32 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Berkah Ramadhan Tahun 2024, 18 Masjid/Musala Dapat Dana Hibah Dari Pemko Payakumbuh Dan Pemprov Sumbar
B

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada ramadhan tahun 2024 ini, Pemerintah Kota Payakumbuh akan menyalurkan dana hibah bagi mesjid dan musala, bantuan tersebut akan diserahkan pada momentum tim safari ramadhan turun ke lapangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan data, ada 4 masjid dan 5 musala yang mendapatkan bantuan dengan total alokasi anggaran sebanyak 475 juta rupiah. Selain berasal dari APBD Kota Payakumbuh, beberapa di antaranya berasal dari pokok pikiran anggota DPRD.

Kepala Bagian Kesra Kota Payakumbuh Efrizal kepada media di ruang kerjanya, Selasa (19/4) mengatakan dana hibah ini merupakan tindak lanjut dari proposal yang diajukan pengurus masjid/musala pada tahun lalu (2023-red)

“Setiap tahun, kita menerima proposal hibah dari pengurus masjid/musala, biasanya paling lambat tanggal 31 Maret, setelah itu akan kita lakukan verifikasi dan tinjauan ke lapangan, lalu dibahas dalam rapat bersama Wali Kota dan DPRD. Namun kedepannya nanti mulai pada tahun 2024 ini proposal hibah sesuai Perwako paling lambat kita terima 28 Februari, ” ujarnya.

Di samping itu, Efrizal mengapriasi Pemprov Sumbar yang pada tahun ini mengalokasikan dana hibah lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Dimana pada tahun lalu sebesar Rp. 200 juta untuk 4 mesjid dengan masing-masing mendapat Rp. 50 juta. Sementara pada tahun ini ada lebih dari 9 mesjid masing-masingnya mendapat Rp. 50 juta dan akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur bersama Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar saat berkunjung ke masjid yang mendapat dana hibah.

“Prosesnya juga sama, proposal hibah itu kita proses terlebih dahulu dan kita teruskan ke Pemprov Sumbar. Kegunaannya tentu untuk membantu pembangunan rumah ibadah, besarannya sesuai dengan kebutuhan dan tingkat angka jama’ah yang datang, setiap tahun kita akan berikan dana hibah kepada masjid/musala yang proposalnya kita setujui. Contoh ada yang butuh direnovasi, ada yang butuh penambahan untuk pengembangan gedung masjid,” katanya.

Erizal juga menambahkan, selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa mesjid/musala yang mendapat dana hibah dari dana pokok pikiran anggota DPRD provinsi Sumatera Barat.

Efrizal mengatakan saat ini sudah menerima puluhan berkas proposal pengajuan dana hibah masjid/musala, pihaknya berharap pengurus mesjid/musala dapat memahami prosedur hibah, apalagi ada aturan untuk 1 masjid/musala hanya bisa mengajukan dalam sekali dua tahun

“Kami di Bagian Kesra memproses dan memverifikasi berkas, kemudian persetujuan dan keputusan selanjutnya berada di Kepala Daerah dan DPRD,” pungkasnya. (**)

Masjid Baiturrahman Payobasung 25.000.000
Masjid Munawarah Koto Tangah 150.000.000
Masjid Al Ihsan Koto Panjang Dalam 50.000.000
Masjid Nurul Huda Koto Kociak Kubu Tapak Rajo 25.000.000

Musala Baiturrahman Perumahan Cedoh Kriya Indah 20.00.000
Musala Baitul Makmur Parit Rantang 25.000.000
Musala At-Tauhid Perumahan Univilla Regency 150.000.000
Musala Ahsani Taqwim Tiakar 15.000.000
Surau Mejan Balai Tongah Koto 15.000.000

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img