25.4 C
Padang
Friday, October 30, 2020

BPBD Pasman Inspeksi Kantong Air Penyebab Banjir

Lubuk Sikaping – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, telah melakukan inspeksi kantong air atau embung yang ada di wilayah perbukitan dengan foto udara untuk meminimalkan dampak bencana alam, seperti banjir dan tanah longor.

Kepala BPBD Kabupaten Pasaman, Sayuti Pohan di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan, pihaknya telah melakukan foto udara dengan memanfaatkan helikopter bantuan dari BPBD provinsi.

Hal itu untuk dapat melakukan pengecekan terhadap kantong air yang ada di wilayah perbukitan daerah ini, terutama untuk dua kecamatan, yakni Lubuk Sikaping dan Panti.

“Foto udara telah dilakukan terhadap kantong air atau embung yang ada di wilayah perbukitan pada 3 Januari 2015.

Memang ditemui ada titik kantong air yang diduga dapat menimbulkan terjadi banjir dan juga tanah longsor,” katanya.

Selain itu dalam inspeksi melalui udara tersebut juga ditemukan ada beberapa lokasi yang hutannya mulai gundul yang diduga akibat pembukaan lahan oleh masyarakat.

Ia menambahkan, inspeksi dari udara tersebut nantinya dilanjutkan dengan membentuk tim untuk mengetahui titik atau kordinat pasti letak kantong air yang ditemukan di daerah Lubuk Siakaping ini.

“Agar nanti dapat disimpulkan apakah kantong air itu berpotensi terjadinya banjir atau tidak dan juga seberapa jauh dampak jika kemudian benar kantong air di perbukitan tersebut dapat mengakibatkan bencana alam,” katanya.

Hal ini dilakukan agar menjamin pemukiman dan masyarakat di sekitar lokasi ditemukan kantong air di wilayah itu tidak terdampak bencana alam.

“Ini dilakukan juga berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Januari hingga beberapa bulan kedepan, potensi curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi, sehingga antisipasi sejak dini harus dilakukan,” kata Pohan.

Pengecekan ulang melalui foto udara ini nantinya dijadikan bahan untuk rapat evaluasi dengan pihak pemerintah daerah serta instansi terkait lainnya. Selain itu juga untuk menanggulangi bencana alam di Kabupaten Pasaman dan dapat dijadikan tolok ukur pengambil dalam mengambil kebijakan terkait kebebencanaan.

“Nanti setelah rapat dengan instansi terkait lainnya, yang direncanakan akan dilakukan Selasa (5/1) maka dapat diputuskan apakah kami akan menetapkan riskiko banjir di Pasaman sebagai siaga darurat atau tidak,” katanya.

Selain adanya kemungkinan curah hujan yang tinggi dalam beberapa bulan kedepan, pemetaan udara tersebut juga dilakukan pihak terkait karena adanya bencana alam banjir bandang yang melanda Jorong Kampung Padang Paraman Daereh, Nagari Air Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping, yang terjadi Selasa 16 Desember 2015.

Musibah ini menyebabkan enam unit rumah rusak berat, lima unit rumah rusak sedang dan tujuh unit lagi rusak ringan. Relain itu, rusaknya irigasi dengan panjang saluran 250 meter, intake air bersih dan sawah baru tanam sekitar 35 hektare. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Andre Rosiade Reses Ke Pelosok Nagari Sijunjung

Sijunjung, Berita Sumbar-- Anggota DPR-RI fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade melakukan reses ke pelosok nagari di Kabupaten Sijunjung, Sabtu (24/10).

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Forum Adat Seni Budaya Anak Nagari (FASBANA) Kota Pariaman adakan MUBES Petama

Pariaman, BeritaSumbar.com,- Afriade selaku Founder FASBANA, menjelaskan bahwa Fasbana ini dibentuk atas kekhawatiran sekelompok pemuda dan anak mudo sekarang ini, mulai jauh...

Bea Serendy Ajak Generasi muda Peduli Pantai di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

YOGYAKARTA - Satu nusa jadi isi pertama pada Sumpah Pemuda, dimaknai Bea Serendy dengan peduli pada pantai. Penyanyi lagu U Give Me...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -