30 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Irfendi Arbi Resmikan 20 Unit RLTH
B

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Yasnida (48) tampak begitu bahagia. Warga Kenagarian Pilubang Kecamatan Harau itu tak bisa menyembunyikan air mata harunya ketika menerima kunci rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Senin (20/7/2020).
“Terimakasih pak bupati. Kami sangat bersyukur mendapatkan rumah layak huni ini. Sebab, sebelumnya kami hanya menompang di rumah famili, ” ujar Yasnida di hadapan Bupati Irfendi Arbi saat meresmikan rumah bantuan tersebut.
Ibu empat anak itu mengaku tidak pernah membayangkan bisa menyulap rumah lamanya yang sudah lapuk dan roboh menjadi tempat tinggal yang layak huni seperti adanya saat ini. Jangankan untuk membuat rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja ia sudah kewalahan.
“Alhamdulillah, mimpi memiliki rumah itu kini menjadi kenyataan, ” tuturnya.
Ucapan syukur ikut dilontarkan Reni Marlina (40). Ibu tiga anak yang sehari-harinya melakoni pekerjaan di sawah dan ladang itu juga mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan rumah layak huni tersebut.
“Saya juga merasa mimpi bisa memiliki rumah kembali setelah rumah kami yang lama lapuk dimakan usia. Siapa sangka ternyata hari ini kami bisa menikmati tinggal di rumah yang bagus dan layak huni seperti ini,” ujar Reni.
Sebelumnya Bupati Irfendi Arbi dalam penyampaiannya menyebut, program BSPS merupakan salah satu bukti kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berpenghasilan sangat rendah dan mempunyai Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
“Ini merupakan salah satu bukti kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berpenghasilan sangat rendah. Mari kita jaga dan terus benahi rumah ini ke depannya, ” ungkap Irfendi yang didampingi Camat Harau Andri Yasmen, S.Sos, Pj. Wali Nagari Pilubang Edo Prasetio, S.STP.
Irfendi mengaku akan sangat bahagia kalau seluruh masyarakat di daerah ini bisa memiliki rumah layak huni. Untuk itu ia berharap, program pembangunan rumah layak huni tersebut terus ditingkatkan setiap tahunnya.
“Saya berharap program pembangunan rumah layak huni ini terus berlanjut hingga seluruh rumah tidak layak huni di daerah ini berubah menjadi hunian yang layak, ” ujar Irfendi.
Dalam kesempatan itu Irfendi meresmikan 20 unit RTLH di Pilubang. Setiap rumah mendapatkan dana sebesar Rp17,5 juta.
Sedangkan realisasi pembangunannya rata-rata lima kali lipat nilai bantuan. Nilai tambah tersebut berasal dari keluarga penerima dan bantuan sanak keluarga serta masyarakat.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.
- Advertisement -

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -