24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Forum Advokat Desak Polri Hentikan Kasus BW
F

Kategori -

Puluhan advokat yang tergabung dalam Forum Advokat Tolak Kriminalisasi Profesi Advokat menggelar aksi damai di depan Istana Negara Jakarta, Senin (23/2) sore. Mereka menolak segala bentuk kriminalisasi profesi advokat, khususnya terkait kasus yang menimpa Pimpinan KPK nonaktif Bambang Widjojanto (BW) yang kini berstatus tersangka.

Forum Advokat mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera menghentikan kriminalisasi terhadap profesi advokat dengan memerintahkan Plt Kapolri Badrodin Haiti menerbitkan Surat Perintah Penghentian Perkara (SP3) terhadap kasus BW.

Mereka menganggap BW yang dituduh menyuruh saksi memberi keterangan palsu di sidang sengketa pemilukada Kotawaringin Barat pada 2010 termasuk lingkup dugaan pelanggaran kode etik advokat yang merupakan ranah PERADI, bukan Mabes Polri.

Dalam aksinya, sebagian advokat membawa spanduk kertas bertuliskan “Presiden Harus Hentikan kriminalisasi terhadap Profesi Advokat dan Pengabdi Bantuan Hukum”; “Mendesak Plt Kapolri Badrodin Haiti mengeluarkan SP3 terhadap Kasus BW”; dan “PERADI Segera Ambil Alih Kasus BW.”

Forum Advokat menegaskan keberadaaan Pasal 16 UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat yang menjamin perlindungan bagi profesi advokat. Pasal itu mengatur bahwa advokat yang tidak bisa dituntut baik secara pidana atau perdata saat menjalankan tugas profesinya baik di dalam maupun di luar sidang.

Dalam orasinya, salah seorang anggota Forum Advokat Hermawanto menyampaikan bahwa advokat dan pengabdi bantuan hukum adalah profesi terhormat dan disegani serta dilindungi oleh undang-undang. Oleh karenanya, kata Hermawanto, advokat seharusnya tidak mudah dijadikan tersangka.

“BW menjadi tersangka saat menjalankan profesinya sebagai advokat. Ini artinya, jika BW begitu mudah ditetapkan sebagai tersangka, maka semua advokat Indonesia dengan mudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujarnya lantang.

Ditegaskan Hermawanto, seluruh advokat berkewajiban untuk memastikan adanya jaminan perlindungan profesi advokat agar tidak dilecehkan/diinjak-injak kehormatan dan martabatnya oleh profesi manapun, sehingga tidak mudah dikriminalisasikan.

Dalam kasus BW, Hermawanto menuding Polri telah melanggar Nota Kesepahaman (MoU) yang telah disepakati antara Polri dan PERADI No. B/7/II/2012 dan No. 002/PERADI-DPN/MoU/II/2012 tentang Proses Penyidikan yang Berkaitan dengan Pelaksanaan Profesi Advokat. Pasal 3 ayat (1) MoU itu menyebutkan bahwa proses pemanggilan penyidik kepada advokat yang menjalankan profesinya harus melalui PERADI.

“Namun, MoU ini telah diinjak-injak oleh kepolisian, padahal ketika MoU berlaku, maka ia berlaku seperti layaknya undang-undang,” kata Hermawanto yang merupakan salah satu advokat yang mendampingi BW menjadi kuasa hukum salah satu pasangan kandidat kepala daerah saat bersidang di MK.

Karena itu, pihaknya meminta Polri menghormati dan mentaati UU Advokat dan Nota Kesepahaman Polri dan PERADI Tahun 2012 itu. “Sebab sekali profesi advokat dilecehkan, besok akan lebih direndahkan martabatnya,” teriaknya.

Advokat lainnya, Erman Umar menilai Polri sama sekali tidak menghargai keberadaan UU Advokat dan MoU yang menjamin perlindungan bagi advokat saat menjalankan profesinya. “Advokat tidak bisa dituntut secara pidana dan perdata saat menjalankan tugas profesinya,” kata Erman.

Dia meminta pihak Polri menghormati prosedur hukum yang telah disepakati bersama PERADI ketika ada advokat tersandung kasus hukum proses pemanggilan harus melalui PERADI. “Ini bukan berarti advokat tidak mau diperiksa polisi, tetapi hormati proses yang disepakati,” tegasnya.

“Jadi, kita meminta Presiden Jokowi memerintahkan Plt Kapolri mengeluarkan SP-3 dan PERADI segera mengambil alih kasus BW ini,” desaknya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -