29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BNPB Siapkan Tsunami Master Plan Hadapi Mentawai Megathrust
B

Kategori -
- Advertisement -

Pulau mentawai ternyata masih menyimpan energi besar gempa, yang dinamakan Mentawai Megathrust. Bahkan tidak hanya mengancam Sumbar namun juga pulau sumatera karena energi yang akan dilepaskan nanti sangatlah besar.

Jika hal tersebut terjadi maka diperkirakan kerusakan yang akan ditimbulkan sangatlah besar, apalagi jika sampai diiringi oleh tsunami. Untuk meminimalisir korban jika terjadi kemungkinan terburuk maka pemerintah pusat, pemerintah daerah, BNPB serta BPBD telah menyiapkan langkah antisipasi.

“Dari pengalaman yang ada sebelumnya, penyebab jatuhnya banyak korban disebabkan oleh masyarakat lebih mementingkan harta dibanding nyawa. Padahal mestinya, selamatkanlah jiwa dulu jikalau terjadi bencana” ujarnya saat Gladi Posko Nasional dan Gelar Personil serta Peralaran Sipil Militer dalam rangka Mentawai Megathrust di Landasan Udara (Lanud) Tabing, Rabu (4/12) sebagaimana dikutip dari Padang Today.

Salah satu upaya mengantisipasi terjadinya hal tersebut maka Pemerintah Pusat melalui BNPB telah merancang Tsunami Master Plan dengan anggaran dana Rp. 19 Triliun yang berlaku sampai dengan tahun 2019.

“Dana ini ideal untuk membangun shelter dan tempat pengungsian dari Aceh, Bali, Jawa, Lombok, Flores hingga Papua. Dana ini juga untuk pendidikan serta penelitian bagi ke dalam Tsunami itu sendiri karena Sumatera Barat saja berbeda-beda dan Sumatera Barat kita alokasikan sebesar Rp. 1 Triliun pada tahun ini” tambahnya.

Sementara dengan adanya Gladi Posko Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan peran penting pemerintah dan elemen masyarakat dalam mengurangi resiko bencana.(infosumbar.net)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img