25.1 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Biografi Da Gus Lur Bak Pelakon Wayang Semar
B

Kategori -

Sijunjung-Da Gus Lur merupakan pemuda biasa yang dijuluki pemimpi yang mewujudkan mimpi dalam punakawan, ia kali ini dikisahkan sebagai pengasuh sekaligus penasihat para kesatria dalam pementasan kisah-kisah Mahabharata dan Ramayana. Karena merupakan tokoh asli ciptaan dua pujangga yakni Ibu dan Bapaknya , maka tentu saja kita tidak akan menemukan nama Da Gus Lur dalam naskah asli SKCK ataupun Akta Kelahiran yang berbahasa Indonesia. Dalam hal itu sebenarnya ia bernamakan Fadhlur Rahman Ahsas yang merupakan asli berdarahkan Minangkabau keturunan Raja Iskandar Zulkarnaini dari Macedonia
Menurut salah satu literatur disebutkan bahwa sesungguhnya Da Gus Lur bukanlah anak kandung Semar dalam hikayah dunia perwayangan. Namun demikian Da Gus Lur selalu hadir di setiap peran dengan lawakannya. Baik itu dalam pewayangan, ataupun penerawangan.
Dimata sahabat sahabatnya Da Gus Lur dianggap sebagai figur sentral dalam setiap pementasan karena merupakan sang penyampai pesan. Tentu saja gaya penyampaian pesan ala Da Gus Lur tidaklah seserius karena pada dasarnya ia seringkali berbicara sambil bercanda dengan istilah aneh dan jenaka. Nah, disinilah letak menariknya Da Gus Lur bagi sahabatnya. Serius, tapi juga santai. Dengan cara “sersan” inilah mungkin diharapkan pesan moral lewat zaman milenial, lebih mudah diterima dan dicerna oleh setiap penikmat bak pertunjukan wayang kulit ataupun ketoprak.
Dalam kisah nyata kehidupannya, Da Gus Lur yang ditampilkan sebagai abdi atau pengasuh untuk anak anaknya. Sementara dalam kisah dunia maya. Da Gus Lur juga ditampilkan sebagai abdi dalam semua rekayasa. Sehingga boleh dikata Da Gus Lur akan selalu muncul dalam setiap pementasan, tidak peduli apapun judul yang sedang dikisahkan.
Dalam hal ini Da Gus Lur tidak hanya berperan sebagai muktabik, abdi atau pengikut saja, melainkan juga sebagai pelontar heroik gerakan dan humor untuk mencairkan suasana yang tegang. Namun semua pada dasarnya menyebut bahwa ia merupakan penjelmaan dari atuknya berwatak seperti tokoh perwayangan yakni Semar. Maksudnya mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah Allah demi kesejahteraan manusia. Secara Palangkiologi, Da Gus Lur dan Semar memiliki kesamaan bentuk menjadi penuntun makna kehidupan.
Memang Da Gus Lur Secara fisik selalu memakai kain sarung dan kopiah alah karung, yang sangat unik lainnya adalah bentuk tubuhnya yang mungil Ini merupakan simbol penuh kekurangan. Terilhat buncit walaupun sedikit hingga pusat kelihatan seperti perut Semar yang melambangkan kewibawahan tokoh sentral dalam ilmu per-perutan. Da Gus Lur juga tampak selalu tersenyum, tapi matanya sembab kayak selalu baru bangun tidur. Ini menggambarkan simbol suka dan duka karena pemalas alias pengangguran. Wajahnya tampak elegan, berkumis dan berjenggot, tapi rambutnya panjang bernatakkan. Ini merupakan simbol tua dan muda atau teratur dan tidak teratur.
Da Gus Lur hidup sebagai rakyat jelata. Meskipun statusnya hanya sebagai abdi atau pengasuh anak anaknya, namun keluhurannya disejajarkan dengan penghulu penghulu yang dinantikan para pasangan muda yang mau menikah Menurut versi aslinya, ia penasehat yang selalu dinasehati pastinya acap kali dikhianati.
