24 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

DIRJEN SDA JANJIKAN TUNTAS PENATAAN DAN NORMALISASI SUNGAI BATANG AGAM
D

Kategori -

Tidak hanya menyerahkan dua unit alat berat, berupa exkavator dan becholauder buat Payakumbuh, tapi Dirjen Sumber Daya Air Kemenpupera RI, diwakili Direktur Sungai dan Pantai Haris Prayogi,  yang datang ke Payakumbuh, Kamis (18/2),  juga menjanjikan akan menuntaskan pembangunan penataan dan normalisasi serta pembangunan jalan inspeksi pada kedua sisi Sungai Batang Agam Payakumbuh. Direktur Haris, menyatakan akan mengawal pembangunan penataan dan normalisasi pada sepanjang aliran sungai  tersebut.

Kunjungan Direktur Sungai dan Pantai Haris Prayogi ke Payakumbuh,  menengok persiapan pemko melalui Dinas PU kota ini, mempersiapkan perencanaan pembangunan penataan dan  normalisasi Sungai Batang Agam serta jalan inspeksi itu. Pemerintah pusat sudah menganggarkan dalam APBN 2016, dana pembangunan tahap  pertama sebesar Rp60 Miliyar.

Rencana awal, pekerjaan cek dam  sungai dimaksud akan dimulai di kawasan Kelurahan Sungai Pinago dan Ibuah, Payakumbuh Barat.  Pembebasan tanahnya sudah dilakukan. Kegiatan strategis dan manumental itu, akan memakan waktu sekitar 3 atau 4 tahun ke depan, sepanjang 1,3 Km.  Direktur Sungai dan Laut Haris meminta Walikota Riza Falepi, untuk membebaskan tanah cukup luas, karena lebar badan jalan,  dan taman  pada kedua sisi sungai lebih 30 meter.

Sungai Batang Agam, dari Kelurahan Balai Panjang, di Payakumbuh Selatan sampai ke Kelurahan Payobasung, di Payakumbuh Timur, sepanjang 12,6 Km, akan menjadi daya tarik dan pertumbuhan ekonomi baru di Payakumbuh. Dikedua sisi jalan pada beberapa titik akan dilengkapi taman dan ruang publik serta jogging track.

“Karena itu, kita akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi secara intensif dengan pemerintah pusat. Proyek ini diharapkan tak berhenti dan berlanjut terus beberapa tahun ke depan,” sebut walikota.

Dalam kunjungan dua jam di Payakumbuh itu, Direktur Haris dan rombongan, dibawa Walikota H. Riza Falepi bersama Kadis PU Marta Minanda serta seluruh kabid di Dinas PU, ke sepanjang aliran Sungai Batang Sinamar di Tanjung Anau dan Sungai Batang Agam di Payobasung, Ibuah serta Tanjung Pauh dan Sungai Pinago. “Proyek ini akan kita dukung sepenuhnya Pak Riza (walikota, Red),” ungkap Haris.

Sementara, dua alat berat senilai Rp3,5 Miliar yang diterima, merupakan reward Kemenpupera atas prestasi Payakumbuh  meraih gelar juara pertama dalam Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (PKPD) Bidang Pekerjaan Umum Sub. Bidang Pengairan dan Cipta Karya. “Kinerja Payakumbuh dalam bidang ke-PU-an sangat baik,” tegas Haris ketiak menyerahkan kunci axavator dan bacholauder kepada walikota.

Sambil makan siang di ruang walikota, rombongan tamu dari Kemepupera berjumlah 12  orang itu, juga melakukan dialog dengan jajaran PU Payakumbuh. Acara ini, ikut dihadiri Sekdako H. Benni Warlis, Asisten I Setdako Yoherman, Asisten II Amriul dan Asisten III Iqbal Bermawi, Kabid Pengairan Muslim, Kabid Cipta Karya Delni Putra serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -