30 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Dini Hari Rumah Warga Di Padang tongah Balai Nan Duo Dilahap Sijago Merah
D

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih, pada Selasa (30/6), pukul 04.15 Dini hari tadi telah terjadi peristiwa kebakaran yang menghanguskan 1 rumah warga di kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat.
Nel Nasmi (63) bersama keluarganya yang berjumlah 7 orang harus menghadapi musibah yang menghanguskan seluruh isi rumahnya, hanya dua motor yang bisa diselamatkan dari dalam rumah saat kejadian. Karena rumah yang dihuninya sebagian besar berbahan dasar papan, sehingga membuat api mudah membesar.
Saking besarnya si jago merah, rumah didekatnya juga sempat dilahap api, beruntung sebelum api merambat lebih jauh, petugas Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh yang datang dengan tangkas menjinakkan si jago merah dalam waktu kurang lebih satu jam.
Kasatpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra menceritakan berawal dari petugas yang menanggapi laporan dari masyarakat yang menelpon ke posko kalau ada kebakaran di Padang Tangah Balai Nan Duo.
“Kabid Damkar Budy Kurniawan melalui Kasi Ops Ahdion memerintahkan Danru 2 Azwardi untuk langsung ke lokasi bersama armada dan personil untuk melakukan pemadaman dan Penyelamatan. Kita menurunkan 3 unit kendaraan pemadam dan dibantu 2 kendaraan dari Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkapnya.
“Mari hindari potensi adanya kebakaran dan segera laporkan kepada kami melalui nomor telepon (0752) 92913 apabila terjadi kebakaran. Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran ini, karena menurut info warga saat awal kebakaran lampu tetap hidup dan tidak mati,” ujarnya didampingi Kabid Damkar Budy Kurniawan dan Kasi Sarpras Dony Bahtiar.
Dinas Sosial Langsung Berikan Bantuan

Pemerintah Kota Payakumbuh segera mengambil langkah dengan langsung menyerahkan bantuan kepada 3 KK yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat.
Penyerahan bantuan berupa alat masak, matras, selimut, perlengkapan dapur, perlengkapan bayi, dan logistik lainnya itu dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda pada Selasa (30/6) siang. Turut mendampingi Kasatpol PP dan Damkar Devitra, Sekretaris Dinsos Doni Prayuda, Kabid Pemberdayaan Sosial Ance Alfiando, Kabid PRJS Friza Susanti, serta jajaran pemko lainnya.
“Ada 3 KK yang terkena dampak, semoga bantuan dari pemerintah ini dapat bermanfaat sebagai pengobat hati warga yang sedang dilanda musibah,” pesan Sekda.
Sekda juga berpesan kepada lurah agar bisa menggerakkan masyarakat dan perantau untuk saling membantu meringankan beban warga yang dirundung duka akibat musibah kebakaran ini.
“Kita berpesan kepada warga lainnya, selalu waspada dengan kebakaran yang bisa terjadi kapan saja, laporkan segera kepada petugas Damkar yang siaga 24 jam,” kata Sekda Rida. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...
- Advertisement -

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).
- Advertisement -