Da Gus Lur sering dikisahkan bahwa tidak pernah menjalankan tugasnya sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan kata lain ada saja yang melakukan tindakan yang melawan harus, yang terpenting tidak merugikan masyarakat biar dirinya sendiri. Sososk jenaka ini dikenal juga sangat arif dan bijaksana. Bisa bergaul dengan siapa saja, baik dengan kalangan atas maupun kalangan bawah. Selain itu juga tanggap terhadap perubahan jaman.
Akan tetapi jika menemukan ketidakadilan dan tindakan sewenang-wenang, maka Da Gus Lur akan dengan tegas melakukan tindakan preventif, persuasif dan represif. Bisa dikatakan kalau Semar ini rela mempertaruhkan segalanya demi amanat yang diterimanya dari Sang Maha Guru dan Maha Kuasa.
Bila kita cermati ucapan Da Gus Lur setiap kali mengawali dialog : “Paling Terpenting Dalam Hidup Adalah Ngopi”. Benar-benar sebuah pesan moral yang sangat dalam agar kita selalu bekerja keras untuk mencari nafkah, walaupun hasilnya hanya cukup untuk makan, namun kepuasan yang didapat karena berusaha untuk bersama dan mendapatkan hasil walau bercampur manis dan pahit dan hasil diselasaikan secara bersama
Da Gus Lur seolah-olah tidak pernah mengenal kata sedih apalagi putus asa. Bila berbicaranya selalu mengandung kebenaran ketidak pastian alias harapan. Setiap bertutur selalu menghibur sehingga orang yang sedih menjadi perkara. Orang yang sedang susah bisa tertawa. Itulah sosok Da Gus Lur yang selalu tumakninah, mengawal kebenaran dan hati nurani bak hikayah para Pandawa.
Sungguh dia merupakan gambaran perpaduan rakyat kecil sekaligus jelata. Jadi, apabila ada yang menafsirkan bahwa mendengarkan suara rakyat kecil beda tipis bagaikan suara Tuhan. Maka bisa dipastikan suatu daerah yang dipimpinnya akan menjadi nagara yang unggul dan sentosa. Sekarang coba kita perhatikan para pejabat di sekeliling kita. Apakah mereka sudah benar-benar mengemban amanah? Apakah mereka berani mempertaruhkan segalanya demi kemaslahatan orang banyak? Ah, sepertinya masih jauh api dari tungku. Mungkin para pejabat atau pemangku kebijakan perlu belajar dari sosok Da Gus Lur. Karena dengan memahami falsafah Ansorisme dan perilakunya yang jenaka. Mungkin akan diperoleh banyak manfaat bagi kehidupan di dunia yang gemah ripah loh jinawi. Semoga kita berkaca dengan pribadi yang jenaka dan penuh kisah derita serta banyak tanda tanya. Pesan Da Gus Lur “Sebelum Bully Orang Lain, Mari Belajar Mem-Bully Diri Sendiri”
Sijunjung, 20/06/20

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...
- Advertisement -

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.

Rani Fitriana Jambak Lauching Karya Seni Suara Minangkabau

Mari hadiri, dukung, apresiasi dan sebarluaskan diskusi dan peluncuran karya dunsanak kita Rani Fitriana Jambak @Rani Fitriana Jambak (Seniman, musisi dan penggerak lingkungan) generasi keturunan ke 3 Minangkabau di Kota Medan beserta karya soundscape tentang kampung asal leluhurnya "SUARA MINANGKABAU" tentang darek, pasisia dan rantau (yang diterjemahkan pengkarya beliau sebagai anak rantau) serta minangkabau urban. Setelah sebelumnya telah juga menghasilkan karya "SOUND OF MEDAN" tentang suara urban kota Medan kerjasama bersama GOETHE Institut - Singapura
- Advertisement -