24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gempa 5,8 SR di Mantawai, Ini Tanggapan Badan Geologi
G

Kategori -
- Advertisement -

Badan Geologi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam lamannya www.vsi.esdm.go.id merilis tanggapan terkait kejadian gempa bumi di Mentawai-Sumbar, Kamis 18 Desember 2014.

Badan Geologi menulis, dilihat dari posisi dan kedalamannya, gempabumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktifitas zona subduksi yang diakibatkan karena proses tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

Dilihat dari sudut kondisi geologi daerah terkena gempabumi, daerah di sekitar pusat gempabumi tersusun oleh aluvium dan batuan vulkanik berumur Kuarter serta batuan sedimen berumur Tersier. Getaran gempabumi akan terasa pada batuan aluvium dan batuan vulkanik Kuarter yang sifat lepas, urai, dan belum terkompaksi dengan baik sehingga bersifat memperkuat efek guncangan gempabumi.

Dalam kejadian itu, Badan Geologi merekomendasikan masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.

Badan Geologi juga merekomendasikan masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil. Gempabumi ini menurut Badan Geologi tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun pusat gempabumi berada di laut, energinya tidak cukup untuk membangkitkan tsunami.

Gempabumi itu sendiri terjadi pada hari Rabu, tanggal 17 Desember 2014, pukul 13:10 WIB. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempabumi berada pada koordinat 3,88° LS dan 100,07° BT dengan magnitudo 5,8 SR pada kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan menurut USGS, gempabumi ini berada pada koordinat 3,93° LS dan 100,13° BT, dengan magnitudo 5,6 Mw. Pusat gempabumi terletak pada 192 km tenggara kepulauan Mentawai dan 237 km sebelah barat Bengkulu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img