26 C
Padang
Kamis, Februari 25, 2021
Beritasumbar.com

Erwin Yunaz Menjadi Narasumber Dalam Program Suara Publik
E

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com, — Pemerintah daerah terus berupaya mempertahankan kearifan lokalnya dalam kali ini makanan yang sudah melegenda yakni kuliner Rendang, dan Pemerintah Kota Payakumbuh terus berusaha dan berupaya agar kuliner Rendang ini dapat dikenal dunia”, ucap Rina Febria selaku host saat memulai acara live dialog interaktif dalam program Suara Publik di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Sumatra Barat.

Dengan mengusung tema City of Randang, TVRI Sumatra Barat mengundang Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz sebagai narasumber pada Live dialog interaktif membahas tentang Rendang selama satu jam kedepan yang berlangsung di studio utama stasiun televisi nasional, Kamis (29/10/2020).

Pada sesi dialog interaktif City of Randang, Rina menanyakan kepada Wakil Walikota Erwin Yunaz tentang landmark kota Payakumbuh yang awalnya merupakan kota Batiah dan sekarang kota Payakumbuh sudah di re-branding menjadi kota Rendang. Hal ini ditanggapi langsung oleh Wawako itu dengan menyampaikan jika inovasi untuk melakukan re-branding kota batiah menjadi kota rendang muncul saat dia menjabat sebagai orang nomor dua di kota Payakumbuh.

“Saat saya mulai bertugas pada September 2017 itu, yang paling utama saya ingin lakukan yakni untuk meningkatkan daya ungkit dalam usaha dan industri di kota Payakumbuh. Sementara kota Payakumbuh belum mempunyai sentra dan industri yang dapat mendorong daya ungkit lebih, apalagi kota Payakumbuh juga terkenal akan tujuan kota kulinernya, maka hal ini langsung saya lihat untuk mengangkat Rendang menjadi yang utama bagi kota Payakumbuh”, ungkap Erwin Yunaz.

Lebih lanjut, Wawako Erwin Yunaz mengatakan untuk melakukan re-branding menjadi kota Rendang tidaklah mudah karna butuh pengakuan atau penghargaan dalam kuliner Rendang yang harus dimiliki kota Payakumbuh, dan ternyata hal ini telah dimiliki kota Payakumbuh sejak dari tahun 2013 silam, dimana kota Payakumbuh diberi penghargaan dan diakui sebagai kota penghasil rendang dari provinsi Sumatra Barat.

“Dan dengan telah diakui Provinsi Sumatera Barat ini, kota Payakumbuh mendirikan kampung rendang yang dimana didalamnya terdapat 23 jenis varian rendang yang sudah didata dan tentu hal ini juga masih banyak varian lain yang belum terdata, karna sebenarnya apapun itu tentu bisa diolah menjadi rendang, tidak hanya dari daging, rendang bisa dibuat dari sayuran dan buah serta banyak bahan lain yang dapat diolah jadi rendang tentuny”, lanjutnya kembali.

Tidak hanya itu, Erwin juga menyampaikan jika kota Payakumbuh sudah memiliki rumah potong hewan modern yang tentu mampu melakukan pemotongan sapi secara lebih cepat dan efisien sehingga dapat meningkatkan produksi kerja secara maksimal.

“Tidak cukup sampai disitu saja, saat ini kota Payakumbuh juga sudah memiliki sentra rendang. Dimana sentra rendang ini hadir bertujuan untuk menaungi para pelaku usaha rendang yang ada di kota Payakumbuh sehingga pelaku IKM ini nantinya dapat maju dengan dibantu oleh pemerintah daerah tentunya”, ujar Erwin.

Menurut Erwin saat ini sentra rendang kota Payakumbuh baru bisa memproduksi rendang masih ratusan kilo perharinya, dan target kedepan dari orang nomor dua di kota Payakumbuh itu jika sentra rendang dapat melakukan produksi sebanyak 10 ton perharinya.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Wakil Walikota Erwin Yunaz, Rina Febria selaku host turut mendoakan kota Payakumbuh kedepannya menjadi kota penghasil rendang nomor satu di Sumatra Barat bahkan nasional,

“sehingga produksi rendang kota Payakumbuh dapat kita temui dimanapun di Indonesia bahkan sampai mancanegara harusnya”, tukas Rina saat dialog interaktif pada program Suara Publik itu ditutup.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...
- Advertisement -

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi

Dengan tema "Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi", Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).
- Advertisement -

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH

Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi

Dengan tema "Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi", Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian

Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -