26 C
Padang
Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gubernur Datang Siswa SMAN 1 Payakumbuh Senang
G

Kategori -
- Advertisement -

Sedikitnya, 900-an siswa SMAN 1 Payakumbuh yang tengah menjalani Training Motivasi Karakter (TMK), di GOR Serbaguna M. Yamin Payakumbuh, puas dan senang. Saat mereka mengikuti TMK, tiba-tiba Gubernur Irwan Prayitno bersama Walikota Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar,  menjambangi siswa tersebut di lokasi acara, Sabtu (1/3).

Riuhnya tepuk tangan dan yel-yel selamat datang gubernur bergema dalam acara tersebut.  Tak lama setelah itu, seluruh siswa jadi hening dan terpaku di duduk bersila, saat Gubernur Irwan Prayitno memberikan motivasi siswa kelas  10, 11 dan 12 itu.

Di depan Kadisdik Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, S.Pd, Kepala SMAN 1 Resnulius dan majelis guru serta pengurus OSIS itu, gubernur memaparkan dengan jelas, bagaimana menentukan masa depan siswa. “Masa depan anak-anak bapak, bukan ditentukan hari esok. Tapi, harus ditentukan dari bangku sekolah, seperti sekarang ini,” kata Gubernur.

Gubernur memberi contoh, saat ia mengikuti sebuah acara reunian sebuah sekolah.  “Waktu itu ada yang datang ke lokasi acara dengan kendaraan mewah. Ada tiba dengan kendaraan sederhana, ada yang menggunakan sepeda motor. Ada yang  datang bersama angkutan kota. Malahan, ada yang datang dengan ojek.”

Ternyata, kata gubernur, yang datang dengan ojek, adalah mereka yang dulunya pemalas atau sering cabut pada jam belajar. Sebaliknya, yang datang dengan mobil mewah, adalah para juara-juara kelas, minimal 10 besar dalam kelas. Mereka,  juga bukan berasal dari keluarga mampu. Tapi, pelajar yang rajin dan serius dalam belajar.

“Karena itu, tentukan nasib kalian dari sekarang.  Serius dan tekun belajar. Hindari kebiasaan membuang waktu yang tak bermanfaat. Selain rajin beribadah dan menjauhi larangan Allah SWT,” tegas gubernur.

Kegiatan TMK yang dirancang pengurus OSIS SMAN 1 Payakumbuh itu, berlangsung dua hari, 28 Februari dan 1 Maret 2014. Motivatornya, alumni SMAN Payakumbuh, yang sekarang menjadabt Wakil Direktur Pasca Sarjana Unand, Dr. H. Henmaidi, SA, M.Eng, Dt. Paduko Basa nan Hitam. Bertujuan, memotivasi siswa SMAN 1, agar mampu menerobos perguruan tinggi ternama di Tanah Air.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img