23 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gelar Outbond PKK, Walikota Canangkan Bulan Bakti Dasawisma
G

Kategori -
- Advertisement -

Lebih kurang 500-an kader PKK dan kadera Kelmpok Dasa Wisma dari 62 kelurahan yang tergabung dalam lima kontingen kecamatan di  Kota Payakumbuh, memenuhi lapangan sepakbola Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, sepanjang Sabtu (14/3). Tampil dengan atribut kecamatan masing-masing, ibu-ibu  PKK itu bergembira ria dalam acaraoutbond sambil pencanangan Bulan Bakti Kelompok  Dasa Wisma III Kota Payakumbuh.

Dipimpin ketua TP-PKK kecamatan, setiap kontingen masuk lapangan dengan berdifile. Di depan panggung kehormatan kelima kontingen PKK, menampilkan kebolehan mereka, bersajak, berpantun, bernyanyi, berjoget ria dan senam aerobic. Walikota bersama Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan Wakil Ketua TP-PKK Ny. Hj. Suwandel Muchtar tampak ceria menyaksikan kekocakan yang ditampilkan kader PKK tersebut.

“Mereka pantas menikmati hiburan, untuk memacu semangat,  setelah setahun beraktifitas dengan kegiatan 10 Program Pokok PKK,” ucap Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos, saat memberi sambutan dan membuka outbond serta  pencanangan Bulan Bakti Kelompok Dasa Wisma, ditandai dengan melepas ratusan balon ke udara.

Dalam acara ini juga tampak hadir,  sejumlah pimpinan SKPD, seperti Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB),  Drs. H. Harmayunis, Kepala Perwakilan BPJS Payakumbuh, Kadisdik Hasan Basri Sy, S.Pd, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Antoni Jaya,   camat serta   sejumlah undangan lainnya.

Seluruh kader, terlibat adu kecepatan, kekuatan dan ketangkasan dalam lomba cerdas cermat, lomba membuat sofenir, lomba joget balon, tarik tambang, lomba sanitasi,  lomba pesan berantai dan yel-yel PKK. Puluhan bingkisan disiapkan TP-PKK dalam lomba tersebut.

 

Asiten I Setdako Yoherman mewakili walikota, memberi apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan yang dirancang  TP-PKK bersama BPMP-KB itu. Dukungan camat dan kepala kelurahan  tampak jelas dalam kegiatan dimaksud. Outbound PKK satu-satunya di Sumatera Barat  itu,  sebut walikota,   perlu dipertahankan, guna mempererat jalinan silaturahim sesama kader dan pengurus PKK. Makin kental rasa kebersamaan, makin mudah mengaplikasikan seluruh kegiatan pembangunan PKK, guna mensejahterakan keluarga.

 

Ketua TP-PKK Payakumbuh  Ny. Henny Riza Falepi,  mengemukakan, soal program ke depan dan prestasi yang diraih ibu-ibu PKK Payakumbuh selama ini di tingkat Sumatera Barat. Ia mengatakan, pemilihan Kelurahan Ompang  Tanah Sirah sebagai tuan rumah outbond, karena kelurahan itu akan ikut lomba nasional,  dalam program KB-Kes dan penilaian ketua  dasa wisma berprestasi.

Sepanjang Maret ini, setiap kelompok dasa wisma di Payakumbuh, akan terlibat melakukan pendataan keluarga, pencatatan ibu hamil, menyusui, melahirkan, mencatat kematian ibu hamil, bayi dan balita. Melakukan goro, memanfaatkan pekarangan rumah dengan  berbagai tanaman warung hidup, apotek hidup, pemilihan pengolahan sampah, membuat taman PKK dan kebun percontohan, di bawah binaan TP-PKK kelurahan, kecamatan dan kota.

Sejak  2012 hingga 2014, dikatakan,  PKK Payakumbuh merebut puluhan gelar juara provinsi dan nasional. Bahkan mampu merebut gelar juara umum dalam lomba gerakan PKK Sumatera Barat. Tahun ini, lomba nasional yang akan dihadapi adalah Lomba KB-Kes dan Lomba Administrasi Sekretariat PKK dan  Lomba Cipta menu B2SA (bergizi, berimbang, sehat dan aman).

Dalam acara ini, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara TP-PKK dengan Dinas Kesehatan, tentang STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Kemudian, walikota dan pimpinan SKPD terkait  juga menyerahkan alat gotong royong, bibit sayuran, bibit ikan dan bibit sirsak kepada kepada kelompok dasa wisma dan PKK kecamatan berprestasi di kota ini.

Sementara itu, dari serangkaian lomba yang digelar, tampil sebagai juara umum TP-PKK Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), dengan raupan 2 juara I, 3 juara II, dua juara III dan 1 juara harapan I. Sedangkan, kontingen PKK Payakumbuh Utara, ditetapkan sebagai tim  favorit.

Hasil lengkap lomba dalam rangkaian outbond dan Pencanangan Bulan Bakti Kelompok Dasa Wisma itu, cerdas cermat pememang I/II/III/IV Payakumbuh Selatan, Latina, Payakumbuh Timur dan Latina B. Lomba pesan berantai, pemenang I/II/III,  Payakumbuh Barat, Payakumbuh Barat, Payakumbuh Selatan dan Payakumbuh Timur. Lomba STBM/Cuci Tangan Pakai Sabun, pemenang I/II/III/IV, Ismerta (Latina), Minda Mora (Payakumbuh Utara), Yusniarti (Payakumbuh Timur) dan Mira (Payakumbuh Selatan B).

Tarik tambang, pemenang I/II/III, Payakumbuh Timur, Payakumbuh Utara dan Latina. Lomba membuat sofenir, pemenang I/II/III/IV, Latina, Payakumbuh Utara, Payakumbuh Selatan dan Payakumbuh Selatan. Lomba yel-yel PKK, pemenang I/II/III, Payakumbuh Utara, Latina dan payakumbuh Barat. Lomba joget balon, pemenang I/II/III/IV, Payakumbuh Utara, Latina, Latina B dan Payakumbuh Utara B.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img