23 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dikukuhkan Sebagai Nagari Konstitusi, Zul Arfin: Jalan Lobi ke Pusat Terbuka Luas
D

Kategori -
- Advertisement -

Agam, beritasumbar.com — Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dikukuhkan sebagai nagari konsitusi, Sabtu (28/8/2021).

Penetapan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi, melalui surat nomor 68/UN16.R/TU/2021 tertanggal 7 Juni 2021, yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH,. MH.

Nagari Pasia Laweh diusulkan oleh Universitas Andalas untuk dikukuhkan sebagai nagari Konstitusi, melalui nagari development center (NDC).

Acara pengukuhan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi itu, dihadiri Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman beserta para sejumlah anggota MK, dan beberapa menteri diantaranya, Menteri Kehutanan dan Menteri Desa PDTT, serta Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

Pengukuhan Nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi bertempat di pondok pesantren Darul Ulum Al Falah, Palibatan tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh ketua MK.

Bupati Agam Andriwarman kepada media ini mengatakan bahwa, baru dalam jangka waktu 5 bulan jadi Bupati, sudah banyak mentri yang datang ke Kabupaten Agam.

“Alhamdulillah, perhatian pemerintah pusat khususnya ke Kabupaten Agam sangat-sangat luar biasa, selaku Bupati saya sangat bangga. Mudah-mudahan nantinya ke sejahteraan masyarakat bisa terbantu,” ucapnya.

Ia mengatakan, satu kendala dialami Kabupaten Agam yaitu, dengan Covid19 banyak anggaran-anggaran terpotong dengan refocusing.

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin Dt. Parpatiah mengatakan, nagari Pasia Laweh merupakan salah satu contoh masyarakat hukum adat di Sumbar, yang dapat membuktikan kebenaran konstitusi dari pasal 18 B ayat (2) UUD 1945.

Terkait penyematan gelar adat kepada Ketua MK yaitu, Datuak Raja Alam Batuah, menurut dia, merupakan penghargaan ke Ketua MK, berkaitan telah berjasa kepada nagari.

“Sebagai nagari konstitusi, secara nasional itu sudah memberikan penghargaan. Dengan adanya penghargaan ini, tidak terbayangkan beberapa menteri datang pada pengukuhan nagari Pasia Laweh sebagai Nagari Konstitusi,”

“Pada hari ini (Sabtu 28/8/2021, red), pejabat-pejabat tinggi negara datang ke nagari Pasia Laweh, merupakan sebuah penghargaan. Maka itu lah dianggap sebuah dasar pertimbangan untuk memberikan kepada Ketua MK, yaitu gelar adat Datuak Raja Alam Batuah,” paparnya.

Menurut dia, dengan dikukuhkan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konsitusi, akan berdampak besar bagi nagari Pasia Laweh, khususnya masyarakat secara umum.

“Yang pasti tentunya, nagari memiliki hubungan baik dengan pemerintah pusat, yang tentunya jalan melakukan lobi-lobi ke pusat terbuka luas, guna meraih dana untuk pembangunan nagari Pasia Laweh,” ungkapnya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img