24 C
Padang
Selasa, September 28, 2021
Beritasumbar.com

DPT Padang Pariaman Ditetapkan
D

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman telah menetapkan sebanyak 282.851 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu 17 April 2019 nanti. Kegiatan tersebut berlangsung di Hall Ibu Kota Kabupaten (IKK) Parit Malintang, Senin (20/8). Dan terjadi penambahan pemilih sebanyak 7.006 pemilih dibandingkan dengan DPT Pilkada 2015 yang berjumlah 275.845. Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi kepada beritasumbar.com usai acara penetapan DPT.
Katanya, penambahan jumlah pemilih ini didominasi oleh pemilih pemula dan penduduk yang belum ber-KTP (elektronik) yang saat ini sudah punya KTP. “KPU mengapresiasi Pemda Padang Pariaman cq. Disdukcapil yang telah berhasil mengejar target perekaman pemilih pemula dan penduduk non-KTP elektronik sehingga beberapa hari sebelum penetapan DPT ini sebanyak 7.627 penduduk sudah berKTP dan bisa dimasukkan ke DPT,” ujar Zulnaidi.
Dia menjelaskan, ada sekitar 138.518 pemilih laki-laki dan 144.333 perempuan dalam DPT kali ini. Semuanya tersebar di 17 Kecamatan, 103 nagari dan 1.350 TPS. “Kami meyakini dan berkomitmen data ini adalah data faktual yang kualitasnya bisa kami pertanggungjawaban, karena melewati tahap dan proses yang terus kami kontrol dan koordinir mulai dari tahap pendataan yang benar-benar dilakukan Pantarlih dilapangan, dan selanjutnya diproses secara berjenjang dan terus diperbaiki sesuai dengan perkembangan dan masukan dari banyak pihak,” terang Zulnaidi.
Dengan itu, Ketua KPU menghimbau seluruh komponen lembaga, dan perorangan sesuai peran dan kewenangannya, untuk terus memberikan kontribusi dalam menyukseskan pemilu 2019, terutama membantu memotivasi dan menginformasikan jika masih ada pemilih yang belum rekam KTP, agar segera rekam termasuk calon pemilih pemula yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 17 april 2019 esok, karena syarat pemilih bisa mencoblos harus punya KTP elektronik.
Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan selamat atas kerja keras KPU 4 bulan terakhir ini dalam memastikan data pemilih pemilu 2019 bisa valid dan berkualitas, terutama karena data pemilih adalah komponen penting dalam pemilu. “Tidak ada pemilu bila tidak ada pemilih, karena itu DPT ini adalah komponen utama bisa atau tidaknya pemilu dilaksanakan,” ulas Suhatri Bur. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

1 Bulan Magang Di Kehumasan Diskominfo Payakumbuh, Ini Kata 4 Mahasiswa UPI YPTK Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sudah sebulan lamanya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang melaksanakan magang di Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh sejak 23 Agustus silam.
- Advertisement -

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.

Lapas Kelas IIA Padang Lakukan Perang Terhadap Alat-alat Illegal

Padang,BeritaSumbar.com,- Musibah kebakaran yang menewaskan puluhan warga binaan beberapa waktu lalu di Lapas Kelas 1 Tangerang masih meninggalkan duka yang mendalam. Untuk mengantisipasi terjadi kejadian serupa, Kementerian Hukum dan HAM RI melakukan langkah langkah pencegahan diseluruh lapas dan rutan diindonesia.
- Advertisement -

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.

Edukasi Universal Precaution Pada Masyarakat Oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Sejak kemunculan infeksi coronavirus novel (2019-nCoV) pada bulan Desember tahun 2019 di Wuhan, infeksi ini menyebar dengan cepat ke seluruh Cina dan banyak negara lain. Penyakit 2019-nCoV dan telah menjadi masalah kesehatan global utama di dunia
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dinkes Padang Pariaman Selenggarakan KIE Keamanan Pangan

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan...

Jenis Aplikasi Menguntungkan di Ruang Digital, Ini Pembahasan Lengkapnya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Jenis aplikasi yang tepat dan menguntungkan untuk dioptimalkan, dibahas secara mendalam Kementerian Kominfo RI lewat sebuah webinar di Kabupaten Padang Pariaman, Senin (6/9).

Waspada Bahaya Kejahatan di Ruang Digital Dibahas di Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Kementerian Kominfo RI membahas tentang bahaya kejahatan di ruang digital. Paparan disampaikan secara daring dan diikuti ratusan pelajar di Kabupaten Padangpariaman, Kamis (2/9).

Pengenalan dan Demontrasi Pestisida Nabati Ramah Lingkungan di Nagari Campago, Kampung Dalam

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Nagari Campago adalah nagari yang berada di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Indonesia. Nagari ini terdiri dari 12 korong, yaitu Toboh, Bukik Gonggang, Kampung Dalam, Anjung, Kampung Tanjung, Sungai Jilatang, Kajai, Bayua, Campago, Bukim Caliak, Padang Manih, Kampung Pauah. Luas nagari : 9,86 km2 dari luas wilayah Kec. V Koto Kampung Dalam.

Pelantikan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Padang Pariaman

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Padang Pariaman mengadakan pelantikan pengurus baru di Hall Saiyo Sakato, Senin, 20/09 atau 13 Shafar 1433...

Peringati Hari Jadi Lalu Lintas, Satlantas Polres Padang Pariaman Gelar Baksos

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Padang Pariaman menggelar bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Jadi Lalu Lintas dan Operasi Patuh Singgalang...

Diduga Lakukan Penganiayaan Berat, 4 Pria Ini Dibekuk Tim Gagak Hitam

Padang Pariaman ,BeritaSumbar.com,- Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Batang Anai dan Polsek Lubuk Alung berhasil menangkap pelaku yang diduga melakukan penganiayaan berat yang dilakukan oleh empat orang bersama-sama, pelaku tersebut inisial AJH (30), RAA (23), YA (18), dan RYP (18). Keempat pelaku itu ditangkap di Durian Tarung, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, pada Jumat 17/9/2021 sekira pukul 18:00 WIB.

Di Padang Pariaman, Kemenkominfo Ulas Tips menjadi orangtua sukses mendidik generasi alpha

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Menjadi orang tua dari generasi alpha atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar abad ini, bukan hal yang mudah.

Tingkatkan Kedisiplinan Personil, Propam Polres Padang Pariaman Laksanakan Gaktibplin

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Usai melaksanakan apel pagi, Kasi Propam Polres Padang Pariaman Ipda Agus Zainal, SH memimpin Operasi Penegakan, Ketertiban, dan Disiplin...

Kenali Ciri dan Dampak Korban Cyber Bullying, Ini Kata Akademisi UNP

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Ciri-ciri korban bullying antara lain, tidak ingin bersekolah, perubahan mendadak dengan cara bicara, pengaduan berulang secara fisik, sering menangis, dan menarik diri dari pergaulan.
- Advertisement -