26 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Bukittinggi Zona Orange, Plt DKK Ismail: Ingat yang Menentukan Warna Zona Satgas Covid Provinsi
B

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Adanya dua pandangan tentang warna zona status covid-19 di Kota Bukittinggi, ditanggapi Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat dengan menyatakan penetapan zona merah, orange dan hijau tersebut merupakan ke wenangan dari satgas covid provinsi Sumatera Barat.

Plt Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi, Ismail ditemui di ruang kerjanya, Jumat sore (21/5/2021) mengatakan, saat ini Kota Bukittinggi berada pada zona orange covid-19.

Ia mengatakan, beredar informasi bahwa Bukittinggi berada pada zona merah di salah satu media nasional, pemerintah kota telah menggelar rapat bersama dengan pihak terkait lainnya.

“Dalam pertemuan itu, Bukittinggi tidak berada pada posisi zona merah, melainkan berada di zona orange,” ungkapnya.

Meski demikian, kata Ismail, kepada seluruh masyarakat Bukittinggi agar tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu, selalu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

“Dua pandangan status zona di Bukittinggi, yang bahkan pihak kepolisian di Mapolres Bukittinggi menggunakan mobil berkeliling kota menginformasikan Bukittinggi berada pada zona merah, dan meminta masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan merupakan sebagai bentuk tindakan mengingatkan masyarakat akan bahanya covid-19,” tuturnya.

“Sekali lagi, status Bukittinggi berada pada zona orange. Ingat, yang menentukan zona merah, orange dan hijau adalah satgas covid Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Satgas covid provinsi dalam menentukan zona tersebut, ada kajiannya dan berdasarkan hitungan yang tentu ada rumusannya,” kata Ismail lagi.

Disampaikan, Pemko Bukittinggi sifatnya hanya memetakan masyarakat terkonfirmasi covid-19 berdasarkan per-RT. Artinya, setelah data dikumpulkan per-RT, lalu dikirim ke satgas covid provinsi.

Ismail menegaskan, objek wisata yang ada di kota Bukittinggi diberlakukan penutupan, sementara di sebuah lapangan yang juga banyak masyarakat berkunjung tidak ditutup, antara objek wisata dan lapangan itu tidak bisa disamakan cara pandang dalam menilainya.

“Kalau lapangan tersebut kan arealnya terbuka. Orang-orang masuk dari berbagai sisi, sementara objek wisata orang masuk pada satu titik, dan jelas potensi covid-19 bertambah akan ada, karena tempat pegangan tangan di salah satu benda atau tempat lainya akan banyak orang akan memegangnya,” paparnya.

“Dengan demikian, jika ada orang yang terpapar covid-19 memegang suatu benda, dan di benda tersebut akan menjadi pusat penyebaran virus covid-19 jika dipegang juga oleh orang lain,” tegasnya.

Sekali lagi, kata Ismail, saat ini Bukittinggi masih dalam status zona orange. Namun jumlah masyarakat terpapar covid-19 masih akan ada perubahan, karena datangnya setiap saat di-update dari Satgas penanganan covid-19.

Berdasarkan data diperoleh dari pusat data Covid-19 DKK hingga Kamis (20/5/2021), pukul 18.30 WIB, jumlah orang yang terkonfirmasi berjumlah 1.598 orang. Penambahan kasus baru 14 orang, yakni 7 orang di Kecamatan Guguk Panjang, sebanyak 6 orang di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dan 1 orang di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Jumlah orang selesai isolasi sebanyak 2 orang, dan dinyatakan meninggal 1 orang yakni warga Kelurahan Parit Antang, Kecamatan ABTB.

Dari total orang yang terkonfirmasi sebanyak 1.598 orang secara akumulatif tersebut, rincian dirawat 22 orang, isolasi mandiri 171 orang, selesai isolasi 1. 373 orang dan meninggal 32 orang.

Sementara swab di Dinkes hinggga akhir April 2021 sebanyak 8.864 orang, swab di Puskesmas pada April 2021 total 392 sample, positif 85 orang. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kamasril CS Tolak Dedi Chandra Ketua DPD Golkar Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Golkar Kota Bukittinggi pada Jumat (9/7/2021), bertempat di kantor DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat, di Kota...

Yuen Karnova Bisa Jabat Sekdako Bukittinggi hingga 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova yang saat ini sedang mengambil cuti besar, berpotensi menjadi sekdako di kota tersebut hingga...

Perselisihan Kabag Adum IPDN Bukittinggi dengan Rekanan, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com - Setiap orang tidak luput dari kesalahan. Namun demikian, terkadang kesalahan dialami seseorang, bukan akibat kelalaian dirinya, melainkan efek dari pekerjaan yang...

Pemko Bukittinggi Minta Hentikan Aktifitas Perdagangan Sembako di BTC

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Para pedagang sembako yang berjualan di seputaran Banto Trade Center (BTC), agar mengosongkan sendiri kawasan tersebut dari aktifitas perdagangan. Hal itu menyusul...

Rekanan Disuruh Kerja, IPDN Bukittinggi Tak Membayar…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Malang benar nasib dialami CV. Gres Bram Karya. Disuruh mengerjakan sejumlah kegiatan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Bukittinggi, Sumatera...

Makmurkan Masjid Tawakkal, Deny Satriadi Datangkan Ustad Terkenal Ceramah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Patut dicontoh, apa yang dilakukan pengurus Masjid Tawakkal Surau Bacamin Magek, Kabupaten Agam. Ustad terkenal sengaja didatangkan berceramah guna memakmurkan Masjid...

Bersihkan Kawasan Potensi Banjir, Erman Safar: Ikhtiar Tanggulangi Banjir

Bukittinggi, beritsumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), membersihkan kawasan yang berpotensi menyebabkan genangan air maupun banjir...

Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Bukittinggi, Fiona: Sejalan dengan Kegiatan Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, melaksanakan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di tiga kecamatan yang ada di kota itu pada Kamis, (24/06/2021). "Kegiatan...

Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Belajar di Bawah Ancaman Maut

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak lima lokal siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Bukittinggi belajar di bawah ancaman maut, menyusul lokal merupakan aula yang...

TPS Bukittinggi akan Dipantau CCTV

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi akan memasang CCTV di tempat pembuangan sampah (TPS), guna memantau warga membuang sampah tidak pada jamnya. "Sebanyak 15...
- Advertisement -