24 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Baznas Kota Payakumbuh Salurkan Bantuan 515 Juta
B

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak seribu kaum mustahiq atau warga kurang mampu pada lima kecamatan di  Kota Payakumbuh, memperoleh bantuan dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) kota ini. Bantuan tersebut diserahkan kepada masing-masing kecamatan, oleh pengurus Baznas di masjid/mushalla yang mudah dijangkau masyarakat pada  kecamatan  setempat, Kamis (3/7).

Ketua Baznas Kota Payakumbuh H Mismardi, BA,  menginformasikan,  dari 1.000 penerima bantuan, Payakumbuh Barat kebagian  330 mustahiq,  Payakumbuh Utara 254 mustahiq,  Payakumbuh Timur 215 mustahiq,  Payakumbuh Selatan 80 mustahiq  dan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori 121 mustahik.

Bantuan yang diberikan bukan untuk kebutuhan konsumtif keluarga penerima, tapi untuk kebutuhan pendidikan putera-puteri mereka. Karena itu, dari dana tersedia Rp 515 juta, dibagi dalam tiga paket.  Buat anak SD berjumlah 316 orang, dengan masing-masing bantuan  Rp 450 ribu.

Kemudian untuk anak  SMP yang berjumlah 404 pelajar, kebagian bantuan Rp 500 ribu/orang,  dan untuk siswa  SMA berjumlah 280 orang, mengantongi bantuan  Rp 600 ribu/orang.

Pendistribusian bantuan tersebut dilaksanakan secara serentak oleh pengurus Baznas.  Di Kecamatan  Payakumbuh Selatan bertempat di Sekretariat Baznas Jalan  Pahlawan, di Payakumbuh Barat di Mesjid Agung Istiqomah Bulakan Balai Kandi, di  Kecamatan Payakumbuh Timur di Mesjid Baiturramah Payobasung, di Kecamatan Payakumbuh Utara di Mesjid As-Syifa` ( RSU Adnan WD ), dan di  Kecamatan Lamposi Tigo Nagori di Mesjid Ar-Ruham` Sungai Durian.

Ketua Baznas Payakumbuh Mismardi,  mengharapkan, bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya, buat kepentingan pendidikan. “Jangan sampai ada di antara orang tua yang menyalahgunakan bantuan buat kepentingan konsumtif keluarga. Karena, pendidikan adalah investasi keluarga buat masa depan putera-puterinya.

Dikatakan,  dana yang dibagikan ini bersumber dari zakat yang dihimpun dari seluruh PNS dari berbagai instansi dalam Kota Payakumbuh.   Menurut Mismardi,  Baznas tiap tahun akan terus berupaya  meningkatkan bantuannya kepada masyarakat yang kurang mampu agar jumlah angka kemiskinan di daerah ini akan semakin berkurang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img