30 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Biografi Da Gus Lur Bak Pelakon Wayang Semar
B

Kategori -

Sijunjung-Da Gus Lur merupakan pemuda biasa yang dijuluki pemimpi yang mewujudkan mimpi dalam punakawan, ia kali ini dikisahkan sebagai pengasuh sekaligus penasihat para kesatria dalam pementasan kisah-kisah Mahabharata dan Ramayana. Karena merupakan tokoh asli ciptaan dua pujangga yakni Ibu dan Bapaknya , maka tentu saja kita tidak akan menemukan nama Da Gus Lur dalam naskah asli SKCK ataupun Akta Kelahiran yang berbahasa Indonesia. Dalam hal itu sebenarnya ia bernamakan Fadhlur Rahman Ahsas yang merupakan asli berdarahkan Minangkabau keturunan Raja Iskandar Zulkarnaini dari Macedonia
Menurut salah satu literatur disebutkan bahwa sesungguhnya Da Gus Lur bukanlah anak kandung Semar dalam hikayah dunia perwayangan. Namun demikian Da Gus Lur selalu hadir di setiap peran dengan lawakannya. Baik itu dalam pewayangan, ataupun penerawangan.
Dimata sahabat sahabatnya Da Gus Lur dianggap sebagai figur sentral dalam setiap pementasan karena merupakan sang penyampai pesan. Tentu saja gaya penyampaian pesan ala Da Gus Lur tidaklah seserius karena pada dasarnya ia seringkali berbicara sambil bercanda dengan istilah aneh dan jenaka. Nah, disinilah letak menariknya Da Gus Lur bagi sahabatnya. Serius, tapi juga santai. Dengan cara “sersan” inilah mungkin diharapkan pesan moral lewat zaman milenial, lebih mudah diterima dan dicerna oleh setiap penikmat bak pertunjukan wayang kulit ataupun ketoprak.
Dalam kisah nyata kehidupannya, Da Gus Lur yang ditampilkan sebagai abdi atau pengasuh untuk anak anaknya. Sementara dalam kisah dunia maya. Da Gus Lur juga ditampilkan sebagai abdi dalam semua rekayasa. Sehingga boleh dikata Da Gus Lur akan selalu muncul dalam setiap pementasan, tidak peduli apapun judul yang sedang dikisahkan.
Dalam hal ini Da Gus Lur tidak hanya berperan sebagai muktabik, abdi atau pengikut saja, melainkan juga sebagai pelontar heroik gerakan dan humor untuk mencairkan suasana yang tegang. Namun semua pada dasarnya menyebut bahwa ia merupakan penjelmaan dari atuknya berwatak seperti tokoh perwayangan yakni Semar. Maksudnya mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah Allah demi kesejahteraan manusia. Secara Palangkiologi, Da Gus Lur dan Semar memiliki kesamaan bentuk menjadi penuntun makna kehidupan.
Memang Da Gus Lur Secara fisik selalu memakai kain sarung dan kopiah alah karung, yang sangat unik lainnya adalah bentuk tubuhnya yang mungil Ini merupakan simbol penuh kekurangan. Terilhat buncit walaupun sedikit hingga pusat kelihatan seperti perut Semar yang melambangkan kewibawahan tokoh sentral dalam ilmu per-perutan. Da Gus Lur juga tampak selalu tersenyum, tapi matanya sembab kayak selalu baru bangun tidur. Ini menggambarkan simbol suka dan duka karena pemalas alias pengangguran. Wajahnya tampak elegan, berkumis dan berjenggot, tapi rambutnya panjang bernatakkan. Ini merupakan simbol tua dan muda atau teratur dan tidak teratur.
Da Gus Lur hidup sebagai rakyat jelata. Meskipun statusnya hanya sebagai abdi atau pengasuh anak anaknya, namun keluhurannya disejajarkan dengan penghulu penghulu yang dinantikan para pasangan muda yang mau menikah Menurut versi aslinya, ia penasehat yang selalu dinasehati pastinya acap kali dikhianati.
Da Gus Lur sering dikisahkan bahwa tidak pernah menjalankan tugasnya sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan kata lain ada saja yang melakukan tindakan yang melawan harus, yang terpenting tidak merugikan masyarakat biar dirinya sendiri. Sososk jenaka ini dikenal juga sangat arif dan bijaksana. Bisa bergaul dengan siapa saja, baik dengan kalangan atas maupun kalangan bawah. Selain itu juga tanggap terhadap perubahan jaman.
Akan tetapi jika menemukan ketidakadilan dan tindakan sewenang-wenang, maka Da Gus Lur akan dengan tegas melakukan tindakan preventif, persuasif dan represif. Bisa dikatakan kalau Semar ini rela mempertaruhkan segalanya demi amanat yang diterimanya dari Sang Maha Guru dan Maha Kuasa.
Bila kita cermati ucapan Da Gus Lur setiap kali mengawali dialog : “Paling Terpenting Dalam Hidup Adalah Ngopi”. Benar-benar sebuah pesan moral yang sangat dalam agar kita selalu bekerja keras untuk mencari nafkah, walaupun hasilnya hanya cukup untuk makan, namun kepuasan yang didapat karena berusaha untuk bersama dan mendapatkan hasil walau bercampur manis dan pahit dan hasil diselasaikan secara bersama
Da Gus Lur seolah-olah tidak pernah mengenal kata sedih apalagi putus asa. Bila berbicaranya selalu mengandung kebenaran ketidak pastian alias harapan. Setiap bertutur selalu menghibur sehingga orang yang sedih menjadi perkara. Orang yang sedang susah bisa tertawa. Itulah sosok Da Gus Lur yang selalu tumakninah, mengawal kebenaran dan hati nurani bak hikayah para Pandawa.
Sungguh dia merupakan gambaran perpaduan rakyat kecil sekaligus jelata. Jadi, apabila ada yang menafsirkan bahwa mendengarkan suara rakyat kecil beda tipis bagaikan suara Tuhan. Maka bisa dipastikan suatu daerah yang dipimpinnya akan menjadi nagara yang unggul dan sentosa. Sekarang coba kita perhatikan para pejabat di sekeliling kita. Apakah mereka sudah benar-benar mengemban amanah? Apakah mereka berani mempertaruhkan segalanya demi kemaslahatan orang banyak? Ah, sepertinya masih jauh api dari tungku. Mungkin para pejabat atau pemangku kebijakan perlu belajar dari sosok Da Gus Lur. Karena dengan memahami falsafah Ansorisme dan perilakunya yang jenaka. Mungkin akan diperoleh banyak manfaat bagi kehidupan di dunia yang gemah ripah loh jinawi. Semoga kita berkaca dengan pribadi yang jenaka dan penuh kisah derita serta banyak tanda tanya. Pesan Da Gus Lur “Sebelum Bully Orang Lain, Mari Belajar Mem-Bully Diri Sendiri”
Sijunjung, 20/06/20

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -