25.1 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Irfendi Arbi Resmikan 20 Unit RLTH
B

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Yasnida (48) tampak begitu bahagia. Warga Kenagarian Pilubang Kecamatan Harau itu tak bisa menyembunyikan air mata harunya ketika menerima kunci rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Senin (20/7/2020).
“Terimakasih pak bupati. Kami sangat bersyukur mendapatkan rumah layak huni ini. Sebab, sebelumnya kami hanya menompang di rumah famili, ” ujar Yasnida di hadapan Bupati Irfendi Arbi saat meresmikan rumah bantuan tersebut.
Ibu empat anak itu mengaku tidak pernah membayangkan bisa menyulap rumah lamanya yang sudah lapuk dan roboh menjadi tempat tinggal yang layak huni seperti adanya saat ini. Jangankan untuk membuat rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja ia sudah kewalahan.
“Alhamdulillah, mimpi memiliki rumah itu kini menjadi kenyataan, ” tuturnya.
Ucapan syukur ikut dilontarkan Reni Marlina (40). Ibu tiga anak yang sehari-harinya melakoni pekerjaan di sawah dan ladang itu juga mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan rumah layak huni tersebut.
“Saya juga merasa mimpi bisa memiliki rumah kembali setelah rumah kami yang lama lapuk dimakan usia. Siapa sangka ternyata hari ini kami bisa menikmati tinggal di rumah yang bagus dan layak huni seperti ini,” ujar Reni.
Sebelumnya Bupati Irfendi Arbi dalam penyampaiannya menyebut, program BSPS merupakan salah satu bukti kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berpenghasilan sangat rendah dan mempunyai Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
“Ini merupakan salah satu bukti kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berpenghasilan sangat rendah. Mari kita jaga dan terus benahi rumah ini ke depannya, ” ungkap Irfendi yang didampingi Camat Harau Andri Yasmen, S.Sos, Pj. Wali Nagari Pilubang Edo Prasetio, S.STP.
Irfendi mengaku akan sangat bahagia kalau seluruh masyarakat di daerah ini bisa memiliki rumah layak huni. Untuk itu ia berharap, program pembangunan rumah layak huni tersebut terus ditingkatkan setiap tahunnya.
“Saya berharap program pembangunan rumah layak huni ini terus berlanjut hingga seluruh rumah tidak layak huni di daerah ini berubah menjadi hunian yang layak, ” ujar Irfendi.
Dalam kesempatan itu Irfendi meresmikan 20 unit RTLH di Pilubang. Setiap rumah mendapatkan dana sebesar Rp17,5 juta.
Sedangkan realisasi pembangunannya rata-rata lima kali lipat nilai bantuan. Nilai tambah tersebut berasal dari keluarga penerima dan bantuan sanak keluarga serta masyarakat.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.
- Advertisement -

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -