30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Camat dan Lurah Dua Kecamatan Studi Banding ke Riau
C

Kategori -
- Advertisement -

Dua pemerintahan kecamatan di Kota Payakumbuh, masing-masing  Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau, selama tiga hari, 7-9 Desember 2014.

Kunjungan kerja dalam rangka studi koperatif itu, dipimpin langsung kedua camat kecamatan bersangkutan. Camat Payakumbuh Barat  H. Nurdal membawa 22 kepala kelurahan beserta  sekretaris kecamatan H. Deldi Anggoro dan sejumlah staf. Sementara, Camat Payakumbuh Selatan Herlina, menyertakan sekretaris kecamatan H. B. Nasution serta sembilan kepala kelurahannya dan beberapa staf kecamatan.

Rombongan studi koperatif kedua kecamatan ini,  dilaporkan Camat Payakumbuh Barat Nurdal,  Rabu (10/12),  diterima Camat Bukit Raya Kota Pekanbaru, Fiora Helmi, di aula kantor camat setempat, Senin (8/12).

“Kami sangat senang dengan kedatangan dunsanak-dunsanak kami dari Kota Payakumbuh. Kami tak obahnya seperti menyambut saudara sendiri, karena 40 persen warga kami di Pekanbaru adalah urang awak”, sambut Fiora yang mengaku berasal dari Rimbo Panti Kabupaten Pasaman.

Dikatakan, sebagai bagian dari perkembangan pesat Kota Pekanbaru, Kecamatan Bukit Raya turut mengambil peran penting didalamnya.

“Alhamdulillah tahun lalu, Kecamatan Bukit Raya berhasil menjadi Juara II Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Propinsi Riau dan Juara I untuk tingkat Kota Pekanbaru”, papar Fiora yang juga merupakan sumando rang Kubang Kabupaten Limpuluh Kota.

Dalam eksposenya Camat Bukit Raya secara gamblang menjelaskan konsep pembangunan kota Pekanbaru.  “Pekanbaru saat ini sedang menuju kepada sebuah kota metropolitan yang mengusung konsep Smart City, Liveable City and Green City.

Dikatakan, untuk mencapai itu, Pemerintah Kota Pekanbaru membuka peluang investasi seluas-luasnya. Proses perizinan dipermudah dan aparatur pemerintah dituntut untuk mampu memberikan pelayanan terbaik. “Pak Walikota menuntut kami para Camat dan Lurah untuk bisa menjual keunggulan Pekanbaru.

Kami harus menjadi tenaga marketing yang handal, mampu menarik calon investor sebanyak banyaknya. Sebab jika hanya mengharap APBD, daerah kita tak akan maju”, ujar Fiora Helmi.

Dikatakan, untuk menunjang pembangunan, pemerintah daerah juga mesti piawai menarik dana CSR yang ada diperusahaan perusahaan didaerahnya untuk dimanfaatkan membangun kota.

“Kita punya power untuk itu, bagaimanapun perusahaan perusahaan itu pasti berurusan dengan kita, maka tidak ada salahnya kita menawarkan penggunaan dana CSR mereka untuk membantu program pembangunan didaerah kita”. Tukasnya.

Diakhir eksposenya, Camat Bukit Raya membuka wacana sister city antara Kota Pekanbaru dan Kota Payakumbuh dan melihat peluang kerjasama yang mungkin bisa dijalin diantara kedua daerah. “Saat ini, bapak dan ibuk berkunjung dan berbelanja di kota kami, tapi percayalah, tiap Sabtu dan Minggu berbondong-bondong pula warga Pekanbaru yang pergi menikmati sejuknya alam Sumbar, termasuk ke Kota Payakumbuh”, ujar Fiora Helmi.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Camat Bukit Raya dan jajaran menerima rombongan dari Payakumbuh. Dikatakan, Kota Payakumbuh saat ini juga sedang berbenah dan menata diri di berbagai sektor, baik bidang perekonomian dan juga administrasi pemerintahan.

“Disamping pembangunan diberbagai sektor, Pemerintah Kota Payakumbuh saat ini sedang berupaya melakukan pembenahan dan penataan wilayah, salah satunya melalui program penggabungan kelurahan untuk memenuhi ketentuan Permendagri Nomor 31 tahun 2006”, ujar Nurdal.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img