28 C
Padang
Kamis, September 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dosen FPK UNP Edukasi Ibu Hamil Di Nagari Lubuk Alung
D

- Advertisement -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Dosen Departemen Keperawatan Falkultas Psikologi dan Kesehatan Negeri Universitas Negeri Padang (UNP) mengembangkan potensi kader ibu hamil  dalam pencegahan Stunting dan Peresmian rumah sehat kelas prenatal endorphin message   di Nagari Lubuk Alung 2024

Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (FPK UNP) yang di ketuai oleh Ns. Maidawillis, S.Kep. M.Biomed berserta anggota Ns.Miswarti, M.Kep.Sp.Kep.J dan dr.Prima Minerva, M. Biomed, mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah diberikan sebelumnya tentang pelatihan endorphin message pada kader  ibu hamil di Korong Koto Buruak. 

Keterampilan Endorphin Message tersebut tahun ini dikembangkan dalam Skala Nagari guna menyebarluaskan keterampilan endorphin message pada kader ibu hamil, sehingga potensi kader bisa mencegah kejadian stunting secara dini dan menghasilkan income untuk Nagari Lubuk Alung.  

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan endorphin message pada semua pihak baik pemerintahan nagari,  tenaga kesehatan, keluarga ibu hamil, dan masyarakat nagari Lubuk Alung, kegiatan berikutnya memberikan pelatihan pada kader-kader ibu hamil yang meliputi korong-korong yang ada di nagari Lubuk Alung (Korong Koto Buruk, Korong Ganting, Korong Kayu Gadang, Korong Padang Baru, Korong Kampung Koto, Korong Surantiah, Korong Pasar Mudiak, Korong Kampung Durian) yang menjadi narasumber adalah Prof. Dr.Wilda Welis, M. Kes dan Dra. Darmi, M.Pd. Kegiatan berikutnya mengaplikasikan penatalaksanaan endorphin message oleh para kader pada ibu hamil trimester III yang bertempat di rumah percontohan kelas prenatal endorphin message. 

Kegiatan selanjutnya menginventaris potensi kesehatan  di  Nagari Lubuk Alung dan menemukan peluang usaha pendukung kelas prenatal endorphin message serta mengenalkan (promosi) kegiatan kelas prenatal endorphin message (peresmian rumah sehat kelas prenatal endorphin message). 

Adapun metode pelaksanaan dari kegiatan pengabdian ini  di awali dengan diskusi master plane kegiatan dengan pihak nagari Lubuak Alung yaitu Bapak Wali Nagari Lubuk Alung  Yastri Irpano, St. Mt serta jajaran nagari, selanjutnya penentuan tempat pelaksanaan rangkaian kegiatan, dan pelaksanaan kegiatan disepakati juga dengan pemerintahan Kecamatan Lubuk Alung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman. 

Pemerintahan kecamatan Lubuk Alung di wakili oleh Sekretaris Camat Lubuk Alung Ibu Novri Yanti, SKM.MM, Bapak Wali Nagari Lubuk Alung yang diwakili oleh Kasi Pelayanan Kenagarian yaitu Bapak Yardi, SH dan Pimpinan Puskesmas Sikabu Lubuk Alung yang diwakili oleh Bidan Desa Ibu Susanti, AMd Keb. 

Lokasi kegiatan pertama dilaksanakan di Mesjid Mujahirin Nagari Lubuk Alung pada tanggal 18-19 Juli 2024. Pelaksanaan berikutya pada tanggal 25 Agustus 2025 mengevaluasi kemampuan kader dalam melaksanakan endorphin massage di laksanakan di rumah percontohan kelas prenatal endorphin message di Korong Koto Buruak (Rumah Sehat Kelas Prenatal Endorphin Massage), dimana rumah sehat ini yang akan menjadi pusat penatalaksanaan Kelas Prenatal Endorphin Message Ibu Hamil di Nagari Lubuk Alung. 

Rumah Sehat kelas prenatal Endorphin Message salah satu upaya pengembangan promosi bahwa Nagari Lubuk Alung adalah nagari yang sudah memiliki kelas prenatal pencegahan stunting dengan icon endorphin message.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img