersebut, Mahyeldi menghadiri acara Halal Bihalal dengan jajaran guru, murid serta para alumni IASMA secara virtual, serta melakukan peletakan batu pertama tempat berwudhu di samping Mushalla sekolah itu.

Pada acara itu, dihadiri Wali Kota Bukittinggi diwakili Wakil Wali Kota Marfendi, Bupati Agam Andri Warman, Kepala SMA 1 Bukittinggi, Ketua IASMA Indra Yanuar Muin dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar yang juga merupakan alumni angkatan 86 di SMA 1 Bukittinggi ini mengatakan, alumni SMA 1 Bukittinggi ada sekitar belasan ribu orang, yang tersebar di wilayah Indonesia dan bahkan ada dari luar negeri.

“Banyak yang harus kita syukuri atas ukiran prestasi yang telah ditorehkan SMAN 1 Bukittinggi dalam bidang akademis mau pun non akademis. Dengan bersilaturahim sekarang ini bisa membuat panjang umur dan murah rezeki,” papar Mahyeldi.

Kepada para murid di SMA 1 Bukittinggi, Gubernur berpesan agar rajin dan tekun dalam belajar. Selalu hormat pada guru serta orang tua di rumah. “Saya tak menyangka bisa jadi Gubernur,” tutur Mahyeldi.

Mahyeldi menyampaikan, sesuai dengan visi dan misi di bidang pendidikan, ia berupaya akan membangun beberapa sekolah di Sumatera Barat, dengan konsep seperti Boarding untuk kelas XII, yang persiapan asramanya bagi 300 – 350 orang.

“Tujuannya untuk membekali mereka masuk perguruan tinggi. Kita harus persiapkan SDM dari sekarang untuk menjelang 2040 demi mencapai Indonesia masuk negara 4 besar dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman dalam kesempatannya mengatakan, para siswa SMA 1 Bukittinggi agar dapat meningkatkan prestasinya, supaya bisa mengikuti jejak para alumni.

Dalam kesempatan itu, Andri Warman juga memberikan hadiah berupa sepatu kepada salah seorang siswa SMA 1 Bukittinggi, setelah menjawab benar kuis yang diberikannya.

Andri Warman mengatakan, pemerintah Kabupaten Agam telah menyiapkan anggaran beasiswa bagi warganya yang berprestasi.

“Beasiswa tidak saja kepada mereka yang bersekolah di Kabupaten Agam, tapi juga yang bersekolah di kota Bukittinggi. Namun bagi mereka yang berprestasi,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala SMA 1 Bukittinggi, Firdaus menyampaikan, peran alumni sangat luar biasa untuk kemajuan SMA 1 Bukittinggi. Dimana, atas hasil kolaborasi dari alumni, banyak prestasi yang telah dihasilkan SMA 1 Bukittinggi.

“Pada 2021 ini, siswa undangan diterima kuliah di perguruan ternama di Indonesia mencapai 80 orang. Untuk Sumbar, SMA 1 Bukittinggi paling banyak diterima di perguruan tinggi negeri dibandingkan dengan SMA yang lain,” katanya.

Firdaus mengaku bangga dengan torehan prestasi di SMA 1 Bukittinggi. Melihat alumni di SMA 1 Bukittinggi banyak yang sukses dengan berbagai macam karier itu, Firdaus bertekad untuk melahirkan muridnya yang berprestasi sama dengan para alumni.

“Dengan bantuan alumni, seperti adanya acara sekarang ini dihadiri Gubernur, Wali Kota dan Bupati, merupakan sesuatu yang bisa memotivasi prestasi dari siswa,” ungkapnya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img