24 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Di Padang, Membuang Sampah Sembarangan akan Dipidana
D

Kategori -

Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, mulai Maret 2015 menerapkan sanksi pidana ringan terhadap warga yang melanggar Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan.

“Perda itu diberlakukan sejak 1 Januari 2015. Namun sanksi baru akan diterapkan mulai Maret,” kata Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Andre Algamar di Padang, Senin.

Ia mengatakan, dari Januari hingga Februari 2015, Satpol PP menerapkan pendekatan persuasif, dan dua bulan itu dinilai telah cukup. Terlebih telah dilakukan sosialisasi kepada 11 kecamatan di Kota Padang.

“Pendekatan persuasif telah dilakukan selama dua bulan, sosialisasi tentang Perda dalam bentuk penyuluhan dan spanduk juga telah dilakukan di seluruh kecamatan. Jadi Tipiring sudah bisa dikenakan bagi yang melanggar mulai Maret,” katanya.

Andre menyebutkan, dua bulan masa pendekatan persuasif telah ditemukan sekitar 20 warga yang kedapatan sembarangan membuang sampah.

“Mereka tertangkap tangan oleh petugas dan mendapat peringatan serta membuat surat perjanjian bermaterai yang berisi tidak akan mengulangi perbuatan yang sama,” jelasnya.

Saat ditanyai apakah seluruh kawasan sudah bisa terawasi oleh Satpol-PP sebagai penegak Perda, ia mengatakan belum seluruhnya.

Masih terdapat dua kawasan yang belum terjangkau, karena kekurangan jumlah personel Satpol-PP. Dua kawasan itu adalah Pasir Jambak, Kecamatan Koto Tangah, dan Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan.

Pada bagian lain, Pengadilan Negeri Kelas I A Padang mengatakan pihaknya siap untuk menyidangkan perkara Tindak Pidana Ringan yang diatur dalam perda kebersihan itu.

“Pemberlakuan Perda Kebersihan yang di dalamnya mengatur pidana ringan, pengadilan siap mendukung penegakan aturan yakni nyidangkan pelanggar,” kata Humas Pengadilan Negeri Padang yang juga merupakan hakim, Siswatmono Radiantoro.

Ia menjelaskan, dalam perkara tipiring hakim yang akan menyidangkan akan selalu sama setiap perkara, berbeda dengan perkara pidana lainnya.

“Hakim yang menyidangkan perkara tipiring tidak diganti-ganti, sedangkan perkara lainnya penetapan hakim dilakukan per perkara yang masuk. Biasanya yang menjadi hakim tipiring adalah saya, dan Mahyudin,” ungkapnya. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...
- Advertisement -