32 C
Padang
Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DPRD Kota Payakumbuh Gelar Paripurna Istimewa HUT Kota Payakumbuh ke 53
D

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- DPRD Kota Payakumbuh gelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka hari jadi Kota Payakumbuh yang ke 53 tahun ini. Kegiatan diadakan diruangan rapat lantai 2 Kantor DPRD Kota Payakumbuh pada Sabtu 17/12/23.

Rapat paripuran Istimewa HUT Kota Payakumbuh ini dibuka oleh Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus ST bersama Wakil Ketua Wulan Denura, S.ST dan Wakil Ketua Armen Faindal, SH. Tema di peringatan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh yang ke 53 tahun ini “Berinovasi dan Berkolaborasi Untuk Payakumbuh Terus Berprestasi” Kata Hamdi sambil ketukan palu sebagai tanda rapat resmi dibuka.

Dalam rentang waktu 53 tahun para tokoh Kota Payakumbuh silih berganti berkarya untuk Kota Payakumbuh lebih baik. Peringatan HUT Kota Payakumbuh ini merupakan salah satu cara mengenang dan menghargai jasa jasa para tokoh Kota payakumbuh tersebut, Kata Hamdi Agus.

Tidak lama lagi bangsa ini akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih anggota DPRD Kota/Kabupaten, Provinsi, DPR RI, DPD RI dan pemilihan presiden. Oleh sebab itu mari kita sukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang. Suksesi pemilu merupakan tanggungjawab kita bersama, tanpa kecuali, kata Hamdi. Hamdi Juga mengatakan bahwa paripurna HUT Kota Payakumbuh hari ini merupakan yang terakhir bagi anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024.

Kami juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat terus bekerja, bergerak untuk terus maju. Semoga nasehat para niniak mamak, alim ulama bundo kandung semoga kota ini terus diberkahi Alloh. Saling mendukung, berkolaborasi dan bersinergi akan melahirkan inovasi dan kemajuan untuk kota payakumbuh.

Apa yang kita lihat hari ini adalah keseriusan yang dilakukan oleh pemeringah kota bersinergi dengan DPRD kota payakumbuh. Terimaksih kepada Pj Wali kota, sekda, sekwan dan semua pihak yang terlibat dalam perayaan hut kota ini. Sehingga berlangsung sukses, meriah dan dirasakan oleh masyarakat Kota Payakumbuh, kata Ketua DPRD Kota Payakumbuh sembari menutup kata sambutan pembukaan rapat paripurna tersebut.

Rapat Paripurna dihadiri langsung Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman, Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Erinaldi, MM, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia, Wakil Ketua DPRD Sumbar, H. Irsyad Syafar, Lc, Wali Kota dan Bupati se-Sumatera Barat, Kapolres Payakumbuh, Kejari, Dandim 0306 50/Kota, Ketua PN, Sekda serta Forkopimda Kota Payakumbuh, tokoh masyarakat Payakumbuh yang juga guru besar UNP Prof Aldri Frinaldi, Mantan Wali Kota Payakumbuh Joserizal Zaen, Sekwan Yon Refly, Kepala OPD, Camat, Lurah se-Kota Payakumbuh, tokoh-tokoh masyarakat, LPM, KAN, LKAAM, PKK, Bundo Kandung, Kepala Sekolah, sertai tamu undangan lainnya.

Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa hasil kemajuan kota yang kita nikmati hari ini tidak lepas dari perjuangan para pendahulu kita. Pengabdian terbaik para pemimpin Kota Payalumbuh semoga menjadi amal jariah bagi kepala kepala daerah Payakumbuh.

Saya mohon dukungan kita semua untuk dapat menjalankan tugas. Sesuai arahan mendagri tugas penting yang harus dilakukan Pengendalian inflasi, pengurangan kemiskinan Ekstrim, penurunan revelensi Stunting dan mensukseskan pemilu serentak 2024.

Insflasi berhasil ditekan, dan dapat penghargaan dari pemerintah pusat dan berhak mendapat dana viskal 9 M lebih. Terkait kemiskinan ekstrim, dilakukan pendekatan beban pengeluaran bagi keluarga miskin, bantuan kepada penyandang disabilitas, rumah tidak layak huni, gerakan sedekah 1000 sehari, dan peningkatan penghasilan bagi keluarga miskin dengan pelatihan. Angka 41 kk tahun 2022 menjadi 36 kk tahun 2023 dapat apresiasi terbaik di indonesia tahun 2023 dan dapat 6,78 m. Kita ditargetkan tahun 2024 nol persen.

Penurunan pravelasni stanting melalui kalobarasi dan pendekatan oleh dinas kesehatan, kemudian dinas PUPR menyediakan air bersih, pendidikan oleh disdik, ketahanan pangan, dan kerjasama dengan Baznas serta program orangtua asuh oleh OPD.

Tugas berat kami mengawal dan memastikan pemilu serentak berlangsung aman, damai dan sukses. Kita sudah deklarasikan pemilu damai. Kita minta semua pihak untuk menjadikan pemilu serentak aman, tertib, damai dan lancar. Ini momentum bagi bangsa indonesia menjadi indonesia emas tahun 2045.

Gubernur Sumbar Erinaldi, mengapresiasi kemajuan Kota Payakumbuh yang terus bergerak kearah yang positif diberbagai sektor. Dia juga mengingatkan agar HUT Kota Payakumbuh yang dirayakan oleh tahun ini tidak hanya sekedar serimonial belaka. Masih banyak PR dan tugas besar yang harus diselesaikan bersama sesuai dengan tema HUT Kota Payakumbuh.

“Peringatan HUT kota bukan seromonial semata. Payakumbuh membanggakan bagi Sumatera Barat. Dan pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi kepada pemerintah kota, DPRD, aparat penegk hukum, tokoh adat, masyarakat. Dan diharapkan bisa terus terjaga.

Tokoh Masyarakat Kota Payakumbuh Prof Aldri Firinaldi, dalam sambutannya mewakili Masyarakat Kota Payakumbuh menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas HUT Kota Payakumbuh ke-53 tahun ini. Silih berganti Wali Kota Payakumbuh dari masa-kemasa, telah benyak meninggalkan perubahan kearah yang positif bagi kemajuan Kota Payakumbuh.

Perjalanan panjang 53 tahun sangat bersejarah bagi kota payakumbuh. Telah banyak mengalami pahit getir dan manis dalam membangun Payakumbuh. Dari waktu kewaktu terus mengalami kemajuan. Cerminan komitmen nyata, ini merupakan bentuk pertumbuhan kota. Ini tidak hanya tentang masa lalu tetapi juga amasa depan. Kemajuan yang dicapai kota ini harus kita apresiasi pemerintah kota bersama stakeholder yang lain.(lipsus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img