31 C
Padang
Jumat, Desember 8, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Desa Wisata Apar: Perpaduan Keindahan Alam, Budaya dan Kearifan Lokal di Kota Pariaman
D

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman,Beritasumbar.com,- Kota Pariaman merupakan salah satu di provinsi Sumatera Barat yang mempunyai banyak destinasi wisata yang mempesona, salah satunya adalah Desa Wisata Apar. Yang membuatnya  istimewa adalah keberadaan Desa Wisata Apar yang menjadi juara tiga Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Dan Desa Wisata Apar menjadi contoh utama bagaimana destinasi wisata dapat menjadi destinasi edukatif dan inspiratif.

Ketika Anda berkunjung ke desa ini, Anda akan menjadi  pelajar yang mengeksplorasi keindahan alam, budaya, dan kearifan lokal. Sebuah pengalaman yang tidak hanya menarik perhatian Anda tetapi juga menginspirasi pengetahuan dan apresiasi Anda terhadap kekayaan budaya dan alam Indonesia.

Desa ini menjadi perwujudan  harmoni yang sempurna, memadukan alam, budaya, dan kearifan lokal. Hanya sekitar 50 km dari kota Padang,  kurang dari 2 jam perjalanan akan membawa Anda ke destinasi indah ini.

Di sini pengunjung akan menemukan beragam aktivitasi, mulai dari menelusuri hutan bakau yang indah dan sejuk hingga pantai yang jernih dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Tak hanya itu, desa ini juga memiliki pusat konservasi penyu yang bisa memberikan edukasi dalam pelestarian penyu kepada pengunjung.

Namun yang  paling menonjol adalah upaya pengelola dalam menjaga kearifan lokal. Dalam atraksi “Beruk di Baruak Science College”, pengunjung dapat menyaksikan bahkan berpartisipasi saat beruk-beruk cerdas memetik buah kelapa tua dan muda.

Uniknya, ketika para beruk berhasil melepaskan kelapa, mereka dengan senang hati akan memberikan kelapa tersebut kepada pengunjung agar bisa menikmati segarnya kelapa  langsung dari pohonnya. Selanjutnya pengunjung bisa menjelajahi hutan bakau atau hanya sekedar duduk santai di bawah pohon pinus di tepi pantai dan menikmati hembusan angin laut yang membuat perasaan tenang dan fikiran menjadi segar kembali.

Bukan hanya keindahan alam saja yang menjadi daya tarik Desa Wisata Apar. Masakan lokal yang lezat dan kerajinan kreatif juga akan menjadi bagian dari pengalaman tak terlupakan di sini. Pengunjung  bisa menikmati hidangan lezat seperti gulai kapalo lauak¸sala lauak, langkitang, kerang, dan masih banyak lagi. Sambil menjelajah, kita juga bisa melihat berbagai kerajinan lokal seperti kerajinan kulit, bordir, dan produk kreatif berbahan dasar pohon pisang yang juga diperjual belikan kepada pengunjung sebagai oleh-oleh.

Jadikan Desa Wisata Apar di Kota Pariaman sebagai destinasi tujuan Anda selanjutnya. Saksikan keindahan alam, nikmati kekayaan budaya, dan pelajari pengetahuan lokal yang menarik. Selain itu, mendukung masyarakat lokal memainkan peran penting dalam pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Jangan lupa untuk mendapatkan inspirasi dari pengalaman  menjelajahi keindahan Indonesia yang tak terhitung jumlahnya dan mari kita ciptakan kenangan tak terlupakan dan berupaya melestarikan keajaiban alam dan budaya negara kita di setiap kunjungan. Desa wisata Apar di Pariaman menanti anda dengat sambutan hangatnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img