29 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Camat dan Lurah Dua Kecamatan Studi Banding ke Riau
C

Kategori -

Dua pemerintahan kecamatan di Kota Payakumbuh, masing-masing  Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau, selama tiga hari, 7-9 Desember 2014.

Kunjungan kerja dalam rangka studi koperatif itu, dipimpin langsung kedua camat kecamatan bersangkutan. Camat Payakumbuh Barat  H. Nurdal membawa 22 kepala kelurahan beserta  sekretaris kecamatan H. Deldi Anggoro dan sejumlah staf. Sementara, Camat Payakumbuh Selatan Herlina, menyertakan sekretaris kecamatan H. B. Nasution serta sembilan kepala kelurahannya dan beberapa staf kecamatan.

Rombongan studi koperatif kedua kecamatan ini,  dilaporkan Camat Payakumbuh Barat Nurdal,  Rabu (10/12),  diterima Camat Bukit Raya Kota Pekanbaru, Fiora Helmi, di aula kantor camat setempat, Senin (8/12).

“Kami sangat senang dengan kedatangan dunsanak-dunsanak kami dari Kota Payakumbuh. Kami tak obahnya seperti menyambut saudara sendiri, karena 40 persen warga kami di Pekanbaru adalah urang awak”, sambut Fiora yang mengaku berasal dari Rimbo Panti Kabupaten Pasaman.

Dikatakan, sebagai bagian dari perkembangan pesat Kota Pekanbaru, Kecamatan Bukit Raya turut mengambil peran penting didalamnya.

“Alhamdulillah tahun lalu, Kecamatan Bukit Raya berhasil menjadi Juara II Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Propinsi Riau dan Juara I untuk tingkat Kota Pekanbaru”, papar Fiora yang juga merupakan sumando rang Kubang Kabupaten Limpuluh Kota.

Dalam eksposenya Camat Bukit Raya secara gamblang menjelaskan konsep pembangunan kota Pekanbaru.  “Pekanbaru saat ini sedang menuju kepada sebuah kota metropolitan yang mengusung konsep Smart City, Liveable City and Green City.

Dikatakan, untuk mencapai itu, Pemerintah Kota Pekanbaru membuka peluang investasi seluas-luasnya. Proses perizinan dipermudah dan aparatur pemerintah dituntut untuk mampu memberikan pelayanan terbaik. “Pak Walikota menuntut kami para Camat dan Lurah untuk bisa menjual keunggulan Pekanbaru.

Kami harus menjadi tenaga marketing yang handal, mampu menarik calon investor sebanyak banyaknya. Sebab jika hanya mengharap APBD, daerah kita tak akan maju”, ujar Fiora Helmi.

Dikatakan, untuk menunjang pembangunan, pemerintah daerah juga mesti piawai menarik dana CSR yang ada diperusahaan perusahaan didaerahnya untuk dimanfaatkan membangun kota.

“Kita punya power untuk itu, bagaimanapun perusahaan perusahaan itu pasti berurusan dengan kita, maka tidak ada salahnya kita menawarkan penggunaan dana CSR mereka untuk membantu program pembangunan didaerah kita”. Tukasnya.

Diakhir eksposenya, Camat Bukit Raya membuka wacana sister city antara Kota Pekanbaru dan Kota Payakumbuh dan melihat peluang kerjasama yang mungkin bisa dijalin diantara kedua daerah. “Saat ini, bapak dan ibuk berkunjung dan berbelanja di kota kami, tapi percayalah, tiap Sabtu dan Minggu berbondong-bondong pula warga Pekanbaru yang pergi menikmati sejuknya alam Sumbar, termasuk ke Kota Payakumbuh”, ujar Fiora Helmi.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Camat Bukit Raya dan jajaran menerima rombongan dari Payakumbuh. Dikatakan, Kota Payakumbuh saat ini juga sedang berbenah dan menata diri di berbagai sektor, baik bidang perekonomian dan juga administrasi pemerintahan.

“Disamping pembangunan diberbagai sektor, Pemerintah Kota Payakumbuh saat ini sedang berupaya melakukan pembenahan dan penataan wilayah, salah satunya melalui program penggabungan kelurahan untuk memenuhi ketentuan Permendagri Nomor 31 tahun 2006”, ujar Nurdal.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan

Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -