25.1 C
Padang
Wednesday, October 28, 2020

Bupati Dharmasraya Upayakan Petani Panen Tiga Kali

Pulau Punjung, 10/10 – Penjabat Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Syafrizal akan membantu petani dengan mesin pertanian sebagai upaya mendorong panen tiga kali per tahun guna meningkatkan produksi gabah kering.

“Dengan perkembangan teknologi alat pertanian saat ini, seharusnya petani sudah bisa menggarap sawah lebih cepat untuk bisa panen tiga kali setahun,” katanya di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia mengatakan selama ini produksi gabah kering tidak bisa digenjot karena petani hanya panen dua kali dalam setahun.

Pemkab Dharmasraya akan memberikan dorongan berupa bantuan alat mesin pertanian.

“Seperti saat ini kita menyerahkan mesin alat pertanian kepada 48 kelompok tani, berupa 41 unit traktor tangan, empat unit mini combine harvester, dan tiga unit traktor jumbo,” katanya.

Salah satu upaya dalam meningkatkan produksi gabah adalah dengan mempercepat periode usaha itu sendiri, sehingga frekuensi panen bisa ditambah dan produktifitas lahan bisa ditingkatkan.

Petani harus terus didorong agar tidak terlalu lama beristirahat setelah panen, karena alat pertanain yang ada bisa menjawab persoalan tenaga kerja saat memperoses lahan pertanian.

“Kalau kendala tenaga kerja yang menjadi permasalahan dalam mengolah lahan, saat ini sudah bisa kita atasi dengan bantuan alat pertanian ini,” ujarnya.

Ia mengharapkan Dharmasraya bisa seperti petani di Jepang, karena bisa memproduksi gabah kering sebanyak 8 ton per hektare, sedangkan petani Dharmasraya hanya sekitar 5,2 ton per hektare.

Meskipun produksi hanya 5,2 ton per hektare Dharmasraya tetap menjadi salah satu daerah swasembada pangannya terpenuhi.

Bantuan alat pertanian ini berasal dari pemerintah pusat atas proposal yang diajukan pemerintah daerah kepada Kementerian Pertanian melalui program 2014.

Kementerian Pertanian menilai permasalahan kekurangan tenaga kerja untuk sektor pertanian menjadi kendala dalam meningkatkan produksi gabah, sehingga Dharmasraya mendapat bantuan mesin alat pertanian itu. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Penyegaran Komitmen PPK Pilkada 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan kegiatan penyegaran komitmen profesionalitas, dan integritas kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

Amrizal Munaf Pimpin Tim Pemenangan Darma Tani Batipuah

Tanah Datar,- Puluhan orang yang tergabung dalam barisan pemenangan darma tani berkumpul sambil santap siang dirumah makan pak martin kota padang panjang...

Hari Pertama OPS Zebra Singgalang 2020,Satlantas Polres Tanah Datar Temukan 30 pelanggaran Ranmor

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Hari Pertama Laksanakan Operasi Zebra Singgalang,Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Tanah Datar temukan dan mengamankan 30 Pelanggaran kendaraan bermotor, Selasa...

Identitas Korban Yang Ditemukan Di Jurang Dekat Jembatan Layang Kelok 9 Terungkap

Limapuluh Kota,- Sempat digegerkan dengan penemuat mayat tanpa identitas di dasar jurang jembatan layang kelok sembilan pada Minggu 25/10 sore,akhirnya pihak berwajib...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -