25.6 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

BPBD Limapuluh Kota Dirikan Tenda Untuk Pengungsi Korban Banjir

Sarilamak – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), segera mendirikan tenda untuk pengungsian masyarakat yang tempat tinggalnya terkena bajir.

“Kami akan segera mendirikan tenda untuk menampung banjir tersebut,” kata kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Nasryanto saat dihubungi dari Payakumbuh, Rabu malam.

Tenda itu disiapkan karena lambatnya banjir tersebut surut dan mengantisipasi jika hujan kembali turun.

Tenda tersebut akan didirikan di sekitar Kantor Dewab Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Limapuluh Kota, sebab disana ada lokasi yang kosong untuk mendirikannya.

“Semoga tidak turun hujan nanti malam, sehingga banjir ini segera menyusut,” kata dia.

Sebelumnya, ratusan rumah di Nagari (desa adat) Sarilamak terendam banjir, dimana tinggi air mencapai 40 hingga 50 sentimeter.

Ia menyebutkan, setidaknya saat sudah terdata 170 rumah yang terendam bandir, yang mana lokasinya tersebar pada tiga jorong.

Dia merincikan, 100 berada di Jorong Purbajaya, 50 di Jorong Muaro Ketinggian dan 20 di Jorong Buluh Kasok, serta merendam 75 hektar sawah masyarakat setempat.

“Hingga kami masih mendata rumah masyarakat dan kerugia akibat bencana tersebut,” kata dia.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetapa waspata terhadap bencana mengingat tingginya curah hujan sejak beberapa waktu terakhir, apalagi semua kecamatan di daerah itu rawan bencana, baik itu banjir ataupun tanah longsor.

Salah seorang masyarakat Sarilamak Budi Febriandi mengatakan air mulai menggenangi pemukiman masyarakat sejak pagi hari akibat hujan tidak berhenti dari Selasa (24/11) Malam hingga Rabu (25/11) Siang.

“Kondisi itu bertambah parah akibat hujan kenbali turun pada sore harinya,” kata dia yang juga mantan Wali Nagari (kepala desa adat) Sarilamak itu. (Ant/Oleh MR Denya Utama)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketidakhadiran Ali Mukhni Di Panggung Publik Merupakan Bentuk Ketidaksiapan Dan Kegagapan Memimpin Sumbar

Rabu malam 14 Oktober 2020 Padang TV mengadakan acara debat dengen tema Adu Strategi Pengembangkan BUMD dengan mengundang semua kandidat calon wakil...

Tetap Konsisten Pertahankan Kampung Tangguh, Dit Pam Obvit Polda Sumbar Apresiasi Warga Kubang Gajah

Payakumbuh --- Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto bersama Kasubdit Wisata Ilva Siswanto mendatangi Kampung Tangguh Nusantara Perumnas...

Rival Pribadi Yakin, Darma Tani Kandidat Terkuat

Tanah Datar,- Rival Pribadi yang didapuk menjadi ketua tim pemenagan darma tani meyakini jika pertahana saat ini masih terkuat dari paslon lain...

Tidak Pakai Masker, Bupati Hentikan Aktifitas Olahraga

Solok Selatan- Pemandangan berbeda tampak terlihat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muara Labuh Solok Selatan, Minggu pagi 18/10/20. Sekelompok masyarakat yang beraktifitas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -