30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gubernur Irwan Prayitno Harap Warga Sumbar Tahan Diri Dalam Belanja
G

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Warga Sumatra Barat (Sumbar) diminta menahan diri untuk berbelanja kebutuhan pokok saat memasuki Bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Kita meminta warga untuk tidak berlebihan berbelanja, sebab ini bisa memicu laju inflasi. Bukan berarti kita melarang berbelanja tapi menahan diri dulu,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Selasa (2/6/2015)

Hal senada disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Yomin Tofri bersama dengan Wakil Ketua Tim Koordinasi Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumbar, Puji Atmoko.

Menurut Yomin Tofri memborong sejumlah kebutuhan pokok menjelang Ramadan kalau membrong biasanya para pedagang memanfaatkan keadaan dengan mencoba menaikkan harga inilah yang memicu inflasi.

“Konsumen, untuk lebih cerdas dan rasional dalam membeli bahan pangan serta kebutuhan pokok, sebab langkah tersebut merupakan upaya menahan laju inflasi di Sumbar menjelang Ramadhan. Kalau harga naik, lebih baik tahan dulu untuk membeli atau alihkan ke yang lain,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Ketua Tim Koordinasi/Ahli TPID Sumbar, Puji Atmoko berdasarkan data statistik sejak 2012, laju inflasi tertinggi terjadi pada Ramadhan, Idul Fitri, Natal serta tahun baru. Salah satu langkah terbaik dalam menahan terjadinya kenaikan harga, yaitu dengan berbelanja sewajranya. “Nanti kita akan gelar juga pasar murah,” tutupnya.

 

Sumber: Okezone
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img