29 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

GOW Peringati Hari Kartini dengan Seminar Kanker
G

Kategori -
- Advertisement -

Peringatan Hari Kartini ke-135 di Kota Payakumbuh, diwarnai dengan Seminar Sehari dengan topik bahasan Jenis-jenis Kanker yang Menyerang Wanita. Kegiatan ini, diapresiasi Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar dan Penasehat GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Ny. Dr. Henny Riza Falepi. Karena, peringatan Hari Kartini tidak sekedar seremonial, melainkan memberikan pencerahan kepada kaum hawa di kota ini, terhadap penyakit kanker.

“Kita senang, GOW berperan dengan baik, tidak hanya sekedar memperingati hari bersejarah bagi kaum wanita. Tapi, ikut menambah wawasan kaum wanita tentang pencegahan penyakit kanker,” sebut Wawako.

Gelar acara memperingati Hari Kartini itu berlangsung  di Aula Fakultas Pertanian Universitas Andalas di Jalan Sudirman  Payakumbuh,  Senin (21/4). Peserta seminar diikti 150 peserta, berasal dari berbagai  organisasi wanita yang ada di Payakumbuh.

Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, dalam sambutannya dihadapan peserta seminar, mengingatkan kembali agar para perempuan Payakumbuh terus menteladani perjuangan Kartini serta pejuang-pejuang lainnya dalam mengupayakan kesetaraan gender antara pria dan wanita.

Sementara itu, penasehat GOW Kota Payakumbuh Ny. Dr.Henny Riza Falepi saat menyampaikan sambutannya menghimbau peserta seminar untuk merenungkan perjuangan Kartini serta penjuang perempuan lainnya di Sumatera Barat seperti Siti Rohana Kudus dan Siti Manggopoh menegakkan emansipasi wanita, yaitu kesejajaran perempuan baik dalam hak, peran, dan sumbangsihnya pada bangsa dan negara.

Dikatakan oleh Ny. Henny cara meneladani perjuangan perempuan Indonesia tersebut saat ini adalah dengan melalui pendidikan. Jadi hal terpenting bagi perempuan adalah pendidikan” jelas Ny. Henny Riza Falepi. Walaupun begitu, Ny. Henny mengingatkan agar perempuan tidak melupakan kodrat utama perempuan sebagai seorang ibu yang bertugas untuk mengasuh dan mendidik anak dan sebagai istri yang harus mendampingi suami.

Adapun narasumber pada kegiatan seminar sehari peringatan hari Kartini ini, disampaikan Ketua GOW Payakumbuh Ny. Rasyidah Suwandel Muchtar,  dr. H. Helwi Nofira, SPOG yang sehari-harinya berdinas di RSUD Kota Solok dan juga sebagai staf luar biasa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Dalam seminar tersebut, dr. Helwi memaparkan beberapa jenis kanker yang menyerang perempuan pada umumnya seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, kanker indung telur dan beberapa jenis kanker lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img