26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Camat Dan Lurah Dua Kecamatan Syudi Banding Ke Riau
C

Kategori -

Dua pemerintahan kecamatan di Kota Payakumbuh, masing-masing  Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau, selama tiga hari, 7-9 Desember 2014.

Kunjungan kerja dalam rangka studi komperatif itu, dipimpin langsung kedua camat kecamatan bersangkutan. Camat Payakumbuh Barat  H. Nurdal membawa 22 kepala kelurahan beserta sekretaris kecamatan H. Deldi Anggoro dan sejumlah staf. Sementara, Camat Payakumbuh Selatan Herlina, menyertakan sekretaris kecamatan H. B. Nasution serta sembilan kepala kelurahannya dan beberapa staf kecamatan.

Rombongan studi koperatif kedua kecamatan ini,  dilaporkan Camat Payakumbuh Barat Nurdal, Rabu (10/12),  diterima Camat Bukit Raya Kota Pekanbaru, Fiora Helmi, di aula kantor camat setempat, Senin (8/12).

“Kami sangat senang dengan kedatangan dunsanak-dunsanak kami dari Kota Payakumbuh. Kami tak obahnya seperti menyambut saudara sendiri, karena 40 persen warga kami di Pekanbaru adalah urang awak”, sambut Fiora yang mengaku berasal dari Rimbo Panti Kabupaten Pasaman.

Dikatakan, sebagai bagian dari perkembangan pesat Kota Pekanbaru, Kecamatan Bukit Raya turut mengambil peran penting didalamnya.

“Alhamdulillah tahun lalu, Kecamatan Bukit Raya berhasil menjadi Juara II Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Propinsi Riau dan Juara I untuk tingkat Kota Pekanbaru”, papar Fiora yang juga merupakan sumando rang Kubang Kabupaten Limpuluh Kota.

Dalam eksposenya Camat Bukit Raya secara gamblang menjelaskan konsep pembangunan kota Pekanbaru.  “Pekanbaru saat ini sedang menuju kepada sebuah kota metropolitan yang mengusung konsep Smart City, Liveable City, and Green City.

Dikatakan, untuk mencapai itu, Pemerintah Kota Pekanbaru membuka peluang investasi seluas-luasnya. Proses perizinan dipermudah dan aparatur pemerintah dituntut untuk mampu memberikan pelayanan terbaik. “Pak walikota menuntut kami para camat dan lurah untuk bisa menjual keunggulan Pekanbaru.

Kami harus menjadi tenaga marketing yang handal, mampu menarik calon investor sebanyak banyaknya. Sebab jika hanya mengharap APBD, daerah kita tak akan maju”, ujar Fiora Helmi.

Dikatakan, untuk menunjang pembangunan, pemerintah daerah juga mesti piawai menarik dana CSR yang ada diperusahaan perusahaan di daerahnya untuk dimanfaatkan membangun kota.

“Kita punya power untuk itu, bagaimanapun perusahaan-perusahaan itu pasti berurusan dengan kita, maka tidak ada salahnya kita menawarkan penggunaan dana CSR mereka untuk membantu program pembangunan di daerah kita”. Tukasnya.

Diakhir eksposenya, Camat Bukit Raya membuka wacana sister city antara Kota Pekanbaru dan Kota Payakumbuh dan melihat peluang kerjasama yang mungkin bisa dijalin diantara kedua daerah. “Saat ini, bapak dan ibuk berkunjung dan berbelanja di kota kami, tapi percayalah, tiap Sabtu dan Minggu berbondong-bondong pula warga Pekanbaru yang pergi menikmati sejuknya alam Sumbar, termasuk ke Kota Payakumbuh”, ujar Fiora Helmi.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Camat Bukit Raya dan jajaran menerima rombongan dari Payakumbuh. Dikatakan, Kota Payakumbuh saat ini juga sedang berbenah dan menata diri di berbagai sektor, baik bidang perekonomian dan juga administrasi pemerintahan.

“Disamping pembangunan diberbagai sektor, Pemerintah Kota Payakumbuh saat ini sedang berupaya melakukan pembenahan dan penataan wilayah, salah satunya melalui program penggabungan kelurahan untuk memenuhi ketentuan Permendagri Nomor 31 tahun 2006”, ujar Nurdal.

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